Siklus Hidup Kutu Rambut dan Cara Ampuh Membasminya

Kutu kepala memiliki tiga tahapan yakni, telur, nimfe, dan dewasa yang berlangsung sekitar tiga minggu.
Kutu Rambut. (Foto:Tagar/Ist)

Jakarta - Kutu Rambut merupakan parasit yang hidup di sela-sela rambut manusia. Binatang pengisap darah (ordo Anoplura) ini, hidup pada rambut kepala dekat tengkuk dan telinga. Siklus hidup kutu kepala biasanya dihabiskan pada orang yang sama.

Kehidupan kutu kepala memiliki tiga tahapan yakni, telur, nimfe, dan dewasa yang berlangsung sekitar tiga minggu. Jika kutu kepala keluar atau tidak menetap lagi pada kepala tempat kutu tersebut menetas, maka mereka akan mati dalam sehari atau dua hari.  

Kutu kepala berukuran kecil sekitar 2 sampai 3 mm saja dan mereka terlihat menggenggam batang rambut dekat kulit kepala dengan kukunya yang berbentuk khusus. 

Kutu betina dewasa hidup sekitar sebulan dan menghasilkan lebih dari 150 nit atau telur, sekitar 10 telur sehari. Nit, berwarna putih kekuningan, berbentuk oval melekat erat pada bagian bawah batang rambut dan membutuhkan waktu satu minggu untuk menetas.

Kutu rambut merupakan masalah yang cukup serius meski hanya sedikit penyakit yang ditularkan parasit tersebut. Binatang yang satu ini mengisap darah dan menyuntikkan air liur selama pengisapan tersebut yang menyebabkan rasa gatal dan infeksi sekunder akibat kotoran, gigitan, dan cakaran mereka.

Penularan terjadi baik secara langsung, melalui kontak dengan orang yang berkutu, atau secara tidak langsung melalui yang dipakai bergantian atau bersama seperti scart, topi, jaket, sisir, baju hangat, dan seprai.

Penyebaran misalnya di sekolah, terjadi saat anak saling mencoba dan bertukar pakaian dengan anak lainnya.  Namun, kutu kepala tidak dapat melompat atau terbang sehingga penularan.

Sebab, kutu kepala menyukai darah untuk makanannya dan lingkungan yang hangat dan berbulu, penularan orang ke orang paling umum terjadi. Tindakan pengendalian lebih ditekankan pada tidak saling berbagi sisir dan perlengkapan kepala dan tidak tidur bersama dengan orang yang terserang.

Kutu kepala, salah satunya dapat dihilangkan dengan pengobatan pestisida dalam bentuk shampo, krim untuk keramas, dan topikal lotion tertentu yang mengandung permethrin. Cara ini adalah cara yang paling umum dan efektif jika digunakan sesuai petunjuk.

Untuk membunuh kutu dan nit, pakaian dan seprai orang yang terserang harus dicuci dalam air sabun yang hangat dan dikeringkan dengan pengering yang panas . Sedangkan Nit harus dihilangkan dari rambut dengan sisir yang sangat rapat (serit).

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Kepala Secara Alami

1. Cuci rambut malam hari sebelum tidur hingga bersih, oleskan madu dan air hangat, lalu tutup kepala dengan kain. Keesokan harinya cuci rambut hingga bersih dan disisir menggunakan sisir rapat (serit).

2. Keramas dengan shampoo yang biasa kamu pakai sehari-hari kemudian tutup kepala dengan kaos dalam. Gosok-gosokan kaos tersebut ke kepala, maka kutu akan menempel di kaos tersebut. 

Demikian siklus hidup kutu rambut dan cara membasminya, selamat mencoba!  []

Berita terkait
Tips Mencegah Mobil Berkarat atau Berjamur
Berikut tips merawat mobil kesayangan untuk mkencegah karat atau jamur.
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.
Lima Tips Agar Tidak Terjebak Insecure atau Rasa Tidak Aman
Orang yang fokus pada kekurangan dirinya saja dan melupakan kelebihannya sangat berbahaya, berikut tips agar tidak tejebak dalam insecure.
0
Siklus Hidup Kutu Rambut dan Cara Ampuh Membasminya
Kutu kepala memiliki tiga tahapan yakni, telur, nimfe, dan dewasa yang berlangsung sekitar tiga minggu.