6 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami di Rumah

Kebanyakan perempuan meluruskan rambutnya menggunaan alat penata rambut seperti catokan rambut yang bisa menyebabkan kerusakan.
Ilustrasi rambut lurus. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Mendapatkan rambut lurus, mengkilap, dan sehat adalah mimpi sebagian dari perempuan yang ingin memilikinya. Kebanyakan perempuan meluruskan rambutnya menggunaan alat penata rambut seperti catokan rambut.

Namun, menggunakan alat pelurus rambut ini bisa menyebabkan kerusakan. Rambut bisa terlihat kering dan kasar. Rambut yang bertekstur lain akan lebih menantang untuk mendapatkan rambut lurus tanpa mengorbankan kesehatan rambut. Dilansir dari Treehugger, inilah 6 cara meluruskan rambut secara alami di rumah.


1. Sisir rambut basah sampai mengering

Setelah membilas rambut, biarkan kering dengan sendirinya, tetapi sisir setiap lima menit. Melakukan Teknik mengeringi rambut ini bisa kamu lakukakan di depan kipas agar lebih cepat kering.

2. Jepit rambut basah

Ketika rambut kamu basah, coba untuk menyisir dengan membelah dua bagian rambut. Sisir bagian kiri menuju rambut bagian kanan, lalu jepit di belakang kepala. Diamkan agar kering dengan sendirinya.


3. Gulung rambut

Gunakan penggulung rambut yang besar, yang berukuran kaleng soda untuk menggulung rambut kamu yang basah dan biarkan kering. Sedikit kelembaban bisa membuat lengkungan atau gelombang pada rambut.

4. Gunakan kunciran semalaman

Satukan rambut kamu yang sedang basah seperi kuncir kuda, tetapi lebih rendah. Tambahkan kunciran disetiap inci rambut, tergantung dengan berapa panjangnya rambut kamu. Lalu tinggallah tidur dan buka saat di pagi hari.

5. Putar rambut sampai berbentuk ‘bun’

Jika kamu memiliki rambut panjang, metode ini pasti bisa kamu lakukan. Kuncir rambut seperti kuncir kuda dan putar seperti ingin membuat konde. Biarkan kering dengan sednirinya lalu jangan lupa untuk menyisirnya setelah kering.

6. Buat masker pelurus rambut

Beauty vlogger menyarankan pembuatan masker rambut menggunakan susu dan madu. Campurkan 1 cangkir susu atau susu kelapa dengan satu sendok madu atau kamu juga bisa mencampurkan 2 cangkir susu dengan satu telur. Gunakan masker rambut ini selama 10 menit, setelah itu cuci dan keringkan.

Mendapatkan rambut yang terlihat lurus, mengkilap, dan sehat tidak menjadi misi mustahil. Bereksperimen dengan cara yang berbeda untuk mendapatkan rambut kamu terlihat mengkilap dan lurus dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk dilakukan.


(Ghariza Syifa Riyashi)

Berita terkait
Hiindari 6 Kesalahan Ini Saat Meminyaki Rambut
Perawatan ini juga menambah kilau, kekuatan dan kesehatan pada rambut.
4 Manfaat Minyak Lavender untuk Perawatan Rambut
Minyak lavender telah terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan kesehatan rambut dan mengurangi rambut rontok.
9 Cara Alami Menumbuhkan untuk Rambut
Rambut yang tebal dan panjang adalah rambut yang banyak diinginkan orang. Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan rambut.
0
6 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami di Rumah
Kebanyakan perempuan meluruskan rambutnya menggunaan alat penata rambut seperti catokan rambut yang bisa menyebabkan kerusakan.