Cara Merawat Wajah Agar Tetap Sehat dan Bercahaya

Selain menjaga imun tubuh, kesehatan fisik lainnya seperti kulit tubuh dan wajah juga tentunya perlu diperhatikan. Berikut cara merawat wajah.
Ilustrasi - Merawat Wajah. (Foto: Tagar/iStockphoto)

Jakarta - Aktivitas luar sedikit dibatasi seiring adanya kebiasaan baru atau yang dikenal dengan istilah New Normal. Meski begitu, jangan sampai hal ini membuat Anda lengah akan kesehatan tubuh.

Menerapkan pola hidup sehat menjadi sangat penting untuk dilakukan agar mendapatkan imunitas yang baik dan terhindar dari Covid-19. Selain menjaga imun tubuh, kesehatan fisik lainnya seperti kulit tubuh dan wajah juga tentunya perlu diperhatikan.

Beberapa masalah kulit yang dapat timbul selama New Normal antara lain seperti kulit kering, yang kemudian dapat memicu tanda penuaan, kulit berjerawat, hingga kulit kusam.

Cara merawat kulit wajah yang tepat tidak harus dengan produk perawatan wajah bermerek atau perawatan di klinik kecantikan yang mahal. Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersih.

Gunakan sabun pembersih muka sesuai jenis kulit, Tidak semua orang memiliki jenis kulit wajah yang sama. Ada yang memiliki jenis kulit normal, kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi dari beberapa jenis kulit tersebut. Berbeda jenis kulit, berbeda pula jenis produk perawatan yang cocok digunakan.

Bersihkan wajah secara rutin, salah satu cara merawat kulit wajah yang paling sederhana adalah rutin membersihkan wajah. Agar wajah tetap bersih, Anda perlu mencuci wajah 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Gunakan pelembap, memakai pelembab juga menjadi bagian penting dari cara merawat kulit wajah. Pelembap wajah sebaiknya digunakan setelah mencuci muka. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembapan alami kulit wajah.

Gunakan tabir surya, penggunaan tabir surya bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang mampu menyebabkan perubahan warna kulit dan kanker kulit, serta memicu munculnya bintik atau flek pada wajah dan keriput.

Jalani pola hidup sehat, cara merawat kulit wajah yang benar tidak hanya dilakukan dari luar, tapi juga dari dalam tubuh. Caranya adalah dengan menjalani pola hidup sehat, yaitu dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan batasi konsumsi makanan berlemak, penuhi kebutuhan cairan tubuh, rutin berolahraga, istirahat cukup, kelola stres, serta berhenti merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

(Azzahrah Dzakiyah Nur Azizah)

Berita terkait
Manfaat Exfoliasi pada Kulit Wajah yang Wajib Diketahui
Exfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati tampak membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Berikut manfaat lengkapnya.
Manfaat Masker Organik Bagi Wajah Agar Tetap Sehat
Banyak orang yang tertarik memakai masker organik karena manfaat yang diberikan kepada wajah sangat terlihat. Berikut manfaat yang dirasakan.
Cara Aman Membersihkan Setiap Jenis Masker Wajah
Sebaiknya masker dibersihkan setelah digunakan. Masker yang tidak bisa dibersihkan idealnya dibuang setelah digunakan.
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.