Benarkah Suami Miliki Gelaja yang Sama Saat Istri Hamil?

Salah satunya terdapat fakta yang terjadi bahwa pasangan Anda juga tampak memiliki gejala yang sama sepertinya.
Ilustrasi ayah turut menikmati proses kehamilan ibu (Foto: Tagar/Pixels/Pixabay)

Jakarta - Saat Anda sedang menikmati proses kehamilan, Anda bersama pasangan tentunya akan mengalami banyak hal yang menakjubkan yang dapat dirasakan selama masa kehamilan tersebut. 

Salah satunya terdapat fakta yang terjadi bahwa pasangan Anda juga tampak memiliki gejala yang sama sepertinya. Tentunya pasangan anda akan bertanya-tanya, apa yang terjadi pada dirinya sendiri, apakah hanya perasaan dia saja atau memang gejala kehamilan ayah adalah suatu hal nyata?

Menurut para ahli, sekitar 90 % pria mengalami atau memiliki gejala kehamilan sendiri saat pasangan mereka sedang hamil. Hal ini sangat lazim sehingga para ahli menyebut fenomena ini sebagai ‘syndrom couvade’ atau jika diartikan yang berarti ‘kami hamil’. 

Fenomena ini terjadi yang mana pasangan anda memiliki gejala yang sama seperti sedang hamil. Gejala umum yang sering terjadi seperti, meningkatnya nafsu makan, mual di pagi hari atau morning sickness, mengidam makanan, meningkatkan berat badan yang signifikan, perubahan suasana hati, masalah tidur, kelelahan, hingga rasa sakit dan gangguan kecemasan.

Pasangan anda memang tidak membawa beban berat bayi, akan tetapi mereka memikul beban tanggung jawab di pundaknya yang menyebabkan muncul gejala kehamilan yang anda alami. 

Perasaan khawatir yang dirasakan oleh pasangan anda normal dan alami. Dan gejala kehamilan yang dirasakan oleh pasangan anda akan semakin terasa kuat saat mendekati masa-masa persalinan anda akibat meningkatnya stress. Untuk mengatasi hal ini, hal yang bisa dilakukan oleh anda dan pasangan anda adalah tetap menjaga komunikasi agar tetap terbuka satu sama lain. 

Pastikan bahwa anda dan pasangan selalu berbicara berbagai hal yang dialami dan selalu terbuka tentang suasana hati anda hingga masa depan untuk calon buah hati anda. Pastikan anda selalu merasa bahagia, puas dan bebas stres, dan berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan anda dan juga pasangan anda.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
7 Makanan Kaya Folat untuk Diet di Masa Kehamilan
Cara terbaik untuk mendapatkan asam folat adalah melalui sumber makanan daripada menggunakan suplemennya, kecuali dengan resep dokter.
5 Makanan yang Harus Dihindari di Masa Kehamilan
Meskipun beberapa jenis makanan mungkin tidak menyakiti Anda tetapi itu dapat membahayakan si bayi yang sedang dikandung.
Perawatan dan Manajemen Infeksi HIV Selama Kehamilan
HIV dapat menyebabkan komplikasi kehamilan seperti lahir mati, berat badan lahir rendah dan kelahiran prematur.
0
Benarkah Suami Miliki Gelaja yang Sama Saat Istri Hamil?
Salah satunya terdapat fakta yang terjadi bahwa pasangan Anda juga tampak memiliki gejala yang sama sepertinya.