UNTUK INDONESIA
Akun FB Anggota Dewan Aceh Singkil Kena Hack
Akun Facebook milik anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Singkil, Ahmad Fadli diretas oleh orang tak dikenal.
Bukti screenshot modus pinjam uang di akun anggota Dewan Aceh Singkil viral di media sosial. (Foto: Tagar/Istimewa)

Singkil - Salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Singkil, Aceh, Ahmad Fadli dibuat geram. Pasalnya akun Facebook pribadinya kena hack (diretas) oleh orang yang tak dikenal.

Parahnya, akun milik politisi partai Nasdem itu mengirimkan pesan lewat Messenger dengan meminta uang ke sejumlah orang untuk mengirimkan ke nomor rekening mengatasnamakan dirinya.

Entah berapa korban yang sudah dimintai keterangan, bahkan saking banyaknya dengan modus yang sama, bukti screenshoot meminta pinjam uang itu jadi viral di media sosial.

Ahmad Fadli, terkait peristiwa itu, membuat akun resminya kembali dan mengklarifikasi, melalui statusnya bahwa akunnya yang lama bergambar dirinya dan meminta-minta uang bukanlah dirinya.

"Mohon maaf bapak ibu, bila ada akun lama saya yang meminta pinjam uang kirim ke rekening mohon tidak dilayani, karena sudah di hack oleh oknum warganet yang tidak bertanggung jawab," tulisnya, Jumat 17 Januari 2020.

Husen salah satu korban, yang berhasil kena dampak tipu daya, mengaku bahwa dirinya telah mengirimkan uang kepada penerima melalui via transfer brilink sejumlah Rp.1 Juta ke Rekening Bank BNI 0458025286 Atas Nama Siti Fatia yang diduga kuat pelaku tindak kejahatan ITE dan penipuan.

Mohon maaf bapak ibu, bila ada akun lama saya yang meminta pinjam uang kirim ke rekening mohon tidak dilayani, karena sudah di hack.

"Saya kira Pak Haji (Ahmad Fadli) yang saya kasih pinjam uang makanya saya kirim, rupanya akun Pak Haji Ahmad Fadli sudah kena hack," ujarnya. 

Ia mengaku, kejadian itu bermula dari masuknya chat mesengger Facebook Ahmad Fadli yang meminta uang kepadanya.

"Saya kira Pak Haji Ahmad Fadli yang chat saya, pinjam uang makanya saya kirim," ujarnya.

Atas kejadian itu, pihak korban yang bersangkutan sudah melaporkan kejadian kejahatan penipuan itu ke Polres Aceh Singkil.[]

Baca juga: 

Berita terkait
Spanduk Selamat Aceh Termiskin Sumatera Bertebaran
Sejumlah spanduk itu berisi sindiran kepada Pemerintah Aceh atas raihan yang ditoreh, khususnya soal kemiskinan.
Lewat Pukul 9 Malam, Wanita di Aceh Kena Razia
Pekan depan Pemerintah Lhokseumawe akan melakukan razia bagi wanita yang masih berkeliaran di atas pukul 21.00 WIB.
Miris, 597 Warga Abdya Aceh Alami Gangguan Jiwa
Orang Dengan Gangguan Jiwa di Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh mengalami peningkatan .
0
WHO: Dunia Harus Siap Hadapi Pandemi Virus Corona
WHO mengingatkan dunia harus berbuat lebih banyak untuk mempersiapkan kemungkinan virus corona jenis COVID-19 menjadi pandemi.