Wortel Dapat Membantu Meningkatkan Kesuburan Pria

Menurut penelitian, kualitas air mani pada manusia telah menurun selama dekade terakhir yang dapat menyebabkan peningkatan subfertilitas pria.
Ilustrasi wortel untuk kesuburan pria. (Foto:Tagar/Pixabay)

Jakarta - Para ahli kesehatan mengingatkan kepada kamu pria, bahwa Kesehatan prostat dan penis sama pentingnya dengan kesehatan organ tubuh lainnya. Karena, menurut penelitian, kualitas air mani pada manusia telah menurun selama dekade terakhir yang dapat menyebabkan peningkatan subfertilitas pria.

Pola makan berperan penting dalam menentukan status gizi yang berkaitan dengan fungsi reproduksi, karena beberapa diet mungkin memiliki efek perlindungan pada air mani dan dapat membantu meningkatkan kualitasnya, sehingga meningkatkan kesehatan dan kesuburan pria. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti wortel.

Dilansir dari Boldsky, khasiat wortel unulk meningkatkan kesuburan pria sudah dikenal luas, karena wortel dikemas dengan nutrisi penting seperti karotenoid, serat makanan, vitamin, mineral dan antioksidan. Berikut adalah penjelasan bagaimana wortel dapat membantu meningkatkan kesuburan pria.

Kemungkinan penyebab infertilitas pria

Sebuah penelitian mengatakan bahwa masalah ketidaksuburan mempengaruhi sekitar 48,5 juta pasangan di seluruh dunia dan penyebab di balik setiap kasus dapat berbeda di setiap negara. Misalnya, rasio ketidaksuburan akibat masalah pada pria ditemukan terutama di Eropa Tengah dan Timur (56%) dan Polandia (57%).

Meskipun faktor intrinsik seperti kanker atau kelainan bawaan dianggap sebagai penyebab utama infertilitas pria, penurunan kualitas air mani juga diamati pada orang dewasa sehat yang tidak memiliki kondisi medis sebelumnya.

Dalam kasus seperti itu, faktor gaya hidup seperti aktivitas fisik yang buruk, pola makan, status sosial ekonomi, pekerjaan, pola tidur, kebiasaan merokok dan lingkungan mungkin memainkan peran penting.

Kekurangan nutrisi juga dapat menyebabkan masalah kemandulan pada pria. Sebuah penelitian mengatakan bahwa makanan bergizi seperti ikan, seafood, sereal, sayuran, unggas, produk susu rendah lemak, dan buah-buahan cenderung meningkatkan kualitas sperma, sementara makanan seperti alkohol, kafein, keju, produk susu berlemak penuh, minuman manis, daging olahan, dan kedelai. makanan diketahui dapat menurunkan kualitas air mani, menyebabkan pengaruh negatif pada tingkat kehamilan dan pembuahan.

Bagaimana wortel dapat membantu meningkatkan kesuburan pria?

• Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekitar 30-80 persen subfertilitas pria disebabkan oleh kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif pada sperma. Ini menyumbang satu dari 20 pria.

• Antioksidan dalam buah dan sayur efektif untuk meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma dengan cara membasmi radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif.

• Antioksidan mengikat radikal bebas dan melindungi jaringan testis serta protein dan DNA sel sperma. Yang perlu diperhatikan, sperma sangat sensitif terhadap kerusakan oksidatif karena tidak mengandung sistem perbaikan sel seperti sel lain. Inilah sebabnya mengapa kerusakan sel akibat radikal bebas dikaitkan dengan air mani yang buruk dan penurunan tingkat pembuahan dan kehamilan.

• Wortel adalah pembangkit tenaga antioksidan dan vitamin serta mineral penting lainnya. Wortel mengandung sekitar 4 mg / 100 g vitamin C dan 50 persen beta-karoten, dua antioksidan utama yang berperan penting dalam memastikan kualitas air mani.

• Antioksidan membantu mengurangi kerusakan oksidatif, peradangan kronis dan kerusakan DNA, sehingga meningkatkan kualitas dan fungsi air mani.

• Wortel juga membantu mencegah ejakulasi dini akibat adanya karotenoid dan flavonoid serta membantu memperkuat otot-otot organ pria.

• Sebuah studi acak telah menunjukkan bahwa ketika pria subfertil diobati dengan suplementasi antioksidan, angka kelahiran hidup dan kehamilan klinis dapat meningkat. Namun, hanya ada sedikit informasi tentang peningkatan risiko keguguran dan kemungkinan efek samping lainnya.

• Studi lain menyebutkan bahwa asam folat, vitamin D, dan asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk meningkatan kesuburan pria. Wortel juga kaya nutrisi yang dapat meningkatkan kualitas air mani dan sperma.

• Selain itu, wortel juga merupakan sumber protein yang baik (0,7%), serat (2,4%), kalsium (34 mg / 100 g), fosfor (25 mg / 100 g), zat besi (0,4 mg / 100 g), kalium ( 240 mg / 100 g), natrium (40 mg / 100 g), magnesium (9 mg / 100 g), seng (0,2 mg / 100 g), tembaga (0,02 mg / 100 g), karoten (5,33 mg / 100 g) ), vitamin B1 (0,04 mg / 100 g), vitamin B2 (0,02 mg / 100 g) dan vitamin B3 (0,2 mg / 100 g).

Pada intinya, kesuburan pria dipengaruhi oleh berbagai faktor. Wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan pria yang berkaitan dengan kesuburan, namun peran independennya dalam melakukannya belum diindikasikan dalam penelitian mana pun. Jika dikombinasikan dengan faktor gaya hidup lain seperti aktivitas fisik, berhenti merokok, dan diet yang tepat, hal ini dapat secara signifikan membantu meningkatkan kesuburan pria hingga tingkat yang memuaskan. []

Berita terkait
Cara Ampuh Mengatasi Jerawat dengan Masker Jus Wortel
Cara menggunakan jus wortel sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, simak cara berikut.
Wortel Ternyata Tokcer Tingkatkan Kualitas Sperma
Wortel bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan mata saja, ternyata bisa meningkatkan kualitas sperma.
Kenali Ciri-ciri Wanita Mengalami Masalah Kesuburan
Masalah kesuburan menjadi salah satu hal yang kerap menghantui wanita. Namun, masalah kesehatan yang satu ini bisa dideteksi sejak dini.
0
Wortel Dapat Membantu Meningkatkan Kesuburan Pria
Menurut penelitian, kualitas air mani pada manusia telah menurun selama dekade terakhir yang dapat menyebabkan peningkatan subfertilitas pria.