UNTUK INDONESIA
Lima Makanan Ini Tingkatkan Jumlah Sperma
Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas dan jumlah sperma. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi lima jenis makanan ini.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Sel sperma menjadi bagian penting dari sistem reproduksi pria guna membuahi sel telur (ovum) yang diproduksi perempuan dalam proses pembuahan untuk menghasilkan keturunan. Untuk memiliki keturunan, pria harus memiliki sel sperma sehat dan banyak.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi beberapa jenis makanan. Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma dilansir dari practo.com.

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang dapat meningkatkan jumlah produksi sperma. Bawang putih mengandung vitamin B6 dan selenium yang dapat menstimulasi produksi sperma.

Selain itu, kandungan tersebut juga mampu meningkatkan kesehatan sel sperma. Vitamin B6 dan selenium dapat memperlancar peredaran darah termasuk sperma ke dalam testis.

Selain berfungsi meningkatkan produktivitas dan kualitas sperma, mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Bayam

Bayam mengandung asam folat yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas sperma. Kadar asam folat dalam bayam dan mayoritas sayur hijau juga dapat menurunkan kemungkinan tubuh memproduksi sperma yang 'cacat'.

Dengan sperma yang sehat, maka kemungkinan untuk memiliki keturunan yang sehat akan lebih tinggi. Bayam juga kaya akan vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan mata, tulang rawan, gigi, tulang, dan kulit

Sayur BayamIlustrasi (Foto:keeprecipes)

3. Cokelat

Cokelat memiliki kandungan yang baik untuk produksi sperma, khususnya meningkatkan produksi sel sperma. Coklat mengandung asam amino yang disebut L-Arginine HCL yang dikenal untuk meningkatkan volume cairan semen dan jumlah sperma.

Selain untuk produksi sperma, cokelat mengandung banyak flavanoid yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan karbohidrat dalam coklat juga baik untuk pembentukan massa otot.

4. Pisang

Buah pisang mengandung banyak vitamin yang berguna untuk peningkatan produksi dan kualitas sperma. Pisang penuh dengan vitamin A, B1 dan C, yang membantu tubuh menghasilkan sperma yang lebih sehat, serta meningkatkan produktivitas sperma.

Pisang juga mengandung anti-inflamasi yang bernama Bromelain. Kandungan ini dapat membantu tubuh mengurangi radang dan infeksi.

Kandungan karbohidrat dalam pisang juga baik sebagai sumber energi alternatif selain nasi.

GibranPutra Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep mengangkat buah pisang hasil belanjaan Presiden di Pasar Gede, Solo, Minggu 9 Juni 2019. (Foto: Twitter Jokowi)

5. Telur

Telur juga memiliki kandungan yang baik untuk produksi dan kualitas sel sperma. Sebutir telur kaya akan vitamin E dan protein tinggi yang baik untuk melindungi sel sperma dari radikal bebas.

Sehingga, rutin mengonsumsi telur dapat meningkatkan kualitas sperma. Rutin mengonsumsi telur untuk kesuburan tidak hanya dianjurkan kepada laki-laki. Perempuan yang rutin mengonsumsi telur juga baik untuk kesuburan sel telur perempuan.

Berita terkait
Mengkonsumsi Rambutan Tingkatkan Kualitas Sperma
Rambutan dianggap sebagai buah super karena memiliki banyak manfaat kesehatan di antaranya meningkatkan kualitas sperma.
Dali Ni Horbo, Makanan Sehat Khas Batak
Suku Batak mempunyai sejumlah makanan khas yang sehat dan lezat. Salah satunya Dali Ni Horbo.
5 Makanan Pencegah Masuk Angin dan Perut Kembung
Masuk angin dan kembung adalah masalah sepele yang perlu ditangani. Salah satunya dengan beberapa jenis makanan (lezat).
0
Ikut Kemah, Pelajar Pematangsiantar Tewas di Danau Toba
Putri Sinambela, 16 tahun, seorang pelajar asal Kota Pematangsiantar ditemukan tewas di perairan Danau Toba.