5 Cara Alami untuk Meningkatkan Libido Pria dan Wanita

Libido setiap orang berbeda, tetapi pada kebanyakan orang, libido akan menurun seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Meningkatkan gairah seksual bersama pasangan sangat berepengaruh terhadap kualitas seks yang baik. Libido atau dorongan seksual merupakan hal yang bersifat alami dan bervariasi pada setiap orang.

Berbagai faktor internal dan eksternal dapat memengaruhi libido Anda, mulai dari kadar hormon, obat-obatan hingga kebiasaan tidur Anda. Libido setiap orang berbeda, tetapi pada kebanyakan orang, libido akan menurun seiring bertambahnya usia.

Memiliki dorongan seks yang rendah terkadang selalu dikaitkan dengan masalah seksual, tetapi jika seseorang ingin meningkatkan libido mereka. Dilansir dari Medicalnewstoday, berikut ini adalah beberapa metode alami agar pria dan wanita dapat meningkatkan libido mereka secara efektif.


1. Mengelola kecemasan

Memiliki tingkat kecemasan yang tinggi merupakan salah satu penyebab menurunnya fungsi seksual dan libido bagi pria dan wanita. Orang dengan jadwal kerja yang padat, tanggung jawab keluarga, atau tekanan hidup lainnya akan menyebabkan rasa lelah berlebih dan akibatnya memiliki hasrat seksual yang rendah.

Kecemasan dan stres juga dapat membuat seseorang lebih sulit untuk melakukan atau mempertahankan ereksi, yang dapat menunda seseorang untuk berhubungan seks. Depresi dan kecemasan dapat mengakibatkan penurunan libido dan peningkatan risiko disfungsi ereksi.

2. Meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan

Suatu hubungan yang telah berjalan lama pada umumnya akan mengalami penurunan hasrat dan kualitas seks atau jika seseorang merasa bahwa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik dalam hubungan mereka.

Berfokus pada peningkatan kualitas hubungan dapat meningkatkan dorongan seks masing-masing pasangan. Anda mungkin bisa mencobanya dengan cara, merencanakan kencan malam, menonton film bersama dan menyisihkan waktu untuk quality time satu sama lain

3. Fokus pada foreplay

Pasangan dapat meningkatkan pengalaman seksual mereka dengan menghabiskan lebih banyak waktu untuk bersentuhan, berciuman atau mungkin melakukan seks oral. Beberapa pasangan sering menyepelekan tindakan ini lantaran kebanyakan pria egois dan hanya ingin memikirkan kemauan mereka tanpa adanya komunikasi tentang kemauan lawan pasangan mereka.

Bagi wanita, foreplay memiliki peran yang sangat penting karena dapat meningkatkan gairah dan memproduksi cairan pelumas alami, serta akan meningkatkan peluang untuk merasakan orgasme.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur nyenyak dapat meningkatkan suasana hati dan tingkat energi seseorang secara keseluruhan, tidur yang baik juga sering dihubungkan dengan peningkatan libido pria dan wanita. Kualitas tidur yang baik akan membiarkan organ tubuh beristirahat secara maksimal sehingga akan memperbaiki mood dan mengurangi tingkat depresi.

5. Makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi secara rutin dapat bermanfaat meningkatkan libido dan meningkatkan sirkulasi darah yang baik bagi kesehatan jantung.

Sindrom ovarium polikistik dapat mempengaruhi kadar hormon, yang juga dapat mengganggu libido. Mengonsumsi makanan makanan yang bergizi seperti, sayuran, makanan rendah gula, dan makanan tinggi protein dapat membantu mencegah gangguan yang memengaruhi libido pria dan wanita. []


(Fauzi Maulana Rizqi)


Berita terkait
7 Tips Berubungan Seks yang Higienis, Aman, dan Sehat
Seks itu menyehatkan, tapi belum tentu bebas kuman, menerapkan seks yang higienis adalah bukti saling menghargai dan menjaga tubuh pasangan.
Penjelasan Singkat Tentang Gancet dan Cara Mengatasinya
Fenomena gancet memang ada dalam dunia medis dan dapat dijelaskan secara logis.
Seks Gancet Tidak Semata Mistis, Ada Penjelasan Ilmiahnya
Anda pernah mengalami kondisi gancet saat melakukan hubungan seks?. Segera konsultasikan ke dokter, karena gancet tidak melulu ke hal mistis.
0
6 Alasan Wanita Menyukai Pria yang Memelihara Hewan
Pria pasti telah melihat bahwa sebagian besar wanita cenderung tertarik ke arah pria yang memiliki hewan peliharaan.