UNTUK INDONESIA
Tujuh Manfaat Berhubungan Badan Saat Istri Hamil
Berhubungan badan saat hamil menimbulkan ketakutan tersendiri bagi pasangan suami istri. Tak perlu takut, berikut Tagar ulas manfaatnya.
Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Pixabay/estebantroncosofoto0)

Jakarta - Melakukan hubungan badan saat hamil menimbulkan ketakutan tersendiri bagi kaum ibu. Kandungan akan bermasalah menjadi ketakutan yang utama. Padahal, berhubungan badan di fase kehamilan aman-aman saja, kecuali dokter atau bidan tidak mengizinkan karena beberapa kondisi tertentu. 

Pada kehamilan normal, bercinta saat hamil tidak akan membahayakan janin. Pasalnya, janin dilindungi oleh otot-otot rahim yang kuat, cairan ketuban, dan kumpulan lendir di sekitar leher rahim.

Beberapa kondisi ibu hamil memang tidak disarankan untuk bercinta, misalnya kondisi leher rahim bermasalah yang dapat meningkatkan kemungkinan keguguran atau persalinan dini. 

Nah, untuk posisi bercinta, sebaiknya memilih posisi yang nyaman. Posisi yang bisa direkomendasikan, yakni woman on top (wanita di atas) atau side by side (menyamping). Kedua posisi ini dapat mengontrol kedalaman dan kecepatan penetrasi, sehingga tidak ada tekanan pada perutnya. 

Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber manfaat berhubungan badan saat istri hamil.

1. Memberikan Hormon Kebahagiaan

Saat memasuki fase kehamilan ada rasa cemas dan stres takut terjadi hal yang buruk. Namun, bercinta saat hamil dapat menjadi solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut. 

Orgasme saat berhubungan intim bisa melepaskan hormon endorfin, mampu membantu ibu dan janin merasa bahagia dan rileks. Selain itu, lonjakan oksitosin yang muncul dapat meningkatkan rasa cinta dan kebahagiaan.

2. Memberi Manfaat untuk Janin

Bercinta saat hamil tidak hanya bermanfaat bersama pasangan, janin juga akan merasakan manfaatnya. Biasanya, ketika hamil akan memengaruhi berat badan yang berpengaruh pada kesehatan janin.

Nah, bercinta saat hamil dapat mencegah kenaikan berat badan berlebih. Selain itu, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga bayi dapat terlindungi. 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bercinta dapat meningkatkan antibodi (lgA) yang membantu mencegah infeksi. Selain itu, pelepasan hormon oksitosin bisa mendorong peningkatan sistem kekebalan tubuh selama kehamilan.

4. Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Setelah melakukan berhubungan badan, tubuh akan menjadi lebih rileks dan membuat tidur nyenyak. Guncangan yang terjadi saat bercinta dapat membantu janin tertidur, sehingga hanya ada sedikit tendangan ketika tidur.

6. Mendekatkan Hubungan dengan Pasangan

Bagi sebagian pasangan melakukan hubungan badan selama kehamilan dapat membuat merasa lebih dekat. Karena saat berhubungan seks, sentuhan kulit ke kulit akan membuat menjadi lebih intim.

7. Membantu Mempersiapkan Persalinan

Berhubungan badan saat hamil dan kemudian orgasme dapat membantu mengencangkan panggul. Pasalnya, banyak menggerakkan banyak otot di sekitar area panggul. Hal yang sangat baik untuk persiapan persalinan. []

Berita terkait
Sembilan Manfaat Hubungan Intim dengan Pasangan
Melakukan hubungan intim bersama pasangan memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut ulasan Tagar.
Delapan Teknik Bercinta di Dalam Mobil dengan Aman
Pasangan suami istri kadang merasa jenuh dengan bercinta yang itu-itu saja, tak ada salahnya mencoba sensasi baru yang memacu adrenalin
Sembilan Cara Bikin Istri Hamil
Hamil dan mendapatkan keturunan menjadi idaman setiap wanita. Namun, banyak pasangan yang mengalami kesulitan. Berikut Tagar bagikan tipsnya.
0
Dampak Corona, Bank Apresiasi Pelonggaran Kebijakan
Pelaku industri perbankan merespon positif pelonggaran kebijakan pada sektor finansial pasca merebaknya virus corona jenis COVID-19.