UNTUK INDONESIA
Sembilan Cara Bikin Istri Hamil
Hamil dan mendapatkan keturunan menjadi idaman setiap wanita. Namun, banyak pasangan yang mengalami kesulitan. Berikut Tagar bagikan tipsnya.
Bangun terlalu siang dapat menyebabkan seorang wanita sulit hamil.(Foto: Pixabay)

Jakarta - Hamil dan memiliki keturunan menjadi impian setiap pasangan suami istri. Namun, tidak semua pasangan diberikan kemudahan untuk mendapatkannya.

Bagi sebagian pasangan memerlukan usaha lebih untuk mendapatkan keturunan yang diidam-idamkan. Nah, berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber beberapa cara yang bakal bikin istri cepat hamil.

1. Lepaskan Alat Kontrasepsi

Salah satu cara agar cepat hamil adalah melepaskan alat kontrasepsi di dalam tubuh. Jika sebelumnya menggunakan alat kontrasepsi, sebaiknya segera lepaskan alat kontrasepsi jika hendak melakukan program hamil. 

Setelah melepaskan alat kontrasepsi, kemungkinan besar bisa langsung hamil setelah melakukan hubungan seksual di waktu yang tepat.

Namun, ada beberapa alat kontrasepsi membutuhkan waktu berminggu-minggu sampai berbulan-bulan setelah dilepaskan untuk mengembalikan kesuburan seperti semua. Misalnya, menghentikan suntikan Depo-Provera yang mengandung hormon progesteron sekitar 9 bulan sebelum merencanakan kehamilan.

2. Cek Kesehatan ke Dokter

Sebelum memulai program hamil, baiknya melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter. Cek kesehatan sangat berguna untuk memastikan kesehatan bersama pasangan dan bisa segera memulai program hamil.

Biasa dokter akan menganjurkan beberapa tes untuk program hamil, seperti tes darah, kadar gula darah, fungsi tiroid, pap smear, dan masih banyak lagi jenis tes lainnya. Pemeriksaan ini penting agar dokter mengetahui ada atau tidaknya kelainan atau masalah kesehatan dimiliki.

Jika membawa penyakit genetik tertentu, risiko pada kehamilan dan bayi bisa dihindari sejak dini. Semakin cepat masalah diketahui maka semakin cepat dokter dapat mengobatinya. Selain itu, peluang untuk cepat hamil dan mendapatkan momongan juga semakin besar.

Dokter akan membantu mencari tahu kapan masa subur. Dengan begitu, dapat melakukan hubungan intim di waktu yang tepat.

Jangan lupa tanyakan pada dokter mengenai obat atau vitamin yang aman dikonsumsi selama menjalani program hamil. 

3. Cari Tahu Masa Subur

Mengetahui kapan masa subur salah satu kunci sukses program hamil. Masa subur merupakan masa ovulasi, yaitu ketika ovarium melepaskan sel telur. 

Tanpa mengetahui masa subur, pasti akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan kehamilan, walaupun sudah sering melakukan hubungan intim. Untuk itu, harus mengetahui kapan sel telur dilepaskan dalam tubuh wanita.

Jika sel telur yang dilepaskan pada saat dalam masa subur berhasil dibuahi oleh sperma, maka cara ini dapat membantu kehamilan. Namun, jika sel telur tidak berhasil dibuahi oleh sperma, sel telur akan mati dan menstruasi terjadi.

Hal yang perlu diingat adalah pelepasan telur normalnya terjadi satu kali dalam sebulan dan masa subur hanya terjadi selama beberapa hari. Untuk itu, lebih baik jika tidak melewatkan kesempatan ini sebagai cara cepat hamil setelah haid yang bisa dicoba.

Jika ingin cepat mendapatkan kehamilan, melakukan hubungan seksual dengan pasangan pada saat masa subur adalah cara terbaik. Potensi berhasil dalam menjalani program hamil menjadi lebih besar untuk berhasil. 

Salah satu cara mengetahui masa subur dengan mencatat kapan saja waktu menstruasi setiap bulan. Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur, mungkin tak kesulitan untuk mengetahui masa subur. 

4. Melakukan Hubungan Intim di Waktu yang Tepat

Selain mengetahui kapan masa subur, sebagai cara memperoleh kehamilan, utamanya harus mengetahui kapan telur dilepaskan oleh tubuh wanita. Hal ini bisa menjadi cara lain yang bisa dilakukan agar cepat hamil saat menjalani program kehamilan.

Dengan mengetahui kapan sel telur akan dilepaskan, bisa mengatur hubungan seksual dengan pasangan pada satu atau tiga hari sebelum sel telur tersebut dilepaskan. Hal ini salah satu cara untuk meningkatkan potensi kehamilan dengan cepat.

Namun, sebaiknya juga jangan terlalu sering melakukan hubungan seksual dalam sehari, karena dapat menyakitkan. Agar cepat hamil, cara yang bisa ditempuh adalah mulai berhubungan seksual selama masa paling subur, biasanya sekitar tiga hari sebelum telur wanita dilepaskan.

Sperma dapat bertahan hidup 3-6 hari dalam tubuh wanita, sedangkan telur hanya mampu bertahan hidup sehari. Bisa berhubungan seksual dua belas sampai dua puluh empat jam setelah ovulasi terjadi.

Berhubungan intim pada waktu-waktu tersebut dipercaya sebagai cara cepat hamil yang cukup efektif, bahkan peluang keberhasilan proses pembuahan akan lebih besar.

5. Lakukan Teknik ini Saat Hubungan Intim

Beberapa hal yang dilakukan saat berhubungan seksual mungkin dapat menjadi cara agar bisa cepat hamil.

Lakukan Hubungan Seksual Sebelum Tidur

Walaupun beberapa sumber mengatakan bahwa produksi sperma tertinggi berada pada pagi hari, tapi sebenarnya tidak ada waktu yang paling baik dalam sehari untuk berhubungan seksual. 

Cara yang bisa dilakukan adalah melakukan hubungan seksual sebelum tidur, sehingga dapat berbaring setelah berhubungan seksual.

Temukan Posisi Berhubungan Seksual yang Nyaman

Mungkin pernah terdengar mengenai beberapa posisi berhubungan seksual yang menjadi posisi terbaik agar agar cepat hamil. Namun, semua ini boleh dipercaya atau tidak. Sebetulnya, tidak ada posisi pasti sebagai salah satu cara cepat hamil.

Hal yang terpenting sebagai cara cepat hamil adalah menemukan satu posisi paling nyaman saat berhubungan seksual dengan pasangan. Pada dasarnya, semua posisi seks dapat menjadi cara yang baik agar cepat hamil, asalkan bersama pasangan melakukannya di waktu yang tepat.

6. Selalu Jaga Kualitas dan Kuantitas Sperma

Sperma dapat membuahi telur wanita dengan baik saat sperma berada dalam kualitas yang sehat, kuat, dan memiliki jumlah yang banyak. 

Jika ingin cepat hamil, cara lain yang bisa dilakukan adalah mendorong para suami untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas spermanya dengan melakukan cara berikut ini.

Kurangi Konsumsi Alkohol

Penelitian menunjukkan salah satu cara agar bisa cepat hamil dengan mengurangi asupan alkohol. Karena meminum alkohol setiap hari dapat menurunkan kadar testosteron dan jumlah sperma, serta meningkatkan jumlah sperma yang abnormal.

Berhenti Merokok

Merokok dapat menurunkan kinerja sperma, khususnya saat menjalani program hamil. Untuk itu, salah satu cara agar cepat hamil adalah dengan membantu pasangan berhenti merokok. 

Pertahankan Berat Badan Normal

Obesitas ternyata juga kurang baik untuk kesuburan pasangan saat menjalani program hamil. Jika ingin cepat hamil, cara yang bisa ditempuh adalah membantu pasangan untuk mengurangi berat badan dan mempertahankan berat badan yang normal. Pasalnya, obesitas dapat menurunkan jumlah sperma dan memperlambat gerak sperma.

Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Untuk membentuk sperma yang sehat, pasangan harus bisa mencukupi kebutuhan nutrisinya. Cara ini dapat meningkatkan potensi agar cepat hamil. 

Beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kualitas dan kuantitas sperma sebagai cara tepat agar cepat hamil adalah vitamin C, vitamin D, seng, asam folat, dan kalsium.

Jika bersama pasangan sudah mantap untuk menjalani program hamil, salah satu cara agar cepat hamil adalah menjaga atau memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat. 

Pilihlah makanan yang bernutrisi tinggi sebagai cara cepat hamil. Terutama, makanan yang banyak mengandung asam folat, zat besi, dan kalsium. Ingat, nutrisi yang tepat dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk kehamilan yang sehat.

Selain itu, harus bisa menghindari makanan manis, terlalu asin, dan berlemak tinggi. Perhatikan pula cara mengolah makanan yang dikonsumsi. Bisa mengolah makanan yang lebih sehat dengan cara ditumis, direbus, dikukus, atau dipanggang.

Jangan Berendam Air Panas

Kenyataannya suhu panas dapat membunuh sperma. Lebih baik kurangi berendam di air yang terlalu panas. Testis mungkin dapat berfungsi dengan baik pada suhu 34,4-35,6°C, di bawah suhu tubuh normal.

7. Jangan Terlalu Stres

Jika keinginan untuk mendapatkan kehamilan sudah semakin besar, sebaiknya jangan terlalu stres saat menjalani program hamil. Stres justru dapat mengganggu ovulasi (pelepasan telur), sehingga cara ini bukannya membuat cepat hamil, justru akan sulit hamil karena terlalu stres.

Sebaiknya saat program hamil, cara yang tepat adalah jalani dengan santai, nikmati berhubungan seksual dengan pasangan dan jangan terlalu memikirkan apakah berhasil atau tidak.

8. Terapkan Pola Hidup Sehat

Saat menjalani program hamil dan ingin cepat hamil, sebaiknya mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Makan makanan sehat dapat menjadi salah satu cara agar cepat hamil dan juga untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

Olahraga yang teratur juga dapat membantu mendapatkan berat badan ideal, sehingga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Ubah kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum alkohol. 

9. Waspadai Penurunan Kesuburan

Seiring bertambahnya usia wanita, kesuburan akan menurun. Penyebabnya karena perubahan yang berhubungan dengan usia ovarium yang dan penurunan jumlah dan kualitas sel telur.

Ada juga peningkatan risiko pada masalah kesehatan, seperti fibroid rahim, endometriosis dan penyumbatan tuba falopi. Semuanya dapat berkontribusi pada faktor kesuburan.

Penurunan kesuburan bertahap pada wanita dimulai pada usia 30an, penurunan yang lebih tajam setelah usia 37 tahun dan setelah usia 40 tahun. []

Berita terkait
Lima Keunikan Terjadi Usai Orgasme
Ada hal unik dan aneh yang bisa terjadi ketika usai orgasme, berikut Tagar berikan ulasannya.
Empat Posisi Bercinta Bikin Cepat Hamil
Melakukan hubungan badan atau bercinta bagi pasangan suami istri merupakan aktivitas menyenangkan di malam hari, dan hamil menjadi kebahagiaan.
Empat Posisi Bercinta Agar Wanita Cepat Orgasme
Posisi bercinta sangat berpengaruh pada saat orgasme, apalagi wanita memiliki tingkat yang lebih tinggi dibanding laki-laki.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.