Tips Mendapatkan Berat Badan yang Ideal

Pada dasarnya, berat badan tergantung dari asupan kalori yang masuk dan berapa banyak kalori yang dipakai oleh aktivitas tubuh.
Timbangan (Foto: Tagar/pixabay)

Jakarta - Memiliki berat badan yang ideal tentu jadi dambaan bagi banyak orang. Namun masalahnya, hal tersebut bisa sulit terwujud karena beberapa hal, beberapa di antaranya adalah rasa malas dan tidak konsisten.

Pada dasarnya, berat badan tergantung dari asupan kalori yang masuk dan berapa banyak kalori yang dipakai oleh aktivitas tubuh. Nah, berat badan tidak akan bertambah jika jumlah asupan kalori yang masuk sesuai dengan kalori yang dikeluarkan oleh tubuh.

Ada banyak cara untuk mendapatkan berat badan ideal. Namun sebaiknya, pilihlah cara yang alami agar terhindar dari efek negatif. Nah, buat Anda yang ingin mendapatkan tubuh yang ideal, berikut cara menjaga berat badan ideal yang bisa Anda coba.


1. Jangan lupakan sarapan

Cara menjaga berat badan ideal yang pertama adalah jangan melupakan sarapan. Penelitian yang dikutip oleh Livescience.com menyebutkan bahwa orang yang melewatkan sarapan cenderung mengalami peningkatan berat badan dibanding dengan yang tidak melewatkannya.

Hal tersebut terjadi karena orang cenderung merasa lapar pada siang hari. Nah, saat menahan lapar, hormon leptin akan dikeluarkan sehingga membuat Anda memakan apa saja tanpa terkendali. Itu sebabnya, tidak melupakan sarapan juga kerap dianjurkan sebagai salah satu cara menurunkan berat badan.

2. Pola makan sehat

Cara menjaga berat badan yang ideal berikutnya adalah memiliki pola makan yang sehat. Anda bisa mencoba mengadopsi pola makan sehat seperti food combining, raw food, dan sejenisnya. 

Pelajari dan pahami dengan benar dari berbagai macam literatur atau bertanya langsung pada ahlinya. Menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat akan membantu Anda mendapat berat badan ideal sekaligus bisa digunakan sebagai cara menurunkan berat badan.

3. Perbanyak minum air putih

Anjuran untuk meminum delapan gelas air putih sehari ternyata bukan sekadar imbauan saja. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika Anda meminum air putih dalam kadar yang cukup.

Tak hanya bikin Anda jadi lebih sehat, minum banyak air putih juga bisa jadi salah satu cara menjaga berat badan ideal. Sebab, banyak mengonsumsi air putih akan meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh yang akan menunjang proses metabolism. 

Selain itu, minum air putih sebelum makan juga akan membantu Anda mengurangi porsi makan karena efek kenyang akibat minum air putih.

4. Pola makan sehat

Cara menjaga berat badan yang ideal berikutnya adalah memiliki pola makan yang sehat. Anda bisa mencoba mengadopsi pola makan sehat seperti food combining, raw food, dan sejenisnya. 

Pelajari dan pahami dengan benar dari berbagai macam literatur atau bertanya langsung pada ahlinya. Menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat akan membantu Anda mendapat berat badan ideal sekaligus bisa digunakan sebagai cara menurunkan berat badan.[]

(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Buah Berserat Tinggi untuk Menurunkan Berat Badan
Buah kaya serat bisa dikonsumsi kapan saja sepanjang hari, terutama saat sarapan pagi.
Jenis-Jenis Kristal Ini Bisa Menurunkan Berat Badan
Menurut astrologi, beberapa kristal dapat melepaskan energi yang membantu menurunkan berat badan.
Cara Menjaga Berat Badan Ideal yang Efektif Dilakukan
Apabila Anda mengonsumsi jenis dan jumlah makanan yang sama tetapi tidak menjadi lebih aktif, peningkatan berat badan. Berikut cara menjaganya.
0
Tips Mendapatkan Berat Badan yang Ideal
Pada dasarnya, berat badan tergantung dari asupan kalori yang masuk dan berapa banyak kalori yang dipakai oleh aktivitas tubuh.