Cara Menjaga Berat Badan Ideal yang Efektif Dilakukan

Apabila Anda mengonsumsi jenis dan jumlah makanan yang sama tetapi tidak menjadi lebih aktif, peningkatan berat badan. Berikut cara menjaganya.
Ilustrasi - Cara menjaga berat badan ideal. (Foto: Tagar/Dok iStock)

Jakarta - Seiring bertambahnya usia maka tubuh juga akan mengalami perubahan. Namun, apabila Anda tetap mengonsumsi jenis dan jumlah makanan yang sama tetapi tidak menjadi lebih aktif, peningkatan berat badan mungkin terjadi. 

Hal ini terjadi karena metabolisme dapat melambat seiring bertambahnya usia, dan komposisi tubuh (jumlah lemak dan otot) mungkin berbeda saat Anda masih muda. Berikut adalah cara menjaga berat badan ideal.


1. Rutin berolahraga

Olahraga teratur memainkan peran penting dalam menjaga berat badan agar tetap ideal. Olahraga membantu membakar kalori ekstra dan meningkatkan metabolisme, dua faktor penting untuk mencapai keseimbangan energi. 

Ketika Anda berada dalam keseimbangan energi, itu berarti Anda membakar jumlah kalori yang sama dengan yang Anda konsumsi. Efeknya, berat badan Anda cenderung tetap sama. 

Beberapa penelitian mengungkapkan, seseorang yang melakukan aktivitas tingkat sedang selama 30 menit setiap hari, lebih mungkin untuk mempertahankan berat badannya, terutama setelah berhasil menjalankan program penurunan berat badan. 


2. Kendalikan stres 

Mengelola stres adalah bagian penting dalam mengendalikan berat badan. Tingkat stres yang tinggi akan meningkatkan kadar kortisol, hormon yang orang lepaskan sebagai respons terhadap stres Kortisol yang meningkat secara konsisten terkait dengan jumlah lemak perut yang lebih tinggi serta peningkatan nafsu makan. 


3. Konsumsi makanan berprotein 

Meningkatkan asupan protein dapat mempertahankan berat badan, karena protein dapat membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. 

Protein juga telah terbukti mengurangi kadar hormon yang meningkatkan rasa lapar. Efek protein pada hormon dan rasa kenyang dapat secara otomatis mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi.


4. Perhatikan asupan karbohidrat 

Mengontrol berat badan mungkin lebih mudah dilakukan jika Anda memperhatikan jenis dan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, dan jus buah instan, hal tersebut dapat mengganggu mempertahankan berat badan ideal. 

Pada umumnya, karbohidrat olahan adalah makanan yang telah kehilangan serat alaminya. Diet yang rendah serat dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas. 


5. Tidur yang cukup 

Kurang tidur tampaknya menjadi faktor risiko utama kenaikan berat badan pada orang dewasa dan faktor penghambat untuk menciptakan berat badan yang sehat. 

Faktanya, kurang tidur menyebabkan kadar hormon ghrelin meningkat, hormon meningkatkan nafsu makan seseorang. Selain itu, orang yang kurang tidur cenderung memiliki kadar leptin yang lebih rendah, hormon untuk mengendalikan nafsu makan. 


6. Penuhi cairan tubuh 

Cara menjaga berat badan ideal yang paling mudah dilakukan adalah minum air putih dalam jumlah yang tepat. Minum air akan meningkatkan rasa kenyang dan membantu menjaga asupan kalori tetap terkendali, terutama jika minum satu atau dua gelas sebelum makan.  


7. Komsumsi sayuran 

Beberapa penelitian menghubungkan asupan sayuran yang tinggi dengan pengendalian berat badan yang lebih baik. Sebagai permulaan, Anda bisa mengonsumsi sayuran rendah kalori. 

Anda bisa makan dalam porsi besar tanpa khawatir berat badan bertambah. Selain itu, sayuran kaya serat, sehingga meningkatkan perasaan kenyang dan secara otomatis dapat mengurangi jumlah kalori yang Anda makan di siang hari. []



Berita terkait
Lancarkan Produksi ASI dengan 6 Cemilan Sehat Ini
ASI menjadi asupan pertama bayi sejak lahir hingga dua tahun kehidupannya atau bahkan lebih. Berikut cemilan sehat untuk lancarkan ASI.
7 Manfaat Ikan Air Tawar Bagi Kesehatan
Berbagai manfaat ikan air tawar pada dasarnya baik itu ikan laut maupun ikan air tawar mengandung nutrisi. Berikut manfaat ikan air tawar.
Penggemar Mie Instan Wajib Perhatikan Hal Ini Demi Kesehatan
Sebaiknya jangan makan mie instan setiap hari. Usahakan sekali dalam seminggu saja dan jangan sekali makan langsung 2 mie karena tidak sehat.
0
Cara Menjaga Berat Badan Ideal yang Efektif Dilakukan
Apabila Anda mengonsumsi jenis dan jumlah makanan yang sama tetapi tidak menjadi lebih aktif, peningkatan berat badan. Berikut cara menjaganya.