Tips Diet dan Latihan Terbaik Untuk Mahasiswa

Masa perkuliahan memang sering menjadi lubang stres dan kenaikan berat badan yang cepat.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta -Rata-rata mahasiswa sering terdesak waktu, terlalu banyak stres dan makan saat di perjalanan. Anda mungkin merasa sulit untuk menghindari kebiasaan buruk seperti melewatkan makan atau sering mengunjungi restoran cepat saji.

Masa perkuliahan memang sering menjadi lubang stres dan kenaikan berat badan yang cepat. Untuk menguragi efek buruk periode sibuk ini, dilansir dari Health Benefits Time, berikut adalah beberapa tips diet untuk Anda sebagai mahasiswa.


1. Berhenti minum alkohol

Perlu diingat bahwa alkohol tidak memiliki nutrisi, tetapi penuh dengan kalori dan meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh Anda. Itu bahkan dapat mengacaukan hormon Anda jika Anda mengkonsumsikannya secara berlebihan. Pada akhirnya, akan mendatangkan malapetaka pada pola tidur, rencana penurunan berat badan, dan akan berdampak negatif pada pembentukan massa otot.


2. Jangan mengurangi tidur

Mahasiswa pasti memiliki jam tidur yang tidak pasti. Jika tidak memiliki kurang tidur ini setidaknya delapan puluh persen dari waktu. Meski begitu, usahakan untuk tidur rata-rata enam jam per malam, kapan pun Anda bisa. Jika Anda mendapatkan lebih sedikit, upaya diet apa pun yang Anda lakukan akan sia-sia. Kurang tidur membuang hormon-hormon yang mengontrol metabolisme Anda secara keseluruhan, dan nafsu makan serta keinginan Anda pada khususnya.


3. Jangan melewatkan sarapan

Tidak makan sebenarnya sama sekali tidak berguna jika Anda bertujuan untuk menurunkan berat badan berlebih (sebenarnya itu mendorong penambahan berat badan sebagai mekanisme bertahan hidup), dan itu langsung merusak kesehatan Anda di banyak tingkatan.


4. Kurangi cemilan

Para ahli juga akan memberi tahu Anda untuk memperhatikan apa yang Anda makan. Hindari makanan yang mengandung banyak natrium, lemak, dan gula. Sebagai gantinya, pilih campuran protein dan serat yang sehat dalam bentuk camilan portabel yang mudah diakses di kamar, dan tas Anda.


5. Jaga asupan air

Percaya atau tidak, air putih bisa melakukan pekerjaan yang sama bagusnya untuk membuat Anda tetap terjaga seperti minuman ringan atau kaleng minuman energi. Hal-hal ini membuat gula darah Anda berosilasi dengan liar, sehingga benar-benar menurunkan tingkat energi Anda sambil meningkatkan rasa lapar dan penambahan berat badan Anda.


6. Selalu bergerak

Bagi anak kuliah, waktu itu adalah nafas kehidupan. Siapa yang punya waktu untuk gym ketika Anda hampir tidak punya waktu untuk tidur? Namun, Anda membutuhkan setidaknya 30 menit aktivitas sedang setiap hari. Berjalan-jalan di sekitar kampus untuk bertemu dengan seorang teman, atau berjalan kaki dari kelas ke parkiran. Temukan peluang kecil dan manfaatkan secara maksimal. []

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga

9 Jus Terbaik untuk Sakit Perut dan Gangguan Pencernaan 

Cara Menjalani Hidup Sehat dengan 6 Hal Ini 

7 Jenis Teh Herbal untuk Mengobati Sembelit, Mudah Dibuat 

17 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Stres di Masa Pandemi 

Berita terkait
Tips Menurunkan Berat Badan ala Shandy Aulia
Shandy menghindari beberapa makanan seperti daging merah (sapi), makanan manis-manisan, dan gorengan.
11 Tips untuk Membantu Anda Menurunkan Berat Badan
Menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan mengatur pola makan yang baik.
6 Macam Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan
Boleh saja melakukan program diet, asalkan pastikan tubuh kita tetap mendapatkan asupan nutrisi harian yang cukup.
0
Perhatikan 6 Kiat ini Sebelum Mulai Berutang
Berutang sebenarnya tidak salah, namun kamu tetap harus memastikan bahwa utang tersebut digunakan untuk suatu yang bermanfaat dan mendesak.