11 Tips untuk Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan mengatur pola makan yang baik.
Ilustrasi berat badan. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta – Terdapat banyak cara untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya dengan menjalani program-program diet tertentu, menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan mengatur pola makan yang baik.

Ada beberapa hal, yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan tanpa diet. Berikut 11 tips yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.


1. Jangan lewatkan sarapan

Melewatkan sarapan tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan. Anda malah bisa kehilangan nutrisi penting dan mungkin Anda akan mengemil makanan lebih banyak sepanjang hari karena Anda merasa lapar.


2. Makan teratur

Mengatur pola makan secara teratur pada siang hari membantu tubuh Anda membakar kalori lebih cepat. Hal ini juga dapat mengurangi Anda memakan makanan yang tinggi lemak dan gula.


3. Makan sayur dan buah

Tiga kandungan yang penting dalam menurunkan berat badan ada pada sayur dan buah. Hal ini disebabkan sayur dan buah rendah akan kalori dan lemak, tetapi tinggi serat. Sayur dan buah juga mengandung banyak vitamin dan mineral.


4. Berolahraga

Berolahraga merupakan untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Selain memberikan banyak manfaat kesehatan, olahraga juga dapat membantu membakar kalori yang tidak bisa Anda hilangkan melalui diet saja.


5. Minum banyak air putih

Asupan air diyakini dapat meningkatkan pembakaran kalori, sehingga berat badan menurun. Oleh sebab itu, penurunan berat badan bisa meningkat hingga dua kilogram jika Anda banyak minum air putih.


6. Makan makanan tinggi serat

Memakan makanan yang tinggi serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, hal ini sangat cocok untuk Anda menurunkan berat badan. Serat dalam ditemukan pada makanan seperti buah, sayuran, gandum, nasi merah dan lain sebagainya.


7. Membaca label makanan

membaca label makanan pada tabel kalori dapat membantu Anda memilih pilihan makanan yang lebih sehat untuk menurunkan berat badan. Lihatlah kalori pada makanan tersebut untuk mengetahui apakah makanan tersebut cocok dengan tunjangan kalori harian Anda.


8. Gunakan piring yang kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil dari kebiasaan Anda saat makan, dapat membantu Anda makan dengan porsi yang lebih sedikit. Dengan menggunakan piring tersebut anda secara bertahap akan terbiasa makan dengan porsi yang lebih sedikit tanpa merasa lapar.


9. Makan apapun yang Anda sukai

Jangan melakukan pantangan memakan apapun dari rencana penurunan berat badan Anda, terutama makanan yang Anda sukai. Hal itu hanya akan membuat Anda lebih menginginkan makanan tersebut. Tidak masalah jika Anda memakan makanan favorit anda sesekali, selama Anda tetap menjaga batas kalori harian Anda.


10. Jangan menyimpan stok junk food

untuk menghindari godaan, jangan menyimpan junk food seperti coklat, biskuit, keripik dan minuman bersoda dan lain sebagainya. Sebaiknya simpanlah camilan sehat seperti buah, sayur, kacang-kacangan dan lain sebagainya.


11. Rencanakan pola makan Anda

Cobalah untuk merencanakan pola makan Anda seperti sarapan, makan siang, makan malam dan makanan ringan selama seminggu. Selain itu, pastikan Anda tetap pada tunjangan kalori harian Anda.

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga :

Berita terkait
Apakah Yogurt Meningkatkan Penurunan Berat Badan?
Meskipun yogurt bisa menjadi bagian dari diet bergizi, tidak semua produk ini sehat.
6 Macam Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan
Boleh saja melakukan program diet, asalkan pastikan tubuh kita tetap mendapatkan asupan nutrisi harian yang cukup.
Satu Kebiasaan Sederhana yang Mampu Menurunkan Berat Badan Berlebih
Penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan jika berjemur bisa menurunkan indeks massa tubuh.