Tips Menurunkan Berat Badan ala Shandy Aulia

Shandy menghindari beberapa makanan seperti daging merah (sapi), makanan manis-manisan, dan gorengan.
Shandy Aulia. (Foto: Tagar/Instagram)

Jakarta - Saat hamil, rata-rata wanita mengalami kenaikan berat badan. Dilansir dari Halodoc yang mengutip dari Medlineplus, rata-rata ibu hamil mengalami kenaikan berat badan 11,5-16 kilogram selama periode kehamilan. Bila dibagi dalam tiap trimester, biasanya kenaikan ini sebanyak 1-2 kilogram di trimester pertama dan 500 gram tiap minggunya.

Kenaikan berat badan ini disebabkan oleh lemak yang berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh ibu, dan janin.

Setelah melahirkan tidak jarang ibu mencari cara mengembalikan berat badan normalnya tanpa perlu mengganggu kebutuhan ASI untuk si buah hati. Dia ingin berpenampilan seperti sebelum hamil dan tidak ingin melakukan diet ekstrem.

Shandy Aulia, model dan aktris kelahiran 1987, membagikan pengalamannya saat menurunkan berat badan pasca melahirkan. Dia dikaruniai anak pertama, Claire Herbowo, pada 12 Februari 2020 setelah 8 tahun menikah dengan David Herbowo.

Sambil menanti kehamilan, Shandy mengubah pola makannya agar saat dirinya dinyatakan hamil, tubuhnya dalam kondisi sehat. Shandy menghindari beberapa makanan seperti daging merah (sapi), makanan manis-manisan, dan gorengan.

Shandy mengganti dan mengatur pola makannya menjadi pada pagi hari mengonsumsi buah-buahan seperti papaya, stroberi, pisang, atau pear. Kandungan karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral pada buah dapat memberi energi jika dikonsumsi pada pagi hari.

Pada siang hari Shandy menyantap ayam rebus yang diberi sedikit garam dan kaldu dan sayur rebus seperti wortel. Biasanya untuk program diet, bagian dada ayam bagus untuk menurunkan berat badan. penambahan garam untuk memberi rasa pada ayam tersebut. Shandy juga menghindari pengolahan makanan dengan digoreng.

Untuk makan malam, Shnady mengonsumsi ikan salmon. Kandungan protein yang tinggi di dalam salmon, mencegah Anda untuk cepat lapar dan asam lemak omega-3 juga baik untuk kesehatan jantung. Shandy juga menghindari makanan yang mengandung karbohidrat.

Butuh 2-3 minggu untuk menyesuaikan diri terhadap pola makan sehat ini, apalagi David tidak menjalani pola makan yang sama, jadi terkadang dia suka tergiur dimana makanan yang dihindarinya adalah makanan kesukaannya dahulu.

Selain itu, Shandy juga rutin berolahraga seperti pilates dan kardio. Selain berfungsi dapat menurunkan berat badan, kardio dapat menjaga kadar gula dalam darah dan menurunkan kolesterol. Sedangkan pilates dapat membuat otot lebih kencang, meringankan nyeri punggung, dan menjaga berat badan ideal.

Shandy mengingatkan sebelum menurunkan berat badan atau ingin melakukan diet konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi, serta jangan memaksakan diri karena setiap tubuh memberikan respon yang berbeda saat menurunkan berat badan. []

(Sekar Aqillah Indraswari)


Baca Juga

Berita terkait
5 Tips Diet untuk Dapatkan Tubuh Ideal Ala Maria Vania
Mendaptakan tubuh ideal dengan diet sehat butuh perjuangan.
Tips Memulai Diet ala Edsa Estella
Viral setelah berhasil menurunkan berat badan sebanyak 54 kg dalam kurun waktu 10 bulan.
Tips Diet Ala Yulia Baltschun
Banyak orang gagal diet bukan karena tidak mendapatkan hasil, melainkan karena durasi yang tidak rasional.
0
Senator Papua Barat Dukung Pernyataan Jenderal Dudung
Terkait pernyataan Jendral Dudung, senator asal Papua Barat Filep wamafma menyatakan dukungannya.