UNTUK INDONESIA
Siswa Aceh Singkil Ikut Ujian di Tengah Banjir
Banjir melanda kawasan Aceh Singkil sejak beberapa hari terakhir termasuk sekolah Madrasah Tsanawilayah Negeri (MTsN) Aceh Singkil, Aceh.
Sejumlah Siswa dan Siswi MTsN bersiap-siap melaksanakan ujian Semester di ruangan kelas yang tidak digenangi banjir Sabtu 7 Desember 3019. (Foto: Tagar/Khairuman)

Singkil - Banjir melanda kawasan Aceh Singkil sejak beberapa hari terakhir termasuk sekolah Madrasah Tsanawilayah Negeri (MTsN) Aceh Singkil, Aceh, Sabtu 7 Desember 2019.

Meski banjir tak menyurutkan para siswa Madrasah Tsanawilayah Negeri (MTsN) Aceh Singkil untuk mengikuti pelaksanaan ujian semester di sekolahnya yang mulai mengenangi ruangan kelas. bahkan tampak para siswa rela berbasah-basahan menuju kesekolah.

Kepala Sekolah Madrasah Tsanawilayah Negeri (MTsN) Aceh Singkil, Rahimansyah, mengatakan, banjir mulai masuk ke kawasan komplek sekolahnya sejak kemarin dan hingga sampai saat ini banjir terus bertambah naik dan memasuki sebagian ruang kelas belajar.

Ujian tidak mungkin ditunda, sebab ujian semester perdana tahun ini sudah umum secara online.

"Sehingga mau tidak mau, ruangan belajar yang sebagian belum di genangi banjir itu digunakan sebagai ruangan ujian, kendati pun luapan banjir nantinya akan dialiri banjir yang semakin naik," kata Rahimansyah kepada Tagar, Sabtu 7 Desember 2019.

Rahimansyah menyebutkan ujian semester dilaksanakan secara online yang dimulai sejak Senin 2 Desember lalu dan direncanakan akan selesai sampai Sabtu 14 Desember 2019.

"Ujian tidak mungkin ditunda, sebab ujian semester perdana tahun ini sudah umum secara online," katanya.

banjirSejumlah Siswa dan Siswi Madrasah Tsanawilayah Negeri (MTsN) Aceh Singkil melewati genangan banjir di sekolahnya, Sabtu 7 Desember 2019. (Foto: Tagar/Khairuman)

Rahiman berharap pihak pemerintah setempat agar bisa memperhatikan kondisi pendidikan yang selalu menjadi langganan banjir.

"Tanah dan bangunan kelas masih tergolong dataran rendah," ujarnya.

Pihak Madrasah yang di bawah naungan Kementerian Agama daerah mengharapkan kepada pemerintah, baik pemerintah Pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten Aceh Singkil agar dapat mengalokasikan anggaraan untuk menimbun halaman madrasah ini, serta menaikkan bangunan ruang kelas belajar demi terwujudnya proses belajar mengajar yang maksimal nantinya.

"Sehingga ke depan jika banjir musiman datang melanda tidak ada lagi mengganggu proses belajar mengajar siswa dan siswi," ujarnya.

Pantauan Tagar, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Singkil juga di pekarangan ruangan kantor dan belajarnya ikut digenangi banjir. kemudian Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) seluruh ruangan kelasnya digenangi banjir hingga selutut orang dewasa. Akibatnya sebagian besar pelajarnya terpaksa di liburkan selama tiga hari hingga tujuh hari kedepan sampai air genangan banjir surut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil, Muhammad Ichsan, mengatakan banjir saat ini semakin meluas di Kecamatan Singkil, sehingga 16 Desa di Ibu Kota Kabupaten itu sebagian besar terendam banjir, namun tidak ada korban jiwa dan tidak ada yang mengungsi.

Desa yang dilanda banjir di Kecamatan Singkil, yakni, Desa Suka Damai, Pemuka, Pea Bumbung, Ujung Bawang, Selok Aceh, Pulo Sarok, Pasar, Ujung, Teluk Ambun, Siti Ambia, Takal Pasir, Suka Makmur, Kilangan, Kuta Simboling, Teluk Rumbia dan Ranto Gedang.

Sementara Kecamatan yang sebelumnya terendam banjir, seperti Kecamatan Gunung Meriah, Simpang Kanan, Suro, Singkohor berangsur-angsur mulai surut.

"Sejumlah titik ruas jalan seperti jalan nasional dan jalan Provinsi yang rawan banjir juga tetap lancar dilintasi semua jenis kendaraan," katanya. []

Baca juga: 

Berita terkait
Penebangan Hutan, Habitat Harimau di Aceh Terganggu
Kerusakaan lingkungan, pengalihan fungsi hutan menyebabkan habitat Harimau Sumatera yang ada di Kabupaten Aceh Utara, Aceh mulai terganggu.
Satu Pasangan Mesum di Aceh Singkil Dicambuk
Berbuat mesum satu pasangan di Aceh Singkil, Aceh menjalani eksekusi cambuk di Alun-alun Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Jumat 6 Desember 2019.
Calon Pengantin di Aceh yang Nikah di KUA Meningkat
Angka pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan dalam provinsi Aceh meningkat drastis dari tahun 2015 hingga Oktober 2019.
0
Tips Berpuasa Ramadan Bagi Penderita Maag Kronis
Bagi sebagian orang yang menderita penyakit maag, mungkin ragu untuk menjalani ibadah puasa. Namun, ada panduang yang mesti dilakukan.