UNTUK INDONESIA
Banjir Bandang, Islamic Center Singkil Nyaris Amblas
Bangunan di Kompleks gedung Islamic center, Kecamatan Suro, Aceh Singkil, Aceh nyaris amblas ke sungai akibat dampak banjir bandang.
Bangunan Islamic Center di Kecamatan Suro, Aceh Singkil nyaris amblas ke sungai akibat kerap dilanda banjir bandang Kamis 5 Desember 2019.( Foto: Tagar/Khairuman).

Singkil - Bangunan di Kompleks gedung Islamic center, Kecamatan Suro, Aceh Singkil, Aceh nyaris amblas ke sungai akibat dampak banjir bandang yang terjadi dalam empat hari terakhir.

Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Singkil, Rosiana Kusuma Wardani mengatakan dampak banjir bandang yang melanda tiga Kecamatan Di Aceh Singkil, yakni Kecamatan Suro, Gunung Meriah dan Singkohor, ikut merusak sebagian infrastruktur milik pemerintah dan masyarakat setempat.

"Dampak bencana banjir bandang, yakni Bulusema, Kecamatan Suro, 58  rumah terendam banjir air bah kiriman itu," kata Rosiana Kusuma kepada Tagar, Kamis 5 Desember 2019.

 Ketinggian air satu meter hingga satu setengah meter.

Sementara dampak material di Desa Lae Bangun Kecamatan Suro satu rumah rusak berat, dua rumah rusak ringan dan satu masjid terendam banjir.

Sebelumnya camat Suro, Abdul Hanan mengatakan banjir bandang terjadi sejak, Senin, 2 Desember 2019 di Desa Bulusema dan Desa Lae.

"Bangun sekitar pukul 19.40 WIB dengan ketinggian air 1 Meter hingga 1,5 meter," sebutnya.

Kemudian laporan dari Kepala Desa Bulusema, Anto menyebutkan sejak Rabu, 4 Desember 2019 malam, sekitar pukul 20.00 WIB banjir bandang kembali melanda di Desanya.

Menurut BPBD Aceh Singkil banjir yang saat ini terjadi dikarenakan kiriman dari wilayah kabupaten tetangga yang curah hujannya tinggi, yakni Subulussalam, Aceh Tenggara, Pakpak Barat dan Kabupaten Dairi sehingga mengakibatkan sungai meluap.

Hingga sampai saat ini upaya yang dilakukan Kalaksa beserta TRC BPBD Aceh Singkil turun ke lokasi untuk evakuasi serta pendataan terkait korban yang terdampak banjir. []

Baca juga: 

Berita terkait
KKB di Aceh Sempat Ancam Bunuh TNI dan Polri
Pria Aceh yang memiliki senjata api itu sebelumnya juga sempat melontarkan ancaman untuk membunuh TNI dan Polri di media sosial.
Ibu yang Tega Seret Anak di Banda Aceh Dikecam
Ibu yang tega menyeret anak kandungnya di Banda Aceh, Aceh diminta agar dihukum sesuai undang-undang yang berlaku.
Aceh Rawan Kecelakaan, Dua Bulan Capai 642 Kasus
Angka kecelakaan lalu lintas di Provinsi Aceh mengalami peningkatan, pada Oktober sebanyak 301 kasus sementara November 341 kasus di Aceh.
0
Advokat Fahira Idris Harap Polisi Tak Salah Sasaran
Kuasa hukum anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fahira Idris, Aldwin Rahadian berharap Bareskrim minta klarifikasi pelapor sebelum pemanggilan.