UNTUK INDONESIA
Warga Abdya Diimbau Waspada Banjir
Masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh diminta untuk tetap waspada terhadap banjir dan cuaca ekstrim.
Warga sedang berusaha membersihkan rumah dari genangan banjir di kawasan Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya - Hujan deras disertai petir dan angin kencang melanda Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh dan sekitarnya sejak seminggu terakhir. Kondisi ini membuat sejumlah warga takut beraktivitas di luar rumah.

Pantauan Tagar, hujan deras, angin kencang dan petir kerab terjadi menjelang siang. Cuaca ekstrim ini sampai malam hari. Sementara sejumlah desa di beberapa kecamatan mulai dikepung banjir akibat luapan air sungai serta air got tidak bisa menampung debit air yang terus membesar hingga meluap hingga ke rumah warga.

Biasanya penyumbatan aliran sungai itu akibat sampah.

Ketua Tagana Abdya, Yusril, menghimbau seluruh masyarakat setempat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir akibat luapan sungai dan got pasca hujan lebat yang terus menguyur kabupaten setempat.

Masyarakat juga diminta untuk berhati-hati terhadap bahaya sambaran petir yang beberapa hati ini cukup membahayakan. Jaga lingkungan dan jangan membuang sampah di saluran saluran DAS (daerah aliran sungai).

"Karena penyebab utama banjir juga penyumbatan aliran sungai akibat sampah," kata Yusril kepada Tagar, Sabtu 7 Desember 2019.

Menurutnya, beberapa desa yang menjadi titik rawan banjir di Kabupaten Abdya meliputi Blangpidie terdampak beberapa wilayah yakni Desa Lhung Tarok, Lhung Asan, Baharu, Alue Mangota dan wilayah Desa Babahlhung.

Untuk Kecamatan Susoh, meliputi kemukiman Kampung Rawa, Desa Pawoh, Desa Ujung Padang dan kemukiman Sangkalan. Kecamatan Setia, meliputi Desa Ujung Tanah, Desa Lhang, Desa tangan Tangan Cut, Desa Cinta Makmur.

Selanjutnya Kecamatan Tangan-Tangan meliputi Desa Padang Kawa, Desa Mesjid, Desa Drien Jalo, Desa Ielhob dan Desa Kuta Bakdrien. Kecamatan manggeng meliputi Desa Seujahtera dan Desa Blang Manggeng. Kecamatan Lembah Sabil meliputi Desa Tokoh II.

"Jeumpa, Insya Allah masih aman," ujarnya. []

Baca juga: 

Berita terkait
Satu Pasangan Mesum di Aceh Singkil Dicambuk
Berbuat mesum satu pasangan di Aceh Singkil, Aceh menjalani eksekusi cambuk di Alun-alun Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Jumat 6 Desember 2019.
Calon Pengantin di Aceh yang Nikah di KUA Meningkat
Angka pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan dalam provinsi Aceh meningkat drastis dari tahun 2015 hingga Oktober 2019.
Ketua KNPI di Aceh Diduga Lakukan Pelecehan Seksual
Aparat kepolisian Aceh Utara mengamankan Ketua KNPI Kabupaten Aceh Utara, Aceh, berinisial NZ karena diduga melakukan Pelecehan Seksual.
0
Panic Buying di Tengah Isu Corona Malah Bikin Rugi
Konsultan jasa finansial Grant Thornton mengingatkan masyarakat tidak melakukan aksi panic buying saat mendengar virus corona masuk Indonesia.