UNTUK INDONESIA
Selain Cegah Corona, Ini Manfaat Jahe Merah
Jahe merah dipercaya mampu mencegah virus Corona. Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan.
Jahe merah bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. (Foto: redgingeroil.com)

Jakarta - Jahe merah belakangan ini disebut-sebut sebagai tanaman obat yang bisa mencegah virus Corona. Hal itu lantaran manfaatnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga serangan virus Covid-19 tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

Jahe merah sudah dikenal sejak lama digunakan masyarakat sebagai bahan minuman dan obat herbal. Sebab, beragam kandungan yang dimilikinya berperan aktif dalam menjaga kesehatan.

Berikut Tagar berikan ulasan mengenai manfaat jahe merah untuk kesehatan yang diperoleh dari berbagai sumber.

1. Menghangatkan Tubuh

Kandungan gingerol yang dimiliki jahe merah sangat bermanfaat untuk meningkatkan suhu tubuh. Dengan begitu, badan akan terasa lebih hangat, apalagi jika dikonsumsi pada musim hujan

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ekstrak jahe merah mampu mencegah dan membunuh bakteri yang berbahaya di dalam tubuh. Sehingga, efeknya dapat meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh.

3. Mengatasi Sakit Kepala

Gingerol dan zat kafena yang memberikan efek hangat pada tubuh, ternyata mampu mengatasi sakit kepala. Pasalnya, saat mengonsumsi jahe merah, pembuluh darah akan melebar dan melancarkan aliran darah ke kepala.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Dengan mengonsumsi jahe merah secara rutin, tanaman obat tersebut juga ampuh mengatasi masalah pencernaan. Hal itu disebabkan karena kandungan yang ada dalam ekstrak jahe merah, bisa melindungi pencernaan dari bakteri. 

Zat aktif pada tanaman ini juga mampu mencegah produksi enzim yang memicu radang lambung.

5. Mengatasi Mual dan Meningkatkan Nafsu Makan

Jahe merah bermanfaat untuk membantu mengurangi produksi gas di dalam lambung yang memicu rasa mual. Apabila rasa mual sudah berkurang, nantinya nafsu makan akan kembali meningkat.


6. Menurunkan Berat Badan

Suplemen diet biasanya menggunakan jahe merah sebagai bahan campurannya. Mengonsumsi pil ekstrak jahe merah akan memberikan efek rasa kenyang lebih lama dan mampu membakar kalori.

7. Meredakan Batuk

Jahe merah mampu meredakan batuk. Sebab, dengan adanya kandungan minyak esensial yang dimiliki tanaman obat tersebut sangat berperan aktif untuk penyembuhan batuk.

8. Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan bisa terjadi karena disebabkan infeksi virus atau bakteri. Beragam zat yang dimiliki jahe merah dipercaya bisa mengatasi penyakit tersebut.

9. Menjaga Jantung

Kolesterol dan trigliserida menjadi penyebab utama seseorang terserang penyakit jantung. Dengan konsumsi jahe merah secara rutin, ternyata dipercaya mampu menurunkan kadar masalah kesehatan tersebut. []

Baca juga:

Berita terkait
Konsumsi Buah dan Sayur Bisa Cegah Corona
Mengonsumsi buah dan sayur disinyalir dapat mencegah penularan virus corona.
Cegah Corona Kapan dan Bagaimana Cara Pakai Masker
Ketika wabah virus corona merebak pemakai masker pun melonjak, untuk itu perlu diperhatikan cara pakai masker seperti yang diajurkan oleh WHO
Antisipasi Cegah Virus Corona Ala Selebriti Dunia
Salah satu langkah pencegahan penularan virus corona selebriti mereka lakukan saat mereka tengah melakukan perjalanan
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.