UNTUK INDONESIA
Konsumsi Buah dan Sayur Bisa Cegah Corona
Mengonsumsi buah dan sayur disinyalir dapat mencegah penularan virus corona.
Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar, dr Irwan Ashari, Rabu, 4 Maret 2020. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Makassar - Mengonsumsi buah dan sayur disinyalir dapat mencegah penularan virus corona. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar, dr Irwan Ashari. Menurutnya, mengkonsumsi gizi seimbang termasuk makan sayur dan buah penyebaran wabah corona dapat diminimalisir.

"Selain gizi seimbang, yang harus dilakukan untuk mewaspadai wabah corona ini adalah dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat seperti menjaga kebersihan diri, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker bila batuk dan flu," kata Irwan, Rabu, 4 Maret 2020.

Panik dan stres yang berlebihan justru berpotensi membuat daya tahan tubuh kita menjadi lemah.

Irwan menambahkan, selain dengan cara tersebut juga dengan menjaga kebersihan lingkungan, banyak minum air putih, olahraga dan istriahat yang cukup, serta melatih tangan anda untuk tidak sering menyentuh wajah (hidung dan mulut). 

," ujarnya."Masyarakat harus peka dengan kondisi tubuhnya, jika memiliki gejala seperti demam, batuk flu, sesak nafas, harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit rujukan penanganan virus corona," ujarnya.

Meski Indonesia telah ada warga yang terjangkit virus corona, akan tetapi Irwan mengimbau kepada masyarakat tetap tenang/tidak perlu panik, agar kita dapat mengambil keputusan dan melakukan tindakan pencegahan dan deteksi yang tepat.

"Panik dan stres yang berlebihan justru berpotensi membuat daya tahan tubuh kita menjadi lemah, dan mudah terserang virus, termasuk corona virus," jelasnya. []

Berita terkait
Pemkot Makassar Sediakan Masker di Seluruh Puskemas
Pemkot Makassar menyiapkan masker di seluruh puskesmas, namun masker tersebut khusus bagi pasien yang sakit.
Dinkes Makassar Pantau Ketersedian dan Harga Masker
Maraknya aksi borong masker di sejumlah apotik dan tempat penjualan alat kesehatan membuat Dinkes Makassar memantau harga dan stok masker.
Pekerja AC Tewas di Alfamart Makassar
Pekerja AC di Kota Makassar meninggal dunia akibat tersengat listrik saat sedang memperbaiki AC. Ini kronologinya
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.