UNTUK INDONESIA
Jahe dan Dua Rempah Penangkal Virus Corona
Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan temulawak bisa dimanfaatkan untuk menangkal virus Corona.
Jahe sudah sangat terkenal manfaatnya bagi kesehatan karena kandungan antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya. (Foto: halodoc.com)

Jakarta - Semakin merebaknya virus Corona atau Covid-19 di dunia, Guru Besar Biologi Molekuler dari Universitas Airlangga Prof. Dr. drh. Chaerul Anwar Nidom menyebutkan rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan temulawak bisa menangkal penyebaran virus mematikan itu. 

Kata dia, bahan alami itu jika dikonsumsi dengan rutin, bisa mencegah virus Corona masuk ke dalam tubuh. 

"Virus corona itu ada dua macam, yang low pathogenic dan high pathogenic. Bisa untuk menghambat badai sitokin di paru-paru itu bahan-bahan curcumin, adanya pada jahe, kunyit, temulawak, biasanya pakai untuk bumbu masak atau minuman segar,” kata Chaerul Anwar Nidom. 

Dengan banyak konsumsi bahan Curcumin itu, tentu bisa mencegah serangan virus Covid-19

Berikut Tagar rangkumkan manfaat Jahe, kunyit dan temulawak sebagai obat alami yang bisa menangkal dan mencegah virus corona. 

1. Jahe

JaheJahe sudah sangat terkenal manfaatnya bagi kesehatan karena kandungan antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya. (Foto: halodoc.com)

Jahe mengandung senyawa gingerol yang mampu melawan inflamasi dan menetralkan asam lambung. Jika dikonsumsi rutin, jahe bisa meningkatkan imun tubuh dan melawan infeksi. 

Pencegahan virus corona bisa menggunakan jahe karena fungsi rempah tersebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, Anda tidak mudah terserang penyakit apa pun, termasuk virus Covid-19. 

2. Kunyit

KunyitKunyit memiliki senyawa kimia bernama kurkumin. Zat pewarna kuning tersebut diduga mampu membantu proses penyembuhan pada tubuh. (Foto: alodokter.com)

Kunyit juga bisa dijadikan obat alami menyembuhkan berbagai penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan aktif curcumin bersifat antioksidan dan zat antiinflamasi yang bermanfaat meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan infeksi, peradangan, mencegah beberapa penyakit degeneratif, dan lain sebagainya. 

Kunyit memang sudah lama dijadikan tanaman obat-obatan karena ampuh menyembuhkan sejumlah penyakit. Sehingga, manfaat bahan dapur ini sudah banyak dirasakan oleh masyarakat. 

3. Temulawak 

TemulawakTemulawak dikenal memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Temulawak mengandung kurkumin 1,60 % - 2,20 %. Selain kurkumin, temulawak juga mengandung nutrisi lain seperti serat, vitamin, karbohidrat, kalsium. (Foto: halodoc.com)

Temulawak dikenal juga sebagai tanaman obat-obatan yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Hal itu dikarenakan bahan alami tersebut mengandung mineral, nutrisi, kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak, dan selulos. 

Dengan kandungan yang dimiliki temulawak, obat herbal ini bisa digunakan oleh semua kalangan yang ingin hidup sehat. Jadi, disarankan masyarakat jangan meragukan khasiat dari temulawak tersebut karena obat alami ini bisa meningkatkan imunitas, stamina, mencegah kanker, masuk angin, dan lain sebagainya. []

Baca juga:

Berita terkait
Panduan Kementerian Kesehatan Soal Pemakaian Masker
Panduan Kementerian Kesehatan soal pemakaian masker yang tepat dan perlu diperhatikan masyarakat. Berikut ulasannya.
NasDem Soroti Gaya Terawan dan Aksi Borong Masker
Ketua DPP Partai NasDem Bidang Kesehatan Okky Asokawati soroti gaya Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto soal virus Corona.
Terawan: Kalau Tidak Sakit Tak Usah Pakai Masker
Menkes Terawan Agus Putranto menanggapi kelonjakan dan kelangkaan masker di Indonesia.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.