UNTUK INDONESIA
Cegah Corona Kapan dan Bagaimana Cara Pakai Masker
Ketika wabah virus corona merebak pemakai masker pun melonjak, untuk itu perlu diperhatikan cara pakai masker seperti yang diajurkan oleh WHO
Orang-orang yang memakai masker pelindung menyeberangi jalan di Tokyo, Senin, 17 Februari 2020 (Foto: Koji Sasahara/indexjournal.com).

Jakarta – Sejak wabah virus corona merebak banyak yang memakai masker sebagai bagian dari upaya melindungi diri agar tidak tertular virus corona. Badan Kesehatan Dunia PBB (WHO) memberikan saran mencegah virus corona (COVID-19) untuk publik yaitu pakai masker.

Tanya (T): Kapan harus menggunakan masker

Jawab (J): Jika Anda sehat, Anda hanya perlu memakai masker jika Anda merawat orang yang diduga terinfeksi virus corona.

Pakai masker jika Anda batuk atau bersin.

Masker hanya efektif bila dipakai bersama dengan pembersih tangan yang sering dilakukan dengan alkohol atau sabun dan air.

Jika Anda mengenakan masker, maka Anda harus tahu cara menggunakannya dan membuangnya dengan benar.

T: Cara memakai, menggunakan, melepas dan membuang topeng

J: Sebelum memakai masker, bersihkan tangan dengan alkohol atau sabun dan air.

Tutupi mulut dan hidung dengan masker dan pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker Anda.

Hindari menyentuh masker saat dipakai; jika Anda menyentuh masker, maka bersihkan tangan Anda dengan alkohol atau sabun dan air.

Ganti masker dengan yang baru segera setelah lembab dan jangan pakai kembali masker sekali pakai.

Untuk melepaskan masker: lepaskan dari belakang (jangan menyentuh bagian depan masker); segera buang di tempat sampah tertutup; bersihkan tangan dengan sabun atau air berbasis alkohol. []

Berita terkait
Stok Terbatas, Harga Masker di Malang Melambung
Akibat isu virus corona, harga masker di Kota Malang bisa tembus Rp 250 ribu lebih satu pak-nya. Selain itu Hand Sanitizer juga habis.
Gubernur Banten Pakai Masker Hadapi Virus Corona
Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH,) mengimbau masyarakat Banten agar tetap tenang menghadapi virus corona dan memakai masker
Virus Corona Terdeteksi Muncul Perilaku Irasional
Ketika diumukkan dua WNI di Depok tertular virus corona muncul perilaku irasonal, panik dan paranoid dengan membeli sembako dan masker berlebihan