UNTUK INDONESIA
Sapi Warga Dimangsa, Pawang Harimau Turun di Aceh
Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menurunkan pawang harimau ke Desa Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Aceh.
Warga Desa Leubok Pusaka, kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, saat melihat sejumlah tapak kaki haraimau di lokasi kejadian.(Foto: Tagar/Istimewa)

Lhokseumawe - Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menurunkan pawang harimau ke Desa Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Aceh. Hal ini dilakukan setelah tewasnya lima sapi milik warga akibat dimangsa oleh harimau Sumatera di desa tersebut beberapa waktu lalu.

Kepala Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe BKSDA Aceh, Kamarudzaman saat dihubungi melalui telepon seluler mengatakan, pihaknya telah mendatangkan pawang harimau dari Meulaboh, yang bertujuan untuk menghalau harimau dari permukiman warga.

“Benar kita telah mendatangkan pawang harimau ke lokasi kejadian, pawang harimau itu bernama Syawarni Sabi, bahkan masyarakat setempat juga mengelar doa bersama,” ujar Kamarudzaman, Senin 2 Desember 2019.

Kamarudzaman menambahkan, saat tiba di wilayah Kota Lhokseumawe, maka pawang harimau itu langsung dibawa ke Desa Leubok Pusaka, kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara dan menginap selama satu malam di rumah warga setempat untuk melakukan ritual.

Semoga dengan adanya pawang tidak ada lagi harimau turun ke permukiman warga.

Para warga setempat juga sangat berharap agar harimau Sumatera tidak lagi turun ke permukiman warga, karena masyarakat yang berada di desa tersebut merasa sangat trauma atas peristiwa itu.

“Semoga saja dengan adanya pawang harimau ini dan juga telah dilakukan ritual pengusiran, tidak ada lagi harimau yang turun ke permukiman warga, apalagi masyarakat sekitar juga merasa sangat trauma,” tutur Kamarudzaman.

Kamarudzaman juga mengimbau kepada masyarakat, agar bisa selalu waspada selama beberapa hari ke depan meskipun sudah dilakukan ritual pengusiran. Apabila memang masih ada turun satwa liar itu, maka segera melaporkan.

“Pawang harimau ini hanya satu hari saja melakukan ritual pengusiran dan sudah kembali ke Meulaboh, bagi setiap masyarakat juga harus memasang penerang di setiap kandang sapi dan harus selalu waspada,” katanya. []

Baca juga: 


Berita terkait
Toilet Dekat Makam Kerajaan Aceh Diminta Dirobohkan
Pemerintah Kota Banda Aceh diminta menjaga dan menata kembali kawasan situs Makam Sultan Sayyid Jamalul Alam Badrul Munir Jamalullail di Banda Aceh
Penyebab Aceh Termiskin di Sumatera
Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2019, Provinsi Aceh menjadi daerah termiskin di Pulau Sumatera dan urutan ke-6 secara nasional.
Dua Polisi Aceh Dipecat Karena Narkoba
Dua personel polisi dari kesatuan Polisi Resor (Polres) Aceh Utara, Aceh dipecat karena mengkonsumsi narkoba dan disersi.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya