Sangat Bervariatif, Ini 5 Menu Diet ala Jessica Jung

Menu diet jangka pendek dari Jessica dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin memulai program diet.
Jessica Jung. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Melakukan diet tidak melulu hanya memakan 2 jenis makanan dalam sehari karena diet jenis seperti itu hanya untuk mengurangi kalori dan hanya ingin menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Diet yang sehat dan tidak menyiksa adalah mengubah pola makan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara perlahan namun konsisten.

Jessica Jung, penyanyi asal Korea Selatan kelahiran tahun 1998 dan merupakan mantan member grup Girls’ Generation membagikan menu diet jangka pendek pada kanal Youtube pribadinya.

Berikut menu diet Jesica yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin memulai program diet.


1. Nasi Konjac, alpukat, telur ikan pollock, telur dadar gulung, dan kecap asin

Nasi konjac merupakan nasi korea yang kerap dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan diet karena rendah kalori dan nutrinya lebih baik daripada nasi putih. Di atas nasi campurkan setengah alpukat yang telah dipotong memanjang, telur ikan pollock, dan telus dadar gulung.

Biasanya, orang yang sedang melakukan diet akan menghindari hidangan yang digoreng. Misalnya dia ingin memakan telur, maka cara pengolahannya dengan direbus. Jadi Anda bisa mengganti telur dadar gulung dengan telur rebus.

Kecap asin berguna sebagai penambah rasa pada makanan. Jessica menuangkan 1 sendok makan saja pada nasinya. Penggunaan kecap asin pun opsional karena biasanya orang yang diet ketat tidak akan menggunakan kecap asin atau mengurangi konsumsi garam.


2. Salad

Resep salad ala Jessica menggunakan selada, daging sapi tanpa asap, wortel, tomat, dan minyak zaitun.

Dalam 100 gram daging sapi tanpa lemak terdapat sekitar 137 kalori. Jessica mengolahnya dengan menggoreng sampai kecoklatan. Tomat dan wortel dipotong memanjang, kemudian dicampurkan dengan selada.

Wortel kaya akan serat, rendah lemak, protein, vitamin A dan B. Selada kaya akan nutrisi seperti zat besi, kalium, folat, serat, dan vitamin A serta K. Sementara, tomat sumber vitamin C, rendah lemak dan kalori.


3. Sandwich

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk sandwich ini adalah roti gandum hitam, daging, selada, keju, tomat, dan alpukat.

Biasanya sandwich diberikan saus atau selai di dalamnya, tetapi karena ini menu diet, Jessica menyarankan untuk tidak memakai saus apa pun.

Daging yang dia gunakan adalah daging deli dari Turki karena dia menyukai sandwich dari negara tersebut. Dia menggunakan satu potongan tipis daging yang dibagi menjadi dua. Kemudian, ditambahkan satu lembar keju, tomat, dan seperempat potong alpukat.


4. Greek Yogurt, granola, madu, dan dua buah stroberi

Jessica menyarankan mengonsumsi greek yogurt setelah berolahraga karena tinggi akan protein.

Granola kalorinya cukup tinggi, dalam 100 gramnya setara dengan 471,3 kalori, jadi gunakan secukupnya. Kalori dalam 100 gram greek yogurt adalah 70 dan stroberi 32,5. Tambahkan madu untuk penambah rasa manis pada yogurt.


5. Susu kedelai dengan telur rebus

Sekotak susu kedelai dan 2 telur rebus merupakan menu diet yang sangat populer karena keduanya rendah kalori dan mencukupi kebutuhan protein serta karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Susu kedelai lebih bagus dibanding susu sapi bagi penderita tekanan darah. Dalam satu kotak susu kedelai, kalorinya dapat berbeda-beda tergantung tempat produksinya. Anda dapat melihat komposisi gizi di balik kemasan sebelum membelinya. []

(Sekar Aqillah Indraswari)


Baca Juga






Berita terkait
Tips Diet Ivan Gunawan, Sukses Turunkan 25 Kg dalam 2 Bulan
Diet yang dilakukan oleh Ivan Gunawan ini hanya dilakukan dengan mengontrol pola makan dan berolahraga di rumah saja. B
Tips Diet Sehat Ala Citra Kirana
Ubah pola hidup dan pola makan, ini yang terpenting.
5 Tips Diet untuk Dapatkan Tubuh Ideal Ala Maria Vania
Mendaptakan tubuh ideal dengan diet sehat butuh perjuangan.
0
Sangat Bervariatif, Ini 5 Menu Diet ala Jessica Jung
Menu diet jangka pendek dari Jessica dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin memulai program diet.