UNTUK INDONESIA
PSM Tampil Menyerang Lawan Tampines Rovers
PSM Makassar akan tampil menyerang saat menghadapi tuan rumah Tampines Rovers di Piala AFC, Rabu 12 Februari 2020.
PSM Makassar akan tampil menyerang saat menghadapi tuan rumah Tampines Rovers di pertandingan Grup H Piala AFC di Stadion Jalan Besar, Singapura, Rabu 12 Februari 2020. Tampak pemain PSM menjalani latihan menjelang laga Piala AFC. (Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Makassar - PSM Makassar akan tampil menyerang saat menghadapi tuan rumah Tampines Rovers di pertandingan Grup H Piala AFC di Stadion Jalan Besar, Singapura, Rabu 12 Februari 2020. Strategi bermain ofensif meski bermain di kandang lawan dengan harapan PSM meraih hasil maksimal di laga perdana ini. 

PSM memiliki modal bagus untuk bermain ofensif. Pada dua play-off melawan Lalenok United FC, ketajaman lini depan PSM bisa diandalkan. Mereka menang 4-1 dan 3-1 sehingga unggul agregat 7-2. Striker Ferdinand Sinaga sukses mengoleksi empat gol di dua laga tersebut.
 
Duet Ferdinand dan striker anyar Giancarlo Rodrigues mampu memenuhi ekspetasi pelatih Bojan Hodak. Terutama Rodrigues yang langsung menyatu dengan tim. Padahal, striker asal Brasil ini baru pertama kali bermain di Indonesia. 

Sama dengan tim ini. Kami punya enam sampai tujuh pemain yang untuk kali pertama bermain bersama di laga sebelumnya

Keyakinan dan kepercayaan diri pemain kian tebal setelah memetik hasil memuaskan di laga uji coba melawan Bhayangkara FC. Mereka sukses menang 1-0 dan ini menjadi modal berharga tim Juku Eja menghadapi rivalnya. 

Tak hanya itu, tim mendapat tambahan pemain baru, Serif Hasic. Gelandang Bosnia-Herzegovina ini akan menggantikan posisi Marc Anthony Klok yang hengkang ke Persija Jakarta.

Hanya, Hodak tetap tak bisa menurunkan skuat terbaik. Kapten Wiljan Pluim dan M. Ardan terpaksa absen setelah mendapat kartu merah di laga terakhir melawan Lalenok United FC.

Menurut Hodak pemain juga masih butuh waktu untuk menyesuaikan diri satu sama lain. Pasalnya PSM melepas banyak pemain tetapi juga mendatangkan beberapa pemain baru. 

"Bahkan di tempat kerja, saat ada empat atau lima pemain baru, Anda akan butuh waktu untuk saling memahami," kata Hodak seperti dikutip Straight Times

"Sama dengan tim ini. Kami punya enam sampai tujuh pemain yang untuk kali pertama bermain bersama di laga sebelumnya. Dan, di pertandingan ini ada ada dua atau tiga pemain baru yang juga baru pertama kali bermain bersama. Jadi kami masih butuh waktu untuk menyesuaikan diri," ujarnya.   

PSM juga dihadapkan dengan kondisi lapangan sintetis yang bisa mempengaruhi performa tim. Berbeda dengan Tampines Rovers yang sudah biasa bermain di lapangan seperti itu berharap memanfaatkannya untuk meraih poin.

Namun Hodak tak ingin kondisi lapangan menjadi masalah bagi juara Piala Indonesia ini untuk meraih poin di kandang lawan. Apalagi dia menilai laga pertama ini sangat penting.

"Saya perkirakan ini akan menjadi pertandinganyang berat. Apalagi, kami sebelumnya tidak pernah bermain maupun berlatih di lapangan sintetis sehingga itu yang kami pikirkan," kata pelatih asal Kroasia ini.

Sedangkan tuan rumah Tampines Rovers akan berusaha mengamankan tiga poin di laga kandang. Ini merupakan laga kedua mereka menghadapi klub Indonesia. Di play-off Liga Champion Asia, mereka disingkirkan Bali United 3-5. 

Laga Tampines Rovers melawan PSM akan diawali dengan mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang mantan pemain Tampines Rovers Shariff Abdul yang meninggal pada Selasa 11 Februari 2020. Mantan bek klub itu meninggal karena serangan jantung. []

Berita terkait
Cegah Corona, PSM Diperlakukan Khusus di Singapura
PSM Makassar mendapat perlakuan khusus saat di Singapura untuk melawan Tampines Rovers di Piala AFC 2020. Ini terkait pencegahan virus Corona.
PSM Makassar Datangkan Pengganti Marc Klok
PSM Makassar kembali menambah satu pemain asing, Serif Hasic yang diharapkan bisa menggantikan posisi Marc Klok yang pindah ke Persija Jakarta.
PSM Adaptasi Lapangan Sintetis Lawan Tampines Rovers
PSM Makassar menjalani latihan di lapangan sintetis sebagai persiapan menghadapi Tampines Rovers di Piala AFC.
0
Gara-Gara Corona, Tarif Listrik Tak Naik 3 Bulan
Kementerian ESDM memutuskan tidak akan menaikan tarif listrik (tariff adjustment) dalam tiga bulan ke depan lantaran virus corona.