UNTUK INDONESIA
Cegah Corona, PSM Diperlakukan Khusus di Singapura
PSM Makassar mendapat perlakuan khusus saat di Singapura untuk melawan Tampines Rovers di Piala AFC 2020. Ini terkait pencegahan virus Corona.
PSM Makassar mendapat perlakuan khusus saat tiba di Singapura untuk melawan Tampines Rovers di Piala AFC 2020. Ini terkait pencegahan virus Corona. PSM menghadapi Tampines Rovers di Stadion Jalan Besar, Rabu 12 Februari 2020. (Foto: PSM Makassar)

Singapura - PSM Makassar mendapat perlakuan khusus saat tiba di Singapura untuk menghadapi Tampines Rovers di pertandingan Piala AFC 2020 di Stadion Jalan Besar, Rabu 12 Februari 2020. Tim mendapat peringatan dari pemerintah Singapura terkait pencegahan virus Corona. 

Singapura melakukan berbagai tindakan untuk mencegah virus Corona yang telah menjadi wabah di China. Mereka yang masuk ke Singapura pun menjalani pemeriksaan secara ketat. 

Tidak ketinggalan tim PSM yang melakoni pertandingan di Grup H Piala AFC melawan Tampines Rovers. Mereka mendapat perlakuan khusus untuk pencegahan dari virus mematikan itu. Perlakuan khusus tidak hanya saat pertandingan tetapi juga sehari sebelumnya saat tim menjalani latihan resmi. 

Jika ditemukan temperatur tubuh 38 derajat ke atas, maka akan diperiksa ulang lima menit kemudian

"PSM mendapatkan perlakuan khusus untuk mencegah penyebaran virus Corona, terutama pada H-1 atau saat latihan resmi dan hari pertandingan. Ini peringatan dari pemerintah Singapura dan diterapkan pada semua pemain maupun ofisial tim," kata Zulaeman Karim, media officer PSM, di Singapura, Selasa 11 Februari 2020. 

Selain mendapat perlakuan, mereka yang tiba harus mengikuti prosedur. Semua memakai masker untuk menutup mulut dan hidung sebagai pencegahan virus Corona.   

Perlakuan khusus diterapkan saat tim memasuki stadion untuk menjalani latihan resmi maupun saat pertandingan. Semua, tanpa ada pengecualian, akan menjalani pemeriksaan temperatur tubuh. Bila temperatur tubuh di atas 38, mereka sudah pasti tidak bisa masuk stadion dan diambil tindakan perawatan.    

"Jika ditemukan temperatur tubuh 38 derajat ke atas, maka akan diperiksa ulang lima menit kemudian," ujar Sule, sapaan akrabnya.

Menurut dia apabila dalam pemeriksaan ulang, temperatur tubuh tetap menunjukkan 38 derajat ke atas, siapa pun secara otomatis akan tertolak memasuki stadion. Mereka akan langsung dikembalikan ke hotel dan kemdian diberikan tindakan khusus.

"Untuk itu disarankan agar pemain dan ofisial mengikuti petunjuk dari tim dokter agar kondisi temperatur tubuh tetap normal yaitu di bawah 38 derajat," kata dia lagi.

PSM tiba di Singapura pada Senin 10 Februari 2020 malam. Tim selanjutnya melakukan latihan resmi sebagai persiapan terakhir menghadapi tuan rumah Tampines Rovers. 

Ini merupakan pertandingan pertama penyisihan grup. PSM lolos ke Piala AFC setelah menyingkirkan Lalenok United FC di babak play-off. Sedangkan Tampines Rovers berkompetisi di Piala AFC setelah tersingkir di play-off Liga Champions Asia. Mereka disingkirkan juara Liga 1, Bali United. []

Berita terkait
PSM Makassar Datangkan Pengganti Marc Klok
PSM Makassar kembali menambah satu pemain asing, Serif Hasic yang diharapkan bisa menggantikan posisi Marc Klok yang pindah ke Persija Jakarta.
PSM Adaptasi Lapangan Sintetis Lawan Tampines Rovers
PSM Makassar menjalani latihan di lapangan sintetis sebagai persiapan menghadapi Tampines Rovers di Piala AFC.
Menang di Uji Coba, Pemanasan PSM di Piala AFC
PSM Makassar menang 1-0 atas Bhayangkara FC di laga uji coba. Laga itu menjadi ajang pemanasan PSM sebelum tampil di Piala AFC.
0
DPO Kasus Curanmor, Pelajar Deli Serdang Ditangkap
Seorang pelajar SMA di Kabupaten Deli Serdang ditangkap setelah 10 bulan menjadi buronan pencurian sepeda motor.