UNTUK INDONESIA
PSM Makassar Tunggu Format Baru Piala AFC
Piala AFC akan berubah format karena digelar di satu negara. PSM Makassar masih menunggu kepastian perubahan format itu dari AFC.
Piala AFC akan berubah format karena digelar di satu negara. PSM Makassar masih menunggu kepastian perubahan format itu. Tampak striker PSM Ferdinand Sinaga saat menghadapi Shan United di Piala AFC. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

Makassar - Piala AFC akan berubah format. Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) akan melanjutkan kompetisi kasta kedua itu dengan format berbeda karena digelar di satu negara di tengah pandemi Covid-19. PSM Makassar masih menunggu kepastian dari format baru di Piala AFC. 

Kompetisi sepak bola antarklub se-Asia tetap terkena dampak Covid-19. Buntutnya tidak hanya Piala AFC tetapi juga Liga Champions Asia pun dihentikan. Namun AFC tetap mengagendakan Piala AFC dan Liga Champions Asia kembali digulirkan kembali. 

AFC, rencananya, menggelar Piala AFC pada Agustus 2020. Namun kompetisi akan mengalami perubahan format dengan meniadakan home and away atau laga kandang dan tandang. Selain itu, Piala AFC diselesaikan di satu negara

Tetapi untuk negara yang akan menjadi tempat pertandingan belum ditetapkan. Jadi kami tunggu surat resmi dari AFC

Menurut Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim format Piala AFC untuk tahun 2020 akan berubah karena digelar di satu tempat. Semua tim akan berada di satu negara untuk menyelesaikan Piala AFC. 

Namun belum ada keterangan resmi dari pihak konfederasi. Dengan demikian, PSM masih menunggu penjelasan resmi dari AFC terkait kompetisi tersebut.

"Jadi sepertinya akan diubah dengan sistem sentralisasi atau digelar di satu negara saja," ujar Sule di Makassar, Selasa, 30 Juni 2020

"Tetapi untuk negara yang akan menjadi tempat pertandingan belum ditetapkan. Jadi kami tunggu surat resmi dari AFC," katanya.

Vietnam Mungkin Jadi Tuan Rumah

Bila ditetapkan di satu negara, kemungkinan besar Vietnam yang akan ditunjuk sebagai tuan rumah. Pasalnya negara itu sudah termasuk zona hijau.

Kompetisi V-League pun telah kembali bergulir sejak 15 Mei 2020. Sebelumnya liga sempat dihentikan akibat imbas Covid-19. Kini kompetisi sudah berjalan lagi. Bahkan, para penonton dan suporter bisa menyaksikan langsung pertandingan sepak bola di stadion.

Baca juga: 

Kiper PSM Selamat dari Banjir Longsor di Jeneponto

PSM Gagal Menang, Pelatih Hodak Tetap Puji Pemain

"Kalau dilihat Vietnam sepertinya paling siap. Tetapi kami tidak bisa meraba-raba sehingga lebuh baik  menunggu surat resmi AFC," ujar dia lagi.

Di Piala AFC zona ASEAN, ada 2 tim Indonesia, PSM dan Bali United yang berlaga. Bali United yang berstatus juara Liga 1 2020 berada di Grup G bersama Ceres Negros (Filipina) Than Quang Nin (Vietnam), dan Svay Rieng (Kamboja).

Sedangkan, PSM bergabung di Grup H bersama Tampines Rovers (Singapura), Kaya FC (Filipina) dan Shan United (Myanmar). []

Berita terkait
Baru Sekali Menang, PSM Yakin Lolos di Piala AFC
PSM Makassar belum berhasil menembus papan atas di klasemen Grup H Piala AFC. Meski demikian PSM optimistis bisa melewati penyisihan grup.
Pemain Asing PSM Senang Liga 1 Bergulir Kembali
Penyerang asing PSM Makassar Giancarlo Lopes Rodrigues senang Liga 1 digulirkan lagi. Dia sudah tak sabar ingin kembali bermain di Indonesia.
Fisik dan Kebugaran Terjaga, Pemain PSM Siap Berlaga
Pemain PSM Makassar mampu menjaga kondisi fisik dan kebugaran dengan latihan di rumah. Mereka dipastikan sudah siap saat liga bergulir lagi.
0
PSM Makassar Tunggu Format Baru Piala AFC
Piala AFC akan berubah format karena digelar di satu negara. PSM Makassar masih menunggu kepastian perubahan format itu dari AFC.