UNTUK INDONESIA
Pemain Asing PSM Senang Liga 1 Bergulir Kembali
Penyerang asing PSM Makassar Giancarlo Lopes Rodrigues senang Liga 1 digulirkan lagi. Dia sudah tak sabar ingin kembali bermain di Indonesia.
Penyerang asing PSM Makassar Giancarlo Lopes Rodrigues (tengah) senang Liga 1 digulirkan lagi. Rodrigues saat bermain di laga uji coba bersama PSM. (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

Makassar - Penyerang asing PSM Makassar Giancarlo Lopes Rodrigues merasa senang menerima kabar kompetisi Liga 1 akan kembali digelar. Pemain asal Brasil ini mengaku sudah tak sabar bermain lagi di Indonesia. 

Rodrigues sempat bertahan di Makassar saat kompetisi dihentikan karena pandemi Covid-19. Namun penyerang yang sudah mengemas 4 gol di liga maupun Piala AFC ini kemudian akhirnya kembali ke negaranya setelah penerbangan Indonesia bisa dibuka. 

Meski demikian, dirinya tetap mengikuti perkembangan sepak bola di Indonesia. Rodrigues juga menunggu kompetisi digulirkan kembali. Pasalnya, dia bersama pemain lain telah lama tak memainkan kulit bundar. Terutama setelah PSSI menghentikan seluruh kompetisi karena Covid-19 sejak pertengahan Maret lalu.

Saat ini saya masih di Brasil. Saya masih menunggu keputusan tim kapan bisa kembali ke Indonesia

Kini, PSSI merencanakan kembali menggulirkan Liga 1 dan Liga 2. Menurut rencana, kompetisi digelar pada September 2020.

"Saya pasti menantikan kompetisi kembali bergulir. Saya sudah tidak sabar untuk bermain lagi. Saat ini saya masih di Brasil. Saya masih menunggu keputusan tim kapan bisa kembali ke Indonesia," kata Rodrigues saat dihubungi dari Makassar, Minggu 29 Juni 2020. 

Saat kompetisi dihentikan, para pemain PSM telah berada di kampung halaman. Sedangkan pemain asing kembali ke negaranya. Namun mereka diharapkan kembali ke Makassar untuk melakoni latihan sebelum kompetisi bergulir pada September nanti.

Selama berada di kampung halaman, Rodrigues menuturkan dia tetap menjalani latihan mandiri. Ini untuk menjaga kebugaran dan memastikan dirinya sudah langsung siap saat kompetisi dimainkan kembali.

"Saya tetap melakukan banyak aktivitas di sini. Olahraga yang utama karena harus menjaga kebugaran. Saya berharap bisa segera bermain," kata dia lagi. 

PSM Bakal Kembali Bermain di Liga dan Piala AFC

Bila kompetisi digulirkan kembali, PSM tentunya disibukkan bukan hanya di Liga 1, tetapi juga melakoni pertandingan di Piala AFC. Pasalnya AFC telah merencanakan kompetisi Asia kembali digelar pada Agustus 2020.

Kendati demikian, manajemen PSM belum memastikan waktu untuk mengumpulkan seluruh pemain. Pelatih juga belum menetapkan kapan tim kembali menjalani latihan.

Baca juga:

Makna Selebrasi Ferdinand Setiap Cetak Gol Bagi PSM

Rodrigues, Istimewanya Gaya Main Striker Anyar PSM

"Belum ada jadwal kapan pemain kembali. Kami juga masih menunggu arahan dari manajemen dan pelatih," kata Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim.

"Kami juga harus mempersiapkan segala sesuatu saat liga bergulir kembali. Kami juga harus menyampaikan bahwa akan ada protokol kesehatan yang diterapkan kalau liga berjalan lagi," tutur dia.

Rodrigues sendiri menjalani debut di Liga 1 setelah direkrut PSM. Meski baru pertama kali bermain, dirinya sudah bisa beradaptasi dengan sepak bola Indonesia. Dirinya telah melakoni pertandingan bersama tim Juku Eja baik di Liga 1 maupun di Piala AFC 2020.

Pelatih Bojan Hodak merekrut striker dengan tinggi 1,95 cm ini untuk mempertajam lini depan PSM Makassar. Menurut Hodak, Rodrigues merupakan pemain yang tidak terpaku di depan. Dia tak berhenti bergerak dan kerap turun untuk menjemput bola. []

Berita terkait
Fisik dan Kebugaran Terjaga, Pemain PSM Siap Berlaga
Pemain PSM Makassar mampu menjaga kondisi fisik dan kebugaran dengan latihan di rumah. Mereka dipastikan sudah siap saat liga bergulir lagi.
Pemain Asing PSM Makassar Kembali ke Kampung Halaman
Para pemain asing PSM Makassar telah kembali ke kampung halamannya. Mereka juga belum kembali ke Makassar karena menunggu kepastian Liga 1.
Pellu dan Pluim, Kolaborasi Tulehu-Belanda di PSM
Gelandang Rizky Pellu dan Willem Jan Pluim ternyata punya kecocokan bermain di PSM Makassar. Ini jadi kolaborasi pemain Tulehu dan Belanda di PSM.
0
Pemain Asing PSM Senang Liga 1 Bergulir Kembali
Penyerang asing PSM Makassar Giancarlo Lopes Rodrigues senang Liga 1 digulirkan lagi. Dia sudah tak sabar ingin kembali bermain di Indonesia.