UNTUK INDONESIA
Obat Alami Ampuh Mengatasi Penyakit Jantung
Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Vito Anggarino Damay mengatakan makanan alami, terutama yang berbau herbal sangat baik untuk jantung.
Ilustrasi Sayuran dan Buah-buahan. (Foto: Pixabay/FotoshopTofs)

Jakarta - Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Vito Anggarino Damay mengatakan bahan makanan alami, terutama yang berbau herbal tentu sangat baik untuk kesehatan jantung. 

"Contohnya kalau kita makan sayuran. Sayuran-sayuran ini bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh kita," kata dr. Vito melalui akun YouTube pribadinya, seperti dikutip Tagar, Rabu, 16 September 2020. 

Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat, seperti daging, sayuran ini bisa menyerapnya. "Kalau Anda makan sayuran, maka sebagian dari kolesterol jahat ini akan terbuang oleh saluran pencernaan dan tentunya gak sebanyak kalau Anda makan daging saja. Ini salah satu cara untuk meminimalisir kemungkinan kolesterol jahat yang terlalu tinggi ketika Anda makan daging," ujar dokter yang berkelahiran di Kupang, Nusa Tenggara Timur itu. 

Sayuran dan buah-buahan ini memang ada manfaat langsung untuk bisa membuat kita terhindar dari serangan jantung.

Selain mampu menyerap kolesterol jahat, sayuran juga memiliki kandungan serat yang pastinya sangat baik untuk sistem pencernaan. "Sayuran ini membuat Anda kenyang lebih lama. Apalagi kalau Anda tambah dengan buah-buahan. Buah-buahan ini memberikan rasa manis, rasa puas di otak kita sehingga kita gak makan berlebihan. Ini membantu kita supaya tidak kelebihan berat badan," ucap dr. Vito. 

Dokter yang lahir pada 24 Juli 1984 ini menuturkan seseorang yang kelebihan berat badan akan berisiko terkena serangan jantung dan stroke di kemudian hari. 

"Jadi penting sekali kalau kita lihat bahwa sayuran dan buah-buahan ini memang ada manfaat langsung untuk bisa membuat kita terhindar dari serangan jantung dan ini adalah bahan makanan yang alami dan silakan Anda konsumsi," tutur dia.

Ingat, ketika Anda mengolah sayuran dan buah-buahan menjadi jus atau sejenisnya, pastikan hindari menambahkan pemanis buatan atau susu kental manis. "Itu malah tambah risiko diabetes jadinya. Karena itu makanlah dengan alami saja," ucap dr. Vito. 

Dokter Vito menyampaikan bahan herbal seperti jahe, kunyit, temulawak, dan sebagainya juga bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung. 

"Kalau Anda minum obat jantung, tapi  juga ingin minum jahe dan lain-lain boleh saja. Pisahkan jaraknya 2 jam kalau Anda minum obat jantung tertentu dan juga Anda meminum jahe. Tapi kalau Anda makan makanan alami seperti buah-buahan dan sayuran boleh aja Anda campur dengan obat-obatan, malah lebih sehat," katanya. 

Makanan dan herbal-herbal alami ini memang tanpa disadari sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung sedari awal bahkan sebelum penyakit itu menggerogoti tubuh. 

"Itu harusnya sudah Anda konsumsi, bahkan sebelum sakit jantung pun Anda bisa konsumsi itu. Sejak muda pun Anda sudah boleh makan sayuran dan buah-buahan juga minum jahe. Lebih baik kita mencegah dari pada harus mengobati. Sehat itu sebenarnya gak mahal, kalau sakit pasti lebih mahal," tutur dr. Vito. [] 

Baca juga:

Berita terkait
Makanan yang Berkhasiat Menghilangkan Sakit Kepala
Sakit kepala tentu menjadi suatu masalah yang mengganggu. Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan tertentu yang bisa menghilangkan sakit kepala.
Makanan Sehat untuk Penderita Hipertiroid
Selain takikardia, aktris Jessica Iskandar dikabarkan juga menderita hipertiroid. Berikut makanan sehat yang cocok untuk dikonsumsi.
Makanan Sehat untuk Orang Tua Usia 50 Tahun ke Atas
Masa pandemi Corona, orang tua yang sudah menginjak usia 50 tahun ke atas perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi.
0
Obat Alami Ampuh Mengatasi Penyakit Jantung
Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Vito Anggarino Damay mengatakan makanan alami, terutama yang berbau herbal sangat baik untuk jantung.