UNTUK INDONESIA
Makanan Sehat untuk Penderita Hipertiroid
Selain takikardia, aktris Jessica Iskandar dikabarkan juga menderita hipertiroid. Berikut makanan sehat yang cocok untuk dikonsumsi.
Minyak Zaitun. (Foto: Pixabay/stevepb)

Jakarta - Belum lama ini publik dikejutkan dengan kabar penyakit Takikardia yang diderita aktris ternama Jessica Iskandar. Selain penyakit tersebut, ternyata ibu dari El Barack Alexander ini juga menderita hipertiroid. Siapa saja yang mengalami masalah kesehatan ini, mereka sudah harus mengatur asupan makanan sehat yang cocok untuk dikonsumsi.

Hipertiroid sendiri selalu menunjukkan tanda-tanda yang bisa dirasakan seperti kelenjar tiroid membesar, jantung berdebar tidak normal, hingga gangguan kesehatan lainnya. Sehingga mereka yang mengalami penyakit ini harus mengetahui makanan apa saja yang boleh dikonsumsi agar hipertiroid tidak semakin parah. 

Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai makanan yang cocok dikonsumsi penderita hipertiroid. 

1. Makanan Rendah Yodium 

Ilustrasi Putih TelurIlustrasi Putih Telur. (Foto: surabayapagi.com)

Makanan beryodium rendah tentu dapat mengurangi produksi hormon tiroid yang terlihat aktif. Jenis makanan tersebut antara lain:

  • Putih telur
  • Madu
  • Roti yang dibuat tanpa garam, susu, dan telur
  • Garam non-yodium
  • Buah segar
  • Kentang

2. Lemak Sehat

Minyak ZaitunMinyak Zaitun. (Foto: Pixabay/stevepb)

Pastikan makanan yang Anda konsumsi harus mengandung lemak sehat atau lemak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, dan sebagainya. Lemak sehat atau lemak nabati ini sangat berkhasiat melindungi kesehatan tiroid dan menyeimbangkan hormon tiroid. 

3. Jenis Vitamin dan Mineral Tertentu

Ilustrasi Kacang-kacanganIlustrasi Kacang-kacangan. (Foto: Pixabay/arielnunezg)

Ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang bisa membantu melindungi kesehatan tiroid dan menyeimbangkan produksi hormon tiroid. Vitamin dan mineral yang dimaksud antara lain:

  • Zat besi: Daging merah, kacang-kacangan, biji-bijian, ayam kalkun
  • Seng: Kacang mete, jamur, buncis, daging domba, bubuk kakao, dan sebagainya
  • Kalsium dan Vitamin D: susu almond, sereal kaya kalsium, kubis, bayam, okra
  • Selenium: Jamur, biji bunga matahari, daging sapi dan domba, serta kacang Brazil

4. Rempah-rempah

KunyitTujuh Bahan Alami Cocok Bersihkan Miss V. (Foto: theasianparent)

Kunyit dan lada hitam sangat baik untuk Anda yang menderita hipertiroid. Sebab, rempah-rempah tersebut memiliki sifat anti-inflamasi yang berperan untuk menjaga, melindungi dan menyeimbangkan fungsi tiroid. 

Bagi Anda yang mengidap penyakit ini juga harus mengetahui makanan yang tidak boleh dikonsumsi sehari-hari. Berikut makanan yang harus dihindari, yaitu:

- Kafein

Ilustrasi KopiIlustrasi-Kopi

Minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi, tidak boleh dikonsumsi penderita hipertiroid. Sebab, bahan aktif yang ada pada kedua minuman itu berfungsi sebagai stimulan. Hal ini justru dapat meningkatkan kinerja kelenjar tiroid dan akibatnya pengidap penyakit ini akan mengalami penurunan kondisi kesehatan. 

- Makanan Mengandung Yodium Tinggi

Ilustrasi GaramIlustrasi Garam. (Foto: Pixabay.com/onefox)

Yodium mampu mempercepat sistem kerja kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroksin. Sehingga, makanan tinggi yodium ini harus dihindari bila Anda tidak ingin memperburuk kondisi kesehatan. 

- Produk Olahan Susu

Ilustrasi MentegaIlustrasi Mentega. (Foto: Pixabay/rodeopix)

Produk olahan susu tidak boleh dikonsumsi mereka yang menderita penyakit hipertiroid. Ini karena beberapa penelitian menyebutkan susu dan produk olahannya mengandung penisilin yang dapat mengganggu keseimbangan hormon tiroid dalam tubuh. 

- Gorengan

Ilustrasi GorenganIlustrasi Gorengan. (Foto: mynameisridwan.wordpress.com)

Kalori dalam gorengan sangat banyak. Begitu juga dengan kandungan minyak pada gorengan sebagai sumber kolesterol yang sangat tinggi, sehingga dapat memicu seseorang terkena hipertiroid. Lemak jenuh atau tidak sehat pada camilan ringan ini juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi Anda yang telah mengidap penyakit ini sudah harus meninggalkan makanan tersebut. 

Inilah sejumlah makanan yang harus Anda perhatikan agar tidak memperburuk hipertiroid yang dialami. Pastikan mulai sekarang menjauhi makanan yang dilarang dan konsumsilah makanan sehat yang telah disarankan agar kesehatan Anda tetap terjaga. []

Baca juga:

Berita terkait
Makanan Sehat Ampuh Bikin Wajah Awet muda
Makanan sehat seperti buah dan sayuran dipercaya mampu membuat wajah awet muda. Berikut jenis makanan sehat yang sangat ampuh membuat awet muda.
6 Makanan Sehat Peningkat Kekebalan Tubuh Lansia
Biasanya lansia, sistem kekebalan tubuhnya akan mulai mengalami penurunan, sehingga rentan terserang penyakit. Ini makanan yang harus dikonsumsi.
Makanan Sehat untuk Orang Tua Usia 50 Tahun ke Atas
Masa pandemi Corona, orang tua yang sudah menginjak usia 50 tahun ke atas perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi.
0
Soal Survey Indikator, DPR: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah
Anis menegaskan bahwa ketidakberhasilan pemerintah mencapai target-target ekonominya menjadi catatan tidak baik terhadap kinerja pemerintah.