4 Penyebab Fibromyalgia yang Perlu Anda Ketahui

Rasa sakit terasa di berbagai otot dan jaringan lunak lain di sekitar tubuh Anda.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Fibromyalgia adalah gangguan dengan rasa nyeri muskuloskeletal yang meluas disertai dengan kelelahan, tidur, memori dan masalah suasana hati. Rasa sakit adalah ciri khas gejala fibromyalgia. Anda akan merasakannya di berbagai otot dan jaringan lunak lain di sekitar tubuh Anda. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 4 penyebab fibromyalgia.


1. Infeksi

Penyakit masa lalu dapat memicu fibromyalgia atau memperburuk gejalanya. Flu, pneumonia, infeksi saluran cerna, seperti yang disebabkan oleh bakteri Salmonella dan Shigella, dan virus Epstein-Barr, semuanya mungkin terkait dengan fibromyalgia.


2. Gen

Fibromyalgia sering terjadi karena kuturunan dalam keluarga. Jika Anda memiliki anggota keluarga dengan kondisi ini, Anda berisiko lebih tinggi untuk mengembangkannya. Para peneliti berpikir mutasi gen tertentu mungkin berperan. Mereka telah mengidentifikasi beberapa kemungkinan gen yang memengaruhi transmisi sinyal nyeri kimiawi di antara sel-sel saraf.


3. Trauma

Orang yang mengalami trauma fisik atau emosional yang parah dapat mengembangkan fibromyalgia. Kondisi tersebut telah dikaitkan dengan gangguan stres pasca-trauma.


4. Stress

Seperti halnya trauma, stres dapat meninggalkan efek jangka panjang pada tubuh Anda. Stres telah dikaitkan dengan perubahan hormonal yang dapat berkontribusi pada fibromyalgia. Satu teori mengatakan bahwa otak menurunkan ambang rasa sakit. Sensasi yang tidak menyakitkan sebelumnya menjadi sangat menyakitkan seiring waktu. []

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga

 Manfaat Lari Sore bagi Kesehatan Tubuh 

 7 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan 

 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh 

 5 Manfaat Kesehatan yang Didapatkan Setelah Berhenti Merokok 


Berita terkait
Cara Tepat Cegah Penyakit Jantung Lemah atau Kardiomiopati
Berikut ini adalah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung lemah.
6 Buah Ini Dapat Melawan Penyakit Stroke Jika di Konsumsi
Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral antioksidan. Ketiganya melindungi Anda dari beragam faktor penyebab stroke dengan melawan radikal bebas.
Beberapa Penyakit Ringan yang Dapat Ditangani Saat Diet
ola makan sehat yang diterapkan saat diet sangat bermanfaat untuk menyembuhkan tubuh dari berbagai penyakit.
0
4 Penyebab Fibromyalgia yang Perlu Anda Ketahui
Rasa sakit terasa di berbagai otot dan jaringan lunak lain di sekitar tubuh Anda.