UNTUK INDONESIA
Makanan yang Ampuh Menghentikan Kebiasaan Merokok
Memang sangat sulit untuk berhenti merokok secara cepat. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok tersebut.
Ilustrasi Popcorn. (Foto: Pixabay/stevepb)

Jakarta - Memang sangat sulit untuk berhenti merokok secara cepat. Biasanya mereka yang terbiasa merokok pasti akan mudah stres, jika harus berhenti dari kebiasaannya itu. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kebiasaan atau kecanduan rokok yaitu mengatur pola makan. 

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal Tobacco Induced Diseases tahun 2017, mengatur pola makan ini bisa menjadi salah satu langkah untuk mewujudkan kebiasaan tidak merokok. 

Berikut Tagar lansir dari hellosehat mengenai makanan yang ampuh mengurangi kebiasaan atau kecanduan rokok. 

1. Sayuran dan Buah-buahan

Buah dan SayuranBuah dan Sayuran. (Foto: respectfood.com)

Sayuran dan buah yang Anda suka bisa dikonsumsi setiap harinya. Anda bisa makan buah apel, pir, jeruk, pisang, dan sebagainya yang banyak mengandung serat, antioksidan, dan vitamin. 

Dari berbagai penelitian yang dimuat dalam jurnal Nicotine dan Tobacco Research tahun 2013 menyebutkan mantan perokok yang mengonsumsi buah dan sayuran akan lebih cepat terlepas dari kebiasaan merokok. 

Bila Anda rutin mengonsumsi sayuran dan buah tentu bisa memulihkan sensitivitas lidah. Sehingga, Anda tidak lagi berusaha mencari rokok saat dalam kondisi stres. 

2. Kacang

Ilustrasi Kacang-kacanganIlustrasi Kacang-kacangan. (Foto: Pixabay/arielnunezg)

Jika Anda berhasil menghilangkan kebiasaan merokok, pastinya keinginan makan akan bertambah dan akibatnya berat badan meningkat. Sehingga, Anda lebih cenderung ngemil makanan yang tidak sehat.

Memang Anda tidak dilarang untuk ngemil makanan. Tetapi jangan sampai makanan yang dikonsumsi tidak sehat. Bijaklah memilih makanan untuk bisa mengurangi kebiasaan merokok itu. Kacang bisa menjadi camilan agar Anda bisa terlepas dari rokok. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine tahun 2015 mengatakan seseorang yang konsumsi makanan mengandung tinggi serat akan mengalami penurunan berat badan sebanyak 2,5 kg setiap bulannya. Makanan tinggi serat itu seperti kacang, oatmeal, brokoli, dan jenis buah beri lainnya. 

3. Susu

Ilustrasi SusuIlustrasi Susu. (Foto: Pixabay/cuidandotudiabetes)

Susu bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin menghentikan kebiasaan merokok. Ambil segelas susu saja jika keinginan merokok muncul secara mendadak. 

Dalam sejumlah penelitian menyebutkan seseorang yang punya niat berhenti merokok harus menikmati makanan yang bisa membuat lidahnya enak. Susu dapat menghilangkan rasa pahit di lidah akibat merokok. 

4. Popcorn

PopcornIlustrasi Popcorn. (Foto: Pixabay/stevepb)

Makanan ini bisa menjadi pilihan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Popcorn juga mampu membuat perut kenyang sehingga Anda tidak perlu takut dengan berat badan bertambah. 

Ingat, Anda jangan menambahkan gula atau garam dan mentega ke dalam popcorn. Cukup menggantinya dengan minyak zaitun atau keju permesan saja untuk menambah rasa dan membuat popcorn lebih gurih. 

Inilah sejumlah makanan yang berkhasiat dan ampuh untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok. Anda bisa mengonsumsi makanan ini jika hasrat merokok muncul kembali. []

Baca juga:

Berita terkait
Zat Berbahaya Rokok Sebabkan Kanker Paru
Sebatang rokok terdapat 250 zat beracun dan 70 zat yang bersifat karsinogenik yang berasal dari tembakau.
Hindari Merokok dan Lima Cara Cegah Kerutan Wajah
Kerutan atau keriput di wajah menjadi persoalan bagi kebanyakan orang, jangan khawatir berikut cara pencegahannya.
Deretan Manfaat Mentimun untuk Berhenti Merokok
Meski demikian, tidak ada salahnya mencoba untuk meninggalkan kebiasaan itu dengan mengonsumsi buah mentimun.
0
Makanan yang Ampuh Menghentikan Kebiasaan Merokok
Memang sangat sulit untuk berhenti merokok secara cepat. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok tersebut.