UNTUK INDONESIA
Makanan yang Berkhasiat Menghilangkan Sakit Kepala
Sakit kepala tentu menjadi suatu masalah yang mengganggu. Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan tertentu yang bisa menghilangkan sakit kepala.
Ilustrasi Sakit Kepala. (Foto: krjogja.com)

Jakarta - Sakit kepala menjadi masalah yang kerap dialami setiap orang. Mengatasi penyakit ini bukan hanya dengan mengonsumsi obat saja, tetapi juga bisa melalui makanan yang fungsinya ampuh meredakan hingga menghilangkan sakit kepala. 

Sakit kepala yang menyerang tak boleh dianggap remeh karena masalah ini mampu mengganggu aktivitas Anda. Sehingga, adanya makanan yang bisa meredakan sakit kepala, tentu masalah ini bisa cepat teratasi.

Dilansir dari laman Times of India, berikut Tagar ulas mengenai makanan ampuh untuk meredakan sakit kepala.

1. Roti Gandum Panggang

Roti GandumRoti Gandum. (Foto: Pixabay/manfredrichter)

Kurangnya asupan karbohidrat nyatanya bisa menimbulkan sakit kepala. Sebab, kondisi ini bisa memicu terjadinya penipisan glikogen atau sumber energi utama otak di dalam tubuh.

Jika Anda ingin meredakan sakit kepala tersebut, roti gandum panggang bisa dijadikan solusinya karena makanan ini mengandung karbohidrat sehat.

2. Jahe

JaheIlustrasi Jahe. (Foto: Pixabay/jmexclusives)

Jahe memang dikenal efektif dalam meredakan berbagai masalah kesehatan. Bumbu dapur ini mampu mencegah prostaglandin (neurotransmitter yang memicu peradangan) dan bisa meredakan sakit kepala, serta migrain. Selain dapat mengobati sakit kepala, jahe juga ampuh meredakan flu dan rasa mual.

3. Semangka

SemangkaIlustrasi Semangka. (Foto: snaped.fns.usda.gov)

Sakit kepala bisa disebabkan oleh dehidrasi. Solusinya, Anda bisa mengonsumsi air putih atau makanan yang kaya akan kandungan air agar sakit kepala bisa hilang.

Semangka tentu bisa dijadikan pilihan karena di dalamnya mengandung 92 persen air yang bisa mengembalikan cairan tubuh. Buah yang berbentuk bulat ini juga mengandung berbagai nutrisi seperti kalium dan magnesium yang bermanfaat meredakan sakit kepala.

4. Bayam

BayamIlustrasi Bayam. (Foto: Pixabay/Showmeyourflowers)

Sayuran hijau seperti bayam atau kangkung juga mampu mengatasi sakit kepala. Ini karena di dalam makanan sehat tersebut terdapat magnesium yang tinggi, sehingga dengan nutrisi tersebut Anda bisa segera mengatasi sakit kepala.

Satu cangkir bayam diketahui mengandung 24 miligram magnesium. Bahkan, penelitian membuktikan asupan magnesium secara teratur bisa mengurangi migrain hingga 41,2 persen.

5. Yogurt

YogurtYogurt bahan alami pembersih wajah. (Foto: petcentral.chewy.com)

Yogurt kaya akan kandungan riboflavin yang tinggi, ini merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang ampuh meredakan sakit kepala. Selain itu, yogurt juga dikenal baik untuk menjaga kesehatan usus.

Nah, itulah beberapa makanan yang ampuh untuk meredakan sakit kepala. Jadi ketika Anda mengalami penyakit ini, sebaiknya konsumsilah makanan tersebut. Dengan begitu, sakit kepala ini bisa segera diatasi dan aktivitas Anda bisa berjalan lancar tanpa terkendala. 

Baca Juga:

Berita terkait
Mengenal Ciri-ciri Usus Mengalami Masalah Kesehatan
Menjaga kesehatan usus sangatlah penting karena organ tubuh ini memiliki pengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Berikut ciri usus bermasalah.
Fakta atau Mitos Mandi Malam Membuat Rematik
Banyak orang yang belum memahami apakah mandi malam hari bisa menyebabkan timbulnya penyakit rematik atau tidak. Berikut penjelasannya.
Mengenal Tanda-tanda Kadar Gula Darah Tinggi
Kadar gula darah tinggi tentu berbahaya untuk kesehatan karena bisa memicu terjadinya penyakit diabetes. Berikut tanda-tanda kadar gula meningkat.
0
Penjelasan Bawaslu Bantul Terkait Tugas Kopja di Pilkada
Bawaslu Kabupaten Bantul menyelenggarakan Penandatanganan Pakta Integeritas Komitmen Mematuhi Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak 2020.