Nataru, Pemkab Tangerang Gelar Rapat Antisipasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Tangerang antisipasi penyebaran Covid-19 menjelang Natal dan Tahun baru 2021 dan adakan rapat koordinasi.
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam Rapat koordinasi antisipasi penyebaran Covid-19 jelang Natal dan Tahun Baru. (Foto: Tagar/Dok. Kabupaten Tangerang)

Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar rapat koordinasi guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 menjelang Natal dan Tahun baru 2021. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Ruang Rapat Cituis lantai 5 gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang pada Selasa, 22 Desember 2020.

Rapat yang dihadiri oleh seluruh Rumah Sakit Daerah dan Swasta, Puskesmas se-Kabupaten Tangerang dan juga Camat se-Kabupaten Tangerang, digelar secara virtual sebagai upaya Pemkab Tangerang untuk mengantisipasi adanya penyebaran dan lonjakan penyebaran Covid-19 menjelang dan pasca Natal dan Tahun Baru.

Bupati Zaki mengatakan langkah-langkah yang dikeluarkan Pemkab. Tangerang dalam antisipasi penyebaran Covid-19 yaitu masyakarat diharap tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan, tidak mengadakan kegiatan rapat atau kegiatan lain yang menimbulkan kerumunan lebih dari 30 orang, dan menunda pelonggaran terhadap beberapa usaha pariwisata dikarenakan kondisi kasus Covid-19 masih tinggi.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan liburan ke wilayah yang tingkat penyebaran Covid-19 nya tinggi dan mengutamakan untuk tidak mudik saat libur Natal dan Tahun Baru nanti.

"Ruang perawatan Rumah Sakit semuanya dalam kondisi sudah hampir penuh jadi direktur Rumah Sakit juga Kepala Puskesmas ini tentu saja menjadi perhatian kita semua, apabila ditemukan pasien Covid-19 yang memiliki gejala dan juga penyakit bawaan yang membutuhkan rumah sakit ini wajib memiliki database, sekarang ini tentu saja dalam kondisi antrian," ungkapnya.

Menurutnya, sudah menjadi tugas dan kewajiban para Camat dan Kepala Puskesmas apabila masyarakat yang isolasi mandiri untuk secara reguler dipantau dan juga dirawat, baik dirumahnya masing-masing maupun yang dirawat itu diharapkan sesegera mungkin bisa sembuh ataupun bisa kembali negatif seperti sedia kala.

Mengenai langkah pada saat Natal maupun Tahun Baru, Pemerintah Daerah sudah mengeluarkan Peraturan Bupati mengenai pelaksanaan natal yang ada di Kab. Tangerang dan pelarangan pelaksanaan perayaan tahun baru di Kabupaten Tangerang dalam bentuk apapun.

"Agar diinformasikan dan disosialisasikan kepada masyarakat tidak ada perayaan tahun baru dalam bentuk apapun, apalagi di tempat umum, agar nanti kita benar-benar bisa mereduksi dan juga menekan angka penyebaran kemudian yang pertama terus kita sosialisasikan dalam setiap kegiatan maupun aktivitas yang menyangkut kegiatan masyarakat," ucapnya.

Bupati Tangerang juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh tenaga medis yang ada di Kabupaten Tangerang termasuk para pendukung tenaga medis, dan juga Bapak Ibu Camat agar terus memberikan laporan terhadap perkembangan penyebaran dikawasannya masing-masing Kecamatan.

Baca juga:

Dalam kesempatan yang bersamaan, Hery Haryanto selaku Ketua Satgas Covid-19 Kab. Tangerang mengatakan berapa bulan ini Kab. Tangerang Zona Orange. 

Mengetahui bahwa besok lusa akan ada libur panjang (Nataru) Natal dan Tahun Baru, pemerintah mencoba melakukan pencegahan dan mengantisipasi hal itu melihat dari pengalaman libur tahun yang lalu terdapat lonjakan yang cukup tinggi terhadap peningkatan kasus.

"Karena itu hari ini kita adakan evaluasi secara keseluruhan, dan juga kapasitas dari Rumah Sakit dan Hotel Singgah Yasmin dan program yang akan kita siapkan untuk merespon liburan panjang Natal dan tahun baru," Katanya. []

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Pemkab Tangerang Umumkan Jumlah Paket Tender
Pemerintah Kabupaten Tangerang mengumumkan jumlah paket tender. Tahun 2020 mengalami penurunan sebagai imbas dari pandemi covid.
Pemkab Tangerang Sediakan Makam Gratis Pasien Corona
Dinas Perumahan Pemukiman dan Pemakaman Pemkab Tangerang mengatakan sudah menyiapkan lahan pemakaman khusus untuk pasien Corona atau Covid-19.
Pemkab Tangerang Razia Tempat Hiburan Dadap Kosambi
Pemerintah Kabupaten Tangerang terus melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid 19 dengan merazia tempat hiburan Dadap Kosambi.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.