Pemkab Tangerang Sediakan Makam Gratis Pasien Corona

Dinas Perumahan Pemukiman dan Pemakaman Pemkab Tangerang mengatakan sudah menyiapkan lahan pemakaman khusus untuk pasien Corona atau Covid-19.
Pelaksana Pemakaman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang Ajat Sudrajat. (Foto: dok. Ajat Sudrajat)

Tangerang - Pelaksana Dinas Perumahan Pemukiman dan Pemakaman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang Ajat Sudrajat didampingi Ayi Nandang Taruna mengatakan sudah menyiapkan lahan pemakaman seluas 800 meter persegi di daerah Buniayu, Kecamatan Sukamulya untuk menindaklanjuti mewabahnya virus Corona atau Covid-19.

Lahan pemakaman khusus ini berada paling pojok dari makam-makam yang ada di area pemakaman.

"Pihak pemakaman sudah mengajukan lahan pemakaman khusus untuk warga Kabupaten Tangerang yang terkena Covid-19. Lahan yang disediakan saat ini sekitar 800 meter persegi dari total luas lahan 40 hektare. Berada paling pojok dari makam-makam yang ada di area pemakaman," ucap Ajat kepada Tagar, Minggu, 5 April 2020

Pemerintahan Kabupaten Tangerang, kata Ajat, menyediakan lahan pemakaman khusus jenazah pasien Covid-19 dan diberikan secara gratis.

"Pihak rumah sakit telah melaksakan sterilisasi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) melalui pemulasaraan atau merawat dan mengurus. Selain itu, jenazah dimasukkan ke dalam peti oleh pihak rumah sakit," ujar dia.

Menurut Ajat, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) bisa memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat bahwa tidak ada dampak negatif yang ditimbulkan akibat pemakaman jenazah pasien Covid-19.

Kasi Pemakaman Haji M Rafiuddin mengatakan, semoga pihak Muspika dapat bekerjasama untuk kepentingan masyarakat agar berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan.

"Dinas Perumahan Pemukiman dan Pemakaman sangat membutuhkan penggali yang profesional untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19. Semoga apa yang kita harapkan semua ini dapat berjalan dengan lancar," ucap Rafiuddin.

Kepala Gugus Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tangerang Hery Heryanto mengapresiasi ketanggapan Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pemakaman Iwan Firmansyah dan Kepala Bidang Pemakaman dan Pertanahan Dadan Darmawan telah menyediakan lahan khusus korban Covid-19.

"Terima kasih juga buat Camat Sukamulya dan jajarannya, Kepala Desa Buniayu, dan seluruh warga sekitar yang akhirnya memahami jenazah Covid-19 tidak akan menularkan virus, karena telah disterilkan," tutur Hery Heryanto. []

Berita terkait
Dualisme Karang Taruna Kabupaten Tangerang
Dualisme Karang Taruna Provinsi Banten berujung pada kegaduhan di tingkat Kabupaten Tangerang.
0
DPR: Bukan Salah Pemerintah Jika Pemberangkatan Haji 2021 Batal
DPR menilai, bila tahun ini pemberangkatan jemaah haji kembali batal seperti tahun lalu, bukan menjadi kesalahan pemerintah Indonesia.