5 Obat Alami yang Manjur Sembuhkan Nyeri Tenggorokan

Cara mengobati radang tenggorokan tak selalu dengan obat kimia, melainkan bahan alami juga bisa.
Ilustrasi - (Foto: Tagar/Halodoc)

Jakarta - Masa pendemi membuat imunutas tubuh mengalami naik dan turun pada setiap orang. Imunitas yang rendah sangat renta terjangkit paparan virus Covid-19. Salah satu yang menjadi gelaja Covid-19 adalah radang tenggorokan atau nyeri tenggorakan. 

Maka, kita sangat perlu menjaga kesehatan agar terhindar dari papara virus yang mengerikan ini. Cara mengobati radang tenggorokan tak selalu dengan obat kimia, melainkan bahan alami juga bisa.


Berikut adalah obat radang tenggorokan alami yang telah dirangkum dari berbergai sumber.


1. Campuran lemon dan madu

Campuran lemon dan madu bisa menjadi alternatif penawar tenggorokan yang sangat baik. Asupan ini menjadi Obat yang bagus untuk tenggorokan yang sedang meradang, sehingga sakit tenggorokan Anda akan segera terasa lebih baik karena peradangan berkurang.


2. Jahe dan teh madu

Ini merupakan cara luar biasa untuk menenangkan tenggorokan yang radang karena secangkir teh jahe dan madu yang hangat adalah cara bagus untuk membantu tenggorokan Anda lebih baik.


3. Air Garam

Berkumur air garam hangat dapat membantu meredakan tenggorokan yang sakit sekaligus membunuh bakteri di tenggorokan. Buat larutan air garam dengan setengah sendok teh garam dan segelas penuh air hangat, lakukan setiap tiga jam atau lebih.


4. Pisang

Buah ini tidak memiliki rasa asam, lunak dan lembut di tenggorokan Anda. Pisang Sangat mudah untuk ditelan, terutama ketika Anda sakit tenggorokan. Buah pisang juga kaya akan vitamin, B6, kalium, dan tentu saja, vitamin C.


5. Sup ayam

Ini bisa dibilang sebagai obat kuno untuk melawan sakit tenggorokan, karena semangkuk sup ayam mengalahkan dan membatasi virus yang bersentuhan dengan selaput lendir. 

Buat sup ayam Anda penuh dengan sayuran seperti wortel yang kaya nutrisi, bawang, seledri, lobak, ubi dan bawang putih, yang semuanya dikenal karena manfaat nutrisi dan kekuatan penyembuhannya.

Baca Juga: Penyebab Kanker Tenggorokan, Penyakit Diderita Eddie Van Halen

Berita terkait
Cara Alami Mengobati Gejala Radang Tenggorokan Anak
Radang tenggorokan merupakan kondisi saat bagian belakang tenggorokan (faring) mengalami peradangan. Kondisi ini sering menyerang anak.
Mengatasi Gejala Radang Tenggorokan Anak
Radang tenggorokan salah satu permasalahan yang kadang mengganggu kesehatan pada anak. Berikut gejalanya.
Waspada Sakit Tenggorokan, Tangan dan Kaki Bisa Diamputasi
Hal itu dialami pria Australia setelah tenggorokannya sakit sehabis berlibur di Filipina.
0
5 Obat Alami yang Manjur Sembuhkan Nyeri Tenggorokan
Cara mengobati radang tenggorokan tak selalu dengan obat kimia, melainkan bahan alami juga bisa.