Nasi Liwet Sunda, Sajian Gurih yang Menyatukan Keluarga

Nasi liwet Sunda punya sejarah unik di balik kemunculannya, yaitu berawal dari keinginan para petani untuk membawa bekal yang praktis dan mudah.
Ilustrasi - Nasi Liwet. (Foto: Tagar/Selerasa)

Jakarta - Acara makan bersama dengan menu nasi liwet tengah tren. Acara kumpul teman atau keluarga jadi makin seru kalau sambil mengerubungi nasi liwet beserta lauk pauknya. Nasi liwet sebenarnya tak hanya ada di budaya Sunda. Nasi gurih lezat ini juga ada dalam ranah kuliner Solo. Bedanya, nasi liwet Solo disajikan bersama kuah santan, sedangkan liwet Sunda cenderung tak berkuah. Meskipun demikian, keduanya sama lezatnya.

Nasi liwet Sunda punya sejarah unik di balik kemunculannya. Sajian nasi satu ini berawal dari keinginan para petani untuk membawa bekal praktis saat bertani atau berladang. Agar hemat, mereka mencampur nasi dengan lauk pauk sederhana. Mereka lalu ngaliwet (membuat nasi liwet) dengan cara memasak nasi bersama bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, serai, dau salam, cabai, dan santan dalam panci khusus liwet atau yang disebut kastrol.

Setelah masak, nasi tersebut langsung dibawa ke ladang dalam wadah kastrol tertutup rapat. Tujuannya, agar nasi tetap hangat saat dimakan. Selain itu, jika mereka ingin menghangatkan, cukup dengan menaruh kastrol di atas api. Bisa dikatakan, hidangan ini sebenarnya hidangan rakyat yang kemudian naik kelas jadi sajian yang digemari semua kalangan.

Sekarang, nasi liwet Sunda disajikan dengan tambahan petai dan teri Medan yang bikin masakan ini semakin gurih dan menggoda. Ditambah sambal dan lalapan, makin menggila sedapnya. Hayuk, ngaliwet! []


Baca juga


Berita terkait
Rekomendasi 10 Makanan Khas Sunda yang Terkenal
Jika Anda sedang berkunjung ke Sunda Jawa Barat, Anda harus mencicipi kelezatan makanan khas Sunda yang identik dengan cita rasa yang manis.
Jasa Antar Makanan Dabbawala di Mumbai Terancam Gulung Tikar
Bisnis antar makan, dabbawala, siang yang terkenal di ibu kota keuangan India, Mumbai, menghadapi krisis akibat lockdown
Mengenal Jenis Makanan yang Dapat Cegah Uban pada Usia Muda
Tumbuhnya uban di rambut membuat Anda tampak tua meski Anda masih Muda sejumlah makanan dapat mencegahnya agar rambut tetap hitam pada usia senja.
0
Nasi Liwet Sunda, Sajian Gurih yang Menyatukan Keluarga
Nasi liwet Sunda punya sejarah unik di balik kemunculannya, yaitu berawal dari keinginan para petani untuk membawa bekal yang praktis dan mudah.