UNTUK INDONESIA
Manfaat Vitamin D di Tengah Pandemi Corona
Di tengah pandemi Corona saat ini, vitamin D harus terpenuhi di dalam tubuh. Sebab, nutrisi ini mampu meningkatkan imun untuk menghindari penyakit.
Ilustrasi Vitamin D. (Foto: https: ayojakarta.com)

Jakarta - Konsumsi vitamin D di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 saat ini sangatlah penting. Ini karena kandungan nutrisi tersebut berperan dalam memodulasi respons imun, sehingga dapat mencegah infeksi terutama pada saluran napas. 

Melalui akun Instagram resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menyebutkan nutrisi ini salah satu vitamin larut lemak yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan.

Vitamin D juga berfungsi meningkatkan penyerapan kalsium untuk kesehatan tulang, menjaga kadar kalsium dan fosfor. Berikut manfaat lainnya vitamin D yang dikutip Tagar dari Instagram resmi BPOM_ri.

  1. Membantu proses pertumbuhan sel
  2. Menurunkan risiko depresi
  3. Membantu mengurangi peradangan 
  4. Menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot
  5. Membantu menjaga sistem imun tubuh

Di tengah wabah Corona yang masih meluas sekarang ini, vitamin D dalam tubuh harus terpenuhi. Sebab, vitamin D bisa membantu menjaga sistem imun di dalam tubuh sehingga virus tidak mudah menyerang. 

Bagaimana vitamin D bisa membantu menjaga sistem imun tubuh? Ini tentu yang menjadi pertanyaan oleh kebanyakan orang. Vitamin D nyatanya memodulasi respons imun bawaan dan adaptif. 

Berdasarkan uji klinik, vitamin D mampu mencegah infeksi saluran napas pada mereka yang kekurangan nutrisi ini. Melihat manfaat dari nutrisi tersebut, ada baiknya Anda mengetahui sumber vitamin D itu sendiri. Ini beberapa sumber vitamin D yang harus Anda ketahui. 

  • Makanan seperti salmon, kuning telur, tuna, hati sapi, jamur, dan minyak ikan
  • Sinar matahari. Tubuh akan memproduksi vitamin D3 (cholecalciferol) ketika kulit terpapar sinar matahari
  • Suplemen vitamin D, terdapat dalam bentuk vitamin D2 dan D3

Kebutuhan vitamin D bagi tubuh seseorang tentu berbeda-beda. Khusus Anda yang berusia 10 hingga 64 tahun, kebutuhan vitamin D yang diperlukan sebanyak 15 mcg/hari atau setara dengan 600 IU. Sedangkan berusia 64 tahun ke atas, Anda membutuhkan nutrisi tersebut sebanyak 20 mcg/hari atau setara dengan 800 IU.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D secara alami, BPOM menganjurkan Anda memanfaatkan sinar matahari pagi. Sebab, sinar matahari pagi dapat meningkatkan imunitas tubuh. 

"Yuk luangkan waktu untuk berjemur di pagi hari dan aktifkan vitamin D dalam tubuhmu," kata BPOM RI lewat Instagram resminya @bpom_ri beberapa waktu lalu. []

Baca juga:

Berita terkait
Dampak Buruk Konsumsi Vitamin C 1000 Mg Setiap Hari
Minum vitamin C 1000 mg setiap hari akan mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan, seperti mual, nyeri ulu hati, muntah, insomnia.
Khasiat Suplemen Vitamin C untuk Kesehatan
Suplemen multivitamin, vitamin C menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dibawa saat memasuki era new normal.
Makanan Mengandung Vitamin E Cegah Corona
Makanan mengandung vitamin E dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga jika dikonsumsi rutin tubuh tidak mudah kena Corona.
0
Lagi, OJK Jaring 105 Fintech Ilegal
Satgas Waspada Investasi OJK melakukan tindakan tegas di bidang penghimpunan dana dan pengelolaan investasi fintech