UNTUK INDONESIA
Makanan Mengandung Vitamin E Cegah Corona
Makanan mengandung vitamin E dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga jika dikonsumsi rutin tubuh tidak mudah kena Corona.
Biji Labu. (Foto: pixabay.com)

Jakarta - Makanan mengandung vitamin E dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Sehingga asupan nutrisi ini sangat penting tercukupi agar tubuh tak mudah terserang virus mematikan, seperti Corona atau Covid-19.

Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber tentang sejumlah makanan mengandung vitamin E.

1. Biji Bunga Matahari

Biji Bunga MatahariBiji Bunga Matahari. (Foto: pixabay)

Biji bunga matahari atau yang dikenal dengan kuaci ini mengandung vitamin E. Meski bentuknya kecil, kandungan vitamin E dan selenium pada makanan ini tergolong tinggi.

Kandungan nutrisi tersebut tentu sangat berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh.

2. Biji Labu

Biji LabuBiji Labu. (Foto: pixabay.com)

Biji labu mengandung antioksidan karoten dan vitamin E yang berkhasiat untuk menjaga sel-sel tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan sumber minyak sehat, magnesium, dan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tulang dan jantung.

3. Kacang Hazelnut

Kacang HazelnutKacang Hazelnut. (Foto: lalanlala.blogspot.com)

Hazelnut yang masuk ke dalam kacang-kacangan dikenal sebagai sumber vitamin dan mineral seperti vitamin E, tembaga, dan mangan. Kacang hazelnut ini juga mengandung asam lemak omega-6 dan omega-9 yang cukup tinggi. 

Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, daya tahan tubuh akan meningkat, sehingga badan tidak mudah diserang penyakit

4. Kacang Almond

Cokelat AlmondCokelat Almond, salah Satu makanan lezat penghilang stres. (Foto: rundocryan.com)

Kacang almond mengandung vitamin E yang tinggi. Dalam satu ons kacang almond panggang kering terdapat kandungan vitamin E sebanyak 6,78 miligram (mg).

Kandungan vitamin pada kacang almond berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Vitamin tersebut juga melindungi lemak tubuh yang membawa kolesterol melalui aliran darah.

5. Kacang Tanah

Kacang TanahKacang Tanah. (Foto: pixabay)

Makanan yang kaya dengan vitamin E berikutnya, yaitu kacang tanah. Jenis kacang ini memang sangat terkenal dan mudah ditemukan. Dalam 100 gram kacang tanah panggang kering, mengandung sekitar 4,39 mg vitamin E. Kandungan lainnya yang dimiliki kacang tanah, seperti magnesium, kalsium, besi, fosfor, mangan, tembaga, kalium, selenium, dan seng.

6. Alpukat

Biji AlpukatAlpukat. (Foto: Pixabay/silverstylus)

Buah Alpukat juga kaya akan vitamin E. Dalam 100 gram alpukat terkandung sekitar 2,07 mg vitamin E dan 10 mg vitamin C. Kedua kandungan nutrisi tersebut tentu bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, buah tersebut sangat dianjurkan untuk dikonsumsi di tengah pandemi Corona.

7. Mangga

Buah ManggaBuah Mangga. (Foto: Pixabay/liwanchun)

Mangga ternyata memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Setiap satu cangkir buah mangga mengandung vitamin E sebanyak 1,5 mg. Buah ini juga mengandung banyak sumber vitamin A, C, kalium, dan serat.

Dengan mengonsumsi mangga secara rutin ternyata mampu meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan rambut, mata, dan kulit, serta mencegah kanker.

8. Bayam

BayamBayam bermanfaat untuk mempercantik kulit.  (Foto: quora.com)

Bayam kaya akan nutrisi penting yang diperlukan tubuh, khususnya vitamin E. Dalam 100 gram bayam mentah terkandung 2,03 mg vitamin E.

Sayuran tersebut juga mengandung karoten, vitamin C, K, asam folat, zat besi, hingga kalium. Bahkan, bayam dilengkapi dengan serat tidak larut yang sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

9. Brokoli

BrokoliEnam Makanan untuk Penderita Maag. (Foto: thespruceeats/The Spruce)

Brokoli termasuk dalam makanan yang mengandung vitamin E tinggi. Sayuran ini juga memiliki banyak senyawa antioksidan yang berguna untuk mendukung sel dan jaringan sehat dalam tubuh. Bagi penderita diabetes, konsumsi brokoli sangat dianjurkan karena kandungan nutrisinya dapat menurunkan gula darah.

10. Paprika Merah

Paprika MerahSembilan Sayuran Perawat Ginjal, Urutan Teratas Paprika Merah | Ilustrasi Paprika Merah. (Foto: Khasiat)

Paprika merah juga memiliki vitamin E yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi yang ada di dalam paprika merah itu, terbukti dapat melindungi terjadinya degenerasi makula. Bahan makanan yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin A dan C sebagai nutrisi tambahan.

11. Telur

TelurTelur. (Foto: Pixabay/stevepb)

Telur kaya akan vitamin E yang sangat diperlukan tubuh. Bahkan juga mempunyai nutrisi lengkap dan berguna untuk kesehatan, seperti lemak sehat, protein, kalsium, fosfor, dan vitamin D.

Mengonsumsi telur secara rutin dalam takaran yang sehat mampu membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Hal ini sebagai upaya pencegahan terjadinya serangan penyakit. []

Baca juga:

Berita terkait
Rekomendasi Bahan Pembuatan Disinfektan Cegah Corona
Disinfektan sekarang ini sangat diperlukan untuk mencegah virus Corona. Berikut bahan pembuatan disinfektan yang bisa dimanfaatkan.
Jahe dan Dua Rempah Penangkal Virus Corona
Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan temulawak bisa dimanfaatkan untuk menangkal virus Corona.
Selain Cegah Corona, Ini Manfaat Jahe Merah
Jahe merah dipercaya mampu mencegah virus Corona. Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.