Perbedaan Vitamin D Dan D3, Simak Penjelasannya

Penelitian menunjukan bahwa vitamin D2 kurang efektif dibandingan D3 dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.
Telur yang kaya akan vitamin D2 (Foto:Tagar/Pexels)

Jakarta - Seiring dengan bertamahnya masayarakat mengenai kesadaran akan kesehatan membuat vitamin banyak diburu. Salah satunya vitamin D dan D3. Taukah kamu apa perbedaan dari kedua vitamin itu? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini memiliki peran penting dalam penyerapan kalsium dan kesehatan tulang serta fungsi kekebalan tubuh.

Mengutip dari Singlecare, salah satu sumber vitamin D adalah paparan sinar matahari. Banyak jenis susu dan produk susu, bersama dengan jus jeruk yang juga diperkaya dengan vitamin D.

Namun banyak dari kita yangtidak mendapatkan cukup vitamin D dan perlu mengonsumsi suplemen. Ada 2 bentuk suplemen vitamin D, yakni vitamin D2 (ergocalciferol) dan vitamin D3 (cholecalciferol).

Vitamin yang biasa kita sebut vitamin D Ialah jenis vitamin D2. Pada dasarnya perbedaan 2 jenis vitamin D ini ada pada sumber makanan. vitamin D2 berasal dari bahan makanan hewani seperti minyak ikan, hatil, telur, butter atau suplemen. Sedangkan vitamin D3 berasal dari makanan nabati seperti jamur.

Penelitian menunjukan bahwa vitamin D2 kurang efektif dibandingan D3 dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah. Mengutip Heathline, vitamin D3 lebih efektif meningkatkan status vitamin D keduanya secara efektif diserap ke dalam aliran darah. Namun, hati memetabolisme mereka secara berbeda.[]


(Fiona Renatami)


Baca Juga:

Berita terkait
7 Fakta Menarik Hari Telur Sedunia
Hari Telur Sedunia, dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran penting telur terhadap kehidupan manusia.
5 Manfaat Telur untuk Ibu Hamil
Telur adalah sumber protein dan kolin yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin.
Cara Menjalani Diet Telur, Pilih Versi yang Paling Aman
Ada berbagai versi diet telur dan tidak semuanya sehat, bahkan mungkin tidak bekerja juga.
0
Perbedaan Vitamin D Dan D3, Simak Penjelasannya
Penelitian menunjukan bahwa vitamin D2 kurang efektif dibandingan D3 dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.