5 Ragam Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolism kalsium, imunitas tubuh, serta mentrasmisi kerja oto pada saraf.
Berjemur (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Sinar matahari memiliki banyak manfaat yang terkenal bagus untuk tulang karena menghasilkan vitamin D. Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin D dengan sendirinya.

Jadi diperlukan asupan dari luar seperti dengan makanan kaya akan vitamin D dan yang paling mudah dengan berjemur sinar matahari pagi.

Sinar matahari pagi menghasilakn UV yang menyentuh permukaan kulit lalu diubah menjadi oleh tubuh menjadi vitamin D. Tak hanya itu, berjemur di pagi hari juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Yuk simak penjelasan di bawah ini


1. Membuat tidur menjadi nyenyak

Berjemur di pagi hari selama 15 menit dapat membantu kualitas tidur menjadi lebih baik. Karena paparan sinar matahari bisa memberikan stimulant ke otak, tubuh, dan hormon untuk member tahu kapan waktu tidur dan bisa membuat tubuh mulai mengantuk pada malam hari.


2. Dapat mengatasi sejumlah masalah kulit

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan paparan sinar matahari dapat mengatasi sejumlah kondisi kulit. Sejumlah dokter pun merekomendasikan radiasi sinar UV untuk menangani kulit berjerawat, eksim, sakit kuning,, dan psoriasi. 

Akan tetapi, terapi sinar UV ini mungkin tidak dapat untuk semua penderita. Diperlukan konsultasi dengan dokter ahli kulit terkait.


3. Memunculkan rasa senang

Sinar matahari pagi dipercaya mampu meberikan rasa bahagia. Ini disebabkan oleh lebih banyaknya hormon kebahagian yang disebut serotonin. Serta memunculkan hormon dopamine dan beta-endorfin yang berperan dalam membantu memunculkan rasa senang serta mengurangi efek stres.


4. Menambah ketahanan tubuh

Berjemur di pagi hari yang utama adalah bisa menambah sistme ketahanan tuuh. Salah satu alasangannya, yakni sel darah putih bisa bertambah bila terpapar sinar matahari. Kondisi ini dapat membantu menangkan berbagai penyakit dan infeksi pada tubuh.


5. Meminimalisir penyakit kanker

Salah satu manfaat sinar matahari ialah dapat menekan risiko terjadinya penyakit kanker, salah satunya kanker payudara. Pasalnya salah satu yang memicu kanker payudara karena kekurangan vitamin D

Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolism kalsium, imunitas tubuh, serta mentrasmisi kerja oto pada saraf. Oleh Karen ini, dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yakni sebelum pukul 10.00 dengan intensitas 2-3kali seminggu.

Serta sebaiknya hindari berjemur pada kisaran waktu 10.00-16.00 karena dapat mengakibatkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko timbulnya kanker kulit. Sebagai perlindungan gunakan lotion ber-SPF yang dapat menangkal UVA dan UVB serta bisa menggunakan pakaian berlengan panjang.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Terpapar Corona, Wakil Bupati Tana Toraja Berjemur
Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara yang terpapar virus Corona terlihat berjemur di Rs Lakipadada.
Asyik, Georgina Rodriguez Berbikini Saat Berjemur
Model seksi Georgina Rodriguez, pasangan Cristiano Ronaldo, menikmati sinar matahari dengan berjemur di pantai. Dia pun unggah foto saat berjemur.
Berjemur Pagi Hari Membangun Imunitas Tubuh
Dalam menghadapi pandemik coronavirus (Covid-19) stamina tubuh harus tetap terjaga. Diperlukan asupan vitamin yang baik dan makanan sehat bergizi.
0
5 Ragam Manfaat Berjemur di Pagi Hari
Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolism kalsium, imunitas tubuh, serta mentrasmisi kerja oto pada saraf.