Makanan Kaya Vitamin E Terbaik untuk Wanita Hamil

Tunjangan harian yang dianjurkan (AKG) vitamin E untuk ibu hamil adalah 770 mikrogram/hari.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Vitamin E adalah mikronutrien penting yang membantu kesehatan ibu dan perkembangan janin. Selain itu, vitamin E juga merupakan antioksidan yang larut dalam lemak dan peran penting dalam peningkatan kekebalan serta mencegah gangguan inflamasi.

Para ahli menyarankan konsumsi vitamin E sesuai dosis yang dianjurkan, karena asupan vitamin E yang terlalu tinggi dan rendah dapat menyebabkan masalah bagi ibu hamil dan janin.

Kekurangan vitamin E pada ibu hamil dapat menyebabkan komplikasi seperti cedera endotel vaskular, penuaan dini pada plasenta, kelahiran prematur, aborsi legal dan tekanan darah tinggi.

Asupan vitamin E yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan gangguan fungsi dan penyerapan banyak vitamin larut lemak lainnya. Bahkan, menurut penelitian ada hubungan antara asupan vitamin E yang tinggi dan risiko cacat jantung bawaan.

Tunjangan harian yang dianjurkan (AKG) vitamin E untuk ibu hamil adalah 770 mikrogram/hari, dengan dosis minimum 370 mikrogram/hari dan dosis maksimum 3.000 mikrogram/hari.

Dilansir dari Boldsky, inilah daftar makanan yang bisa menjadi sumber vitamin E terbaik untuk ibu hamil.


1. Kacang tanah/minyak kacang

Vitamin E memiliki delapan bentuk: empat tokoferol dan empat tokotrienol. Di mana alpha-Tocopherol adalah yang utama dan ditemukan berlimpah dalam sumber makanan dan dipelihara dengan baik dalam tubuh manusia. Alpha-Tocopherol kaya akan kacang tanah dan produknya seperti minyak kacang tanah. Senyawa tersebut membantu mencegah banyak komplikasi selama kehamilan.


2. Jagung

Jagung mengandung dua isomer utama, yaitu alpha-tocopherol dan gamma-tocopherol. Kedua senyawa ini menurunkan risiko keguguran selama trimester pertama. Vitamin E dalam jagung juga berperan penting dalam mencegah komplikasi terkait stres oksidatif selama kehamilan.


3. Pistachio

Kacang pistachio kaya akan gamma-tokoferol, salah satu bentuk vitamin E. Kacang padat nutrisi ini juga kaya akan komponen vital lainnya seperti kalium, fitosterol, dan karotenoid yang membantu mengurangi tekanan darah dan kandungan glukosa selama kehamilan.


4. Biji/minyak bunga matahari

Biji bunga matahari bisa menjadi camilan sehat terbaik yang kaya vitamin E. Biji bunga matahari juga bisa digunakan di banyak toko roti dan hiasan salad. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang tinggi dibandingkan dengan biji rami dan kedelai. Antioksidan penting ini mengurangi risiko obesitas, diabetes gestasional, dan tekanan darah tinggi. Senyawa fenolik dalam minyak bunga matahari membantu mencegah risiko komplikasi kehamilan.


5. Kenari

Kacang kenari mengandung sekitar lima isomer vitamin E, yaitu alpha-tocopherol, beta-tocopherol, gamma-tocopherol, delta-tocopherol, dan gamma-tocotrienol. Kenari sangat membantu selama kehamilan karena membantu meningkatkan pembelajaran dan memori janin. []


Baca Juga :

Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

7 Manfaat Ikan Air Tawar Bagi Kesehatan

Enam Manfaat Bawang Bombai untuk Kesehatan

Tangkis Osteoporosis dan 4 Manfaat Lobster Bagi Kesehatan



Berita terkait
Daftar Makanan Kaya Kolin, Bagus untuk Wanita Hamil
Asupan Kolin selama kehamilan membantu perkembangan otak janin dan pencegahan cacat lahir.
Manfaat Minum Teh Peppermint Selama Kehamilan
Tingkat antioksidan yang tinggi dalam teh peppermint membantu memberikan banyak manfaat bagi bayi dan ibu yang sedang tumbuh.
Ibu Hamil yang Positif Covid-19 Bisa Isolasi Mandiri
Ibu hamil yang positif Covid-19 dapat melakukan isolasi mandiri asalkan kondisinya dinilai baik.
0
SDR: Kenapa KPK Tak Kunjung Panggil Gubernur DKI, Dispora, Bank DKI & FEO
Sementara dalam kepentingan penanganan kasus dugaan korupsi, baik Mabes Polri dan KPK tentunya akan merujuk pada hasil pemeriksaan BPK.