UNTUK INDONESIA

Tangkis Osteoporosis dan 4 Manfaat Lobster Bagi Kesehatan

Lobster menjadi salah satu hidangan seafood favorit masyarakat. Harganya memang tak murah, tetapi kandungannya baik untuk kesehatan.
Olahan hidangan seafood dari hewan lobster. (Foto : Unsplash)

Jakarta - Lobster menjadi salah satu hidangan seafood favorit masyarakat. Rasanya mampu menggoyang lidah, tetapi harganya tidak bisa dibilang murah. Di balik itu, kandungan nutrisi hewan dasar laut ini baik untuk kesehatan.

Berikut manfaat lobster untuk kesehatan dikutip dari laman Medicalnewstoday dan Globalseafoods:

1. Kaya akan asam lemak omega 3

Daging lobster kaya akan asam lemak omega 3, salah satu jenis lemak tak jenuh tunggal yang penting bagi tubuh.

Asam lemak omega 3 membantu memelihara sel-sel tubuh seperti otak dan saraf sehingga dapat berfungsi secara optimal. Selain itu, omega 3 ini dapat membantu mencegah risiko penyakit kronis, seperti jantung dan stroke.

Bagi Anda yang kerap mengalami ganguan kecemasan atau stres, dianjurkan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 seperti lobster.

LobsterLobster menngandung asam lemak omega 3. (Foto: Unsplash)

2. Kaya akan protein dan rendah lemak

Protein sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Dalam daging lobster, banyak mengandung protein hewani yang membantu tubuh membentuk antibodi sehingga dapat mencegah infeksi dan terserang virus penyebab penyakit.

Makanan laut ini juga memiliki kandungan lemak yang rendah. Sebab itu, jenis seafood ini cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan diet.

Bagi Anda yang ingin memasak sendiri di rumah, hanya dengan merebus atau mengukusnya saja, banyak manfaat kesehatan sudah diperoleh dari mengonsumsi lobster.

lobster2Lilik Harijanto, pria asal Rembang Jawa Timur menunjukan salah satu lobster yang diperliharanya. (Foto: Tagar/Rendy Teguh Wibowo)

3. Memperkuat tulang

Mengkonsumsi lobster bisa memperkuat tulang Anda. Ini karena kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi pada lobster. Kedua kandungan tersebut dapat membantu mencegah osteoporosis karena berkurangnya kepadatan tulang dan penyakit-penyakit lain yang biasa disebabkan oleh usia.

Tulang manusiaIlustrasi tulang manusia. ( Foto: Unsplash)

4. Mengatasi penyakit tiroid

Kerap mengantuk dan cepat letih, sering lupa, gampang merasa dingin, hingga bobot tubuh cepat turun, Anda kemungkinan besar mengalami penyakit tiroid. Selenium yang terkandung pada lobster dapat membantu mengatasi penyakit yang dipicu oleh kelainan bentuk atau fungsi kelenjar tiroid tersebut. Selenium berfungsi sebagai antioksidan dan juga membantu tiroid menyerap dan memetabolisme hormon.

MalasIlustrasi mudah mengantuk. (Foto:  yourstory.com)

5. Menyembuhkan anemia

Anemia disebabkan karena kekurangan zat besi yang bekerja membentuk sel darah merah. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dapat membantu penderitanya terhindar dari penyakit ini. Lobster dapat menjadi pilihan karena mengandung zat besi yang baik dibanding makanan lainnya. (Grace Natalia Indah)

ilustrasi sakit kepalaGejala anemia lemas, napas pendek hingga kepala menjadi pusing.. (Foto: Pixabay.com)

Berita terkait
Minum Es Jeruk Usai Makan Seafood Turunkan Kolesterol?
Apakah minum es jeruk setelah makan seafood dapat menurunkan kadar kolesterol?
Penyebab Ingin Makan Tanpa Merasa Lapar, Waspadai Obesitas
Pernahkah Anda merasakan, ingin makan terus tetapi tidak lapar? Apa peyebabnya ya?
3 Makanan Penumbuh Rambut Berewok, Biar Ikut No Shave November!
Anda yang tidak punya kumis atau janggut mungkin keki tak bisa merayakan tradisi No Shave November. So, konsumsi makanan penumbuh berewok ini.
0
Tangkis Osteoporosis dan 4 Manfaat Lobster Bagi Kesehatan
Lobster menjadi salah satu hidangan seafood favorit masyarakat. Harganya memang tak murah, tetapi kandungannya baik untuk kesehatan.