Makan di Malam Hari Bikin Gemuk, Fakta Atau Mitos?

Sebaliknya, jika kamu makan makanan kurang sehat (seperti: junk food) dan langsung tidur setelah makan, kamu rentan mengalami gangguan kesehatan.
Ilustrasi badan gemuk. (Foto: www.eatthis.com)

Jakarta - “Makan di malam hari dapat membuat tubuh menjadi gemuk” merupakan pernyataan yang telah lama didiskusikan, namun sampai saat ini masih diperdebatkan.

Berbagai alasan yang menyebabkan orang yang makan di malam hari selain karena rasa lapar yang muncul pada malam hari, adalah karena ingin memuaskan nafsu makan yang bisa saja merupakan false hunger, menghilangkan stress, atau karena bosan.

Biasanya orang yang makan larut malam karena ingin memuaskan nafsu makannya atau karena ingin menghilangkan stress cenderung memilih makanan ringan namun tinggi kalori.

Dilansir melalui situs Health, dijelaskan bahwa tubuh akan membakar lemak saat tidur. Sehingga saat kamu makan di malam hari, glikogen (cadangan glukosa) dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa dan dilepaskan ke aliran darah untuk menjaga kadar gula darah tetap normal saat tidur.

Ketika glikogen habis, hati akan membakar sel lemak untuk dijadikan energi. Proses ini membutuhkan waktu yang lama, yaitu sekitar 12 jam. 

Itu sebabnya, saat kamu makan di malam hari (terutama tepat sebelum tidur), tubuh tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk melakukan keseluruhan proses ini. Dampaknya, glikogen akan diubah menjadi cadangan energi dan disimpan dalam tiga tempat, yaitu otot skeletal, liver, dan lemak (sel adiposa)

Makan malam enggak akan bikin gemuk, asalkan kamu tahu kapan waktu terbaik untuk makan malam. Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan jenis makanan yang dimakan. Jika kamu mengonsumsi makanan yang sehat, maka, risiko kenaikan berat badan bisa dikurangi.

Sebaliknya, jika kamu makan makanan kurang sehat (seperti: junk food) dan langsung tidur setelah makan, kamu rentan mengalami gangguan kesehatan. Antara lain: gangguan asam lambung (seperti: heartburn), kenaikan berat badan, hingga insomnia.

Jadi makan malam tidak membuat kamu gemuk ya, karena saat anda tidur tubuh akan membakar lemak untuk dijadikan energy. Lebih tepatya perhatikan apa yang ada makan ya saat malam hari.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Makanan untuk Redakan Kolesterol Tinggi
Mengubah pola makanan dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan lemak yang mengambang melalui aliran darah Anda.
Resep & Cara Membuat Mango Sago, Pecinta Mangga Wajib Coba!
Mango sago adalah makanan penutup berupa minuman spesial yang pas ketika musim panas dan lezat. Berikut resep dan cara membuatnya saat di rumah.
Resep Membuat Kolak Biji Salak yang Nikmat
Kamu juga dapat membuat sendiri kolak biji salak. Untuk mengetahui resepnya, yuk simak di bahan dan cara di bawah ini.
0
Makan di Malam Hari Bikin Gemuk, Fakta Atau Mitos?
Sebaliknya, jika kamu makan makanan kurang sehat (seperti: junk food) dan langsung tidur setelah makan, kamu rentan mengalami gangguan kesehatan.