Makanan Nusantara, 7 Kuliner Jakarta yang Wajib Dicicipi

Kuliner merupakan salah satu hal yang tidak boleh tertinggal saat kalian mengunjungi atau berlibur ke suatu daerah. Berikut 7 kuliner Jakarta.
Penjual kerak telor khas Jakarta. (Foto: Tagar/Pixabay/tresiahoban3)

Jakarta – Wisata kuliner sangatlah diminati oleh masyarakat baik kalangan muda maupun orang tua. Kuliner merupakan salah satu hal yang tidak boleh tertinggal saat kalian mengunjungi atau berlibur ke suatu daerah.

Jakarta merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Kota yang identik dengan monumen nasional (monas) ini juga memiliki beberapa makanan ciri khasnya. Berikut adalah 7 makanan khas Jakarta yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke ibukota.


1. Soto Betawi

Soto BetawiSoto Betawi. (Foto: Tagar/Unileverfoodsolutions)


Soto Betawi merupakan salah satu makanan khas Jakarta yang kini sudah bisa ditemui di daerah lainnya. Meskipun begitu pasti terdapat perbedaan antara rasa soto betawi asli Jakarta dan soto betawi dari daerah lainnya.

Makanan yang berisikan jeroan sapi yang dipadukan denga kuah santan susu ini cukup banyak diminati masyarakat baik orang asli Jakarta atau pendatang. Rasa rempah yang kuat juga menjadikan makanan ini nikmat dan kaya akan rasa saat dinikmati.


2. Asinan Betawi

Asinan BetawiAsinan Betawi. (Foto: Tagar/Masak)


Asinan merupakan salah satu makanan yang mudah ditemui di Indonesia, tetapi setiap daerah memiliki ciri khas yang membuat rasanya berbeda antar daerah. Asinan Betawi termasuk salah satu makanan khas dari Jakarta bukan karena asal daerahnya melainkan komposisi dari asinan tersebut.

Makanan ini berisi sayuran seperti kubis, sawi, dan tauge yang disiram dengan garam dan cuka membuat rasanya asam dan asin. Asinan Betawi juga diberikan kuah gula merah dengan campuran cabai yang memberi rasa pedas manis sehingga makanan ini terasa segar dimulut.


3. Kerak Telor

Kerak TelorKerak Telor. (Foto: Tagar/Blueismycolour)


Makanan kali ini benar-benar menjadi ikon kota Jakarta karena daerah lain tidak memilikinya dan hanya ada di Jakarta. Kerak telor merupakan makanan yang banyak ditemui pada tempat-tempat wisata di ibukota dengan ciri khas penjual menggunakan pikulan.

Makanan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan telur dan serundeng. uniknya semua bahan dimasak dari mentah kecuali serundeng hingga matang dalam sastu wajan. Teknik memasak menggunakan arang membuat cita rasa dari kerak telor ini sangat khas dan nikmat.


4. Nasi Uduk

Nasi UdukNasi Uduk. (Foto: Tagar/Food)


Nasi uduk cukup familiar di nusantara dan mudah ditemui di hampir setiap daerah Indonesia. Namun asal mula nasi uduk adalah kota Jakarta, ciri khas nasi uduk betawi adalah rasanya yang gurih berasal dari santan kelapa.

Bahan dari nasi ini cukup mudah yaitu nasi yang dimasak dengan air santan dan menggunakan rempah seperti daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai. Bahan pelengkap nasi uduk sangatlah bervariasi mulai dari telur dadar hingga ayam goreng dan semur.


5. Kue Rangi

Kue RangiKue Rangi. (Foto: Tagar/Kuliner)


Makan ini merupakan makan ringan yang berasal dari kota Jakarta dan cukup mudah ditemui pada jalanan di Ibukota. Kue ini terlihat seperti kue pancong dan pukis yang membedakan adalah adonan dan ukurannya saja.

Rangi terbuat dari campuran tepung sagu, kelapa parut, dan santan yang dimasak dengan cara dipanggang hingga kering diatas kompor dari kayu bakar. Rasa dari kue rangi cenderung ke manis dan guruh karena diatasnya diberikan siraman gula merah cair yang cukup kental.


6. Putu Mayang

Putu MayangPutu Mayang. (Foto: Tagar/Tastemade)


Kue putu mayang cukup mudah ditemui pada pasar-pasar tradisional dan pinggiran jalan Ibukota. makanan ini juga kerap dijadikan takjil dalam bulan puasa karena rasanya yang manis. Kue ini memiliki beberapa warna sebagai variasi agar menarik mata sebelum dikonsumsi.

Bahan pembuatan kue putu mayang tak kalah simpel dari kue rangi, kue ini hanya memerlukan tepung beras, tepung ketan, dan santan. Tekstur dari kue ini kenyal dengan rasa manis dari kuah gula merah yang biasa disantap bersamaan.


7. Dodol Betawi

Dodol BetawiDodol Betawi. (Foto: Tagar/lazada)


Dodol mudah ditemui di daerah-daerah di Indoensia namun setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Begitupula dengan dodol betawi, ciri khas dari dodol betawi adalah rasanya gurih dengan tekstur kenyal saat dimakan.

Proses pembuatan yang cukup lama membuat makanan ini memiliki cita rasa yang khas serta membuat ketagihan. Dodol betawi biasanya juga tersedia dalam beberapa varian rasa seperti ketan putih, ketan hitam, dan rasa durian.

Itulah beberapa makanan khas Jakarta yang wajib dicoba saat berkunjung ke Ibukota Indonesia. Beberapa makanan mungkin akan sangat mudah menemukannya tapi beberapa sudah mulai sulit ditemukan karena semakin sedikitnya penjual dan kebanyakan berjualan keliling.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
5 Kuliner Nusantara yang Wajib Dicoba Orang Indonesia
Makanan khas Nusantara sudah pasti dikenal dengan cita rasanya yang enak menggugah selera. berikut kulinernya yang wajib Anda coba.
Kuliner Tradisional Khas Nusantara yang Sudah Langka
Kuliner tradisional menjadi salah satu daya tarik para wisatawan Nusantara dan mancanegara. Namun keberadaanya kini sudah sangat langka.
Lima Kuliner India Lezat Mirip Camilan Nusantara
Sejumlah kuliner di India mirip dengan yang ada di Indonesia, apa sajakah itu?
0
Makanan Nusantara, 7 Kuliner Jakarta yang Wajib Dicicipi
Kuliner merupakan salah satu hal yang tidak boleh tertinggal saat kalian mengunjungi atau berlibur ke suatu daerah. Berikut 7 kuliner Jakarta.