6 Makanan Yang Membakar Lemak Saat Tidur

Tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi makanan pembantu penurun berat badan atau pembakar lemak sebelum tidur.
Kacang Almond (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Mendengar suatu makanan yang dapat membakar lemak mungkin terdengar aneh di telinga. Namun ternyata, tubuh tidak hanya membakar lemak saat olahraga, tapi juga saat tidur malam sekalipun.

Saat tidur, tubuh mampu membakar lemak sebanyak 400-500 kalor selama 8 jam. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi makanan pembantu penurun berat badan atau pembakar lemak sebelum tidur.


1. Keju Cottage

Mengonsumsi keju cottage sebelum tidur ternyata dapat membantu membakar lemak saat tidur. Hal ini karena keju cottage memiliki kandungan asam amino triptofan yang meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi waktu yang diperlukan agar cepat tidur. Selain itu, keju cottage juga mengandung protein kasein rendah lemak dan karbohidrat.


2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti edamame, kenari, almond, dan kacang tanah sangat bagus dikonsumsi sebelum tidur. Kacang-kacangan tersebut merupakan sumber protein nabati yang mampu mengendalikan berat badan. Seperti kacang almond yang mengandung serat cukup untuk tubuh. Kacang-kacangan juga dapat membantu mencegah diabetes tipe dua.


3. Gandum Utuh

Gandum utuh dan biji-bijian ternyata sangat ampuh membakar lemak. Seperti beras cokelat, quinoa, beras hitam, dan beras merah. Semua makanan tersebut mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang mampu membantu proses pembakaran lemak. Selain itu, metabolisme tubuh yang tinggi juga membantu menjaga kadar insulin tetap rendah.


4. Teh Hijau

Teh hijau menjadi alternatif makanan sebelum tidur untuk membakar lemak. Dilansir dari Preventation, mengonsumsi teh hijau sebanyak 3 kali sehari mampu mempu membakar kalori 80 kali lebih banyak daripada tidak mengonsumsinya sama sekali. Hal tersebut berkat kandungan antioksidan flavonoid yang meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori.


5. Susu

Susu rendah lemak atau susu tanpa lemak merupakan minuman yang ampuh dalam membakar lemak terutama saat dikonsumsi sebelum tidur. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu dapat mengonsumsinya sebanyak 1.200 – 1.300 mg kalsium setiap harinya. Kandungan mineral dan kalsiumnya mampu membantu tubuh dalam membakar lemak.[]


(Rafi Fairuz)

Berita terkait
5 Bahaya Tiduran Setelah Makan
Produksi asam lambung juga mulai menurun karena lambung telah selesai menggiling makanan.
5 Manfaat Tidur Cukup bagi Kesehatan Tubuh
Tidur merupakan kebutuhan sehari-hari yang pasti dilakukan semua orang. Dengan tidur, kamu dapat meningkatkan energi.
Makanan Unik 3 Suku Ini Cuma Ada di Indonesia
Lingkungan alam dan lingkungan sosial menjadi faktor utama terbentuknya pola makan unik dari berbagai suku yang berada di Indonesia
0
6 Makanan Yang Membakar Lemak Saat Tidur
Tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi makanan pembantu penurun berat badan atau pembakar lemak sebelum tidur.