5 Makanan untuk Redakan Kolesterol Tinggi

Mengubah pola makanan dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan lemak yang mengambang melalui aliran darah Anda.
Ilustrasi makanan untuk redakan kolesterol tinggi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Bukan rahasia lagi bahwa makanan tertentu dapat membantu Anda menurunkan kolesterol LDL, yang menyebabkan penumpukan plak di arteri yang menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Mengubah pola makanan dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan lemak yang mengambang melalui aliran darah Anda. Diet juga bisa menjadi peran penting dalam menurunkan kolesterol Anda. Dilansir dari Harvard Medical School, berikut adalah makanan untuk meredakan kolesterol tinggi.


1. Gandum

Langkah pertama yang mudah untuk menurunkan kolesterol Anda adalah makan semangkuk oatmeal atau sereal berbasis gandum, seperti Cheerios untuk sarapan. Ini memberi Anda 1 hingga 2 gram serat larut. Tambahkan juga pisang atau stroberi untuk setengah gram lagi. Pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan untuk mendapatkan 20 hingga 35 gram serat sehari, dengan setidaknya 5 hingga 10 gram berasal dari serat larut.


2. Kacang

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, kacang kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya sangat baik untuk jantung. Mengkonsumsi 2 ons kacang sehari dapat sedikit menurunkan LDL, sekitar 5%. Kacang ini memiliki nutrisi tambahan yang dapat melindungi jantung dengan cara lain.


3. Makanan yang diperkaya dengan sterol dan stanol

Sterol dan stanol yang diekstrak dari tanaman meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan. Perusahaan menambahkannya ke makanan mulai dari margarin dan batangan granola hingga jus jeruk dan cokelat. Mereka juga menyediakannya sebagai suplemen. Mengkonsumsi 2 gram sterol atau stanol sehari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 10%.


4. Kedelai

Mengkonsumsi kedelai dan makanan yang terbuat darinya, seperti tahu dan susu kedelai, pernah disebut-sebut sebagai cara ampuh untuk menurunkan kolesterol. Analisis menunjukkan bahwa efeknya lebih sederhana mengkonsumsi 25 gram protein kedelai sehari. 10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai dapat menurunkan LDL sebesar 5% hingga 6%.


5. Fatty fish

Mengkonsumso ikan, dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL dengan dua cara, dengan mengganti daging, yang memiliki lemak jenuh penambah LDL, dan dengan memberikan lemak omega-3 penurun LDL. Omega-3 mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal. []

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga






Berita terkait
Ragam Aneka Minuman Sehat Penurun Kolesterol
Penyakit kolestrol adalah akibat dari pola makan dengan tinggi lemak yang menyebabkan meningkatnya low-density lipoprotein (LDL)
Cara Mendapatakan Nutrisi dari Makanan Tinggi Kolesterol
Ini akan membantu Anda meminimalkan efek berbahaya dan mendapatkan manfaat nutrisinya juga.
Cara Aman Konsumsi Garam bagi Penderita Kolesterol Tinggi
Orang yang mengidap kadar kolesterol tinggi harus membatasi asupan garam demi kesehatan tubuh Anda. Berikut cara mengkonsumsinya.
0
Investasi Sosial di Aceh Besar, Kemensos Bentuk Kampung Siaga Bencana
Lahirnya Kampung Siaga Bencana (KSB) merupakan fondasi penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Seperti yang selalu disampaikan Mensos.