Tips Menjaga Makanan Agar Tidak Dihinggapi Semut

Semut memang menjadi masalah besar ketika terdapat makanan yang dikerubungi semut. Berikut cara menjaga makanan agar tidak dikerubungi semut.
Ilustrasi makanan dihinggapi semut (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Semut memang menjadi masalah besar ketika terdapat makanan yang dikerubungi semut. Walaupun bentuknya yang kecil, ternyata hewan satu ini sangat menyebalkan bila hinggap di makanan.

Sekalipun makanan sudah dirasa tersimpan dengan aman, namun tetap saja terkadang ada semut yang hinggap pada makanan tersebut. Oleh sebab itu, berikut cara menjaga makanan agar tidak dikerubungi semut.


1. Lemon

Dengan kandungan asam nitratnya yang sangat dibenci semut, lemon menjadi cara ampuh untuk mengusir semut. Caranya hanya cukup menyemprotkan atau menuangkan air perasan lemon pada makanan. 

Namun tetap pastikan makanan yang ingin kamu makan rasanya tidak berubah karena tercampur air lemon. Cukup semprotkan sedikit saja untuk menjaga cita rasa makanan.


2. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sering ditemui. Tidak hanya sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata ampuh untuk mengusir semut. Kamu hanya perlu mengupas atau mengiris bawang putih, lalu letakkan bawang putih di dekat makanan yang dikerubungi semut.


3. Minyak Kayu Putih

Semut sangat tidak menyukai aroma khas dari minyak tanah, kamu bisa menyiasatinya dengan mengganti aroma minyak tanah tersebut menjadi minyak kayu putih. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan pada meja makan atau piring yang terdapat makanan. Cara itu ampuh agar menjauhkan makanan dari semut.


4. Kopi

Aroma kopi yang nikmat untuk dihirup ternyata sangat dibenci oleh semut. Kamu bisa menggunakan bubuk kopi dan ditaburkan di sekitar meja makan. Kamu juga bisa menggunakan ampas kopi dengan meletakannya di wadah kecil.


5. Cuka Putih

Selain tidak menyukai aroma kopi dan minyak kayu putih, rupanya semut juga tidak menyukai aroma cuka. Cara pakainya kamu dapat dengan mudah mencampurkan cuka putih dengan air. Lalu semprotkan disekitar makanan yang sering dihinggapi semut. Atau bisa juga di meja dan kaki meja.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Daftar Makanan yang Tak Perlu Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui
Melansir Overlakeobgyn, berikut ini beberapa makanan yang dilarang untuk busui dan perlu dibatasi selama Bunda menyusui.
Udang Selingkuh Makanan Khas Papua yang Fenomenal
Udang selingkuh makanan favorit dari Papua yang memiliki ukuran besar serta capit besar seperti kepiting
Papeda, Makanan Sagu Khas Papua
Papeda merupakan makanan khas dari Papua yang terbuat dari tepung sagu dan memiliki banyak nutrisi dan kaya akan karbohidrat
0
Tips Menjaga Makanan Agar Tidak Dihinggapi Semut
Semut memang menjadi masalah besar ketika terdapat makanan yang dikerubungi semut. Berikut cara menjaga makanan agar tidak dikerubungi semut.