Resep & Cara Membuat Mango Sago, Pecinta Mangga Wajib Coba!

Mango sago adalah makanan penutup berupa minuman spesial yang pas ketika musim panas dan lezat. Berikut resep dan cara membuatnya saat di rumah.
Ilustrasi - Mango Sago. (Foto: Tagar/Saltnpepperhere)

Jakarta - Mango sago adalah makanan penutup berupa minuman spesial yang pas ketika musim panas dan lezat. Dengan potongan mangga yang berair dan puding tapioka mangga dan kelapa. Mango Sago juga sangat mudah dibuat.

Cara membuat mango sago lebih mudah daripada membuat kue. Bagian tersulit adalah mengupas dan memotong mangga. Kamu mungkin berpikir memasak tapioka itu sulit, tetapi tidak demikian, maka rebuslah tapioka kecil dalam air mendidih selama sekitar 15 menit.

Jika kamu menyukai mango sago yang dingin, maka dinginkan campuran mangga selama satu jam sebelum menambahkan tapioka. Ingatlah bahwa suhu yang lebih dingin mengurangi rasa manisnya, mungkin perlu menambahkan lebih banyak susu kental jika disajikan dalam keadaan sangat dingin. Berikut resep dan cara membuat mango sago!

Bahan-bahan


Cara membuat Mango Sago

  1. Pertama, siapkan Mango Jelly sesuai instruksi yang diberikan dalam kemasan dan simpan di lemari es untuk digunakan lebih lanjut. Kemudian kupas kulit mangga. Potong dadu daging mangga dan sisihkan untuk digunakan sebagai hiasan.
  2. Rebus 3 gelas air dalam panci. Sementara itu, panaskan wajan, masukkan Tapioka Pearl dan panggang kering sampai mengembang (Dibutuhkan 2 menit), di atas api sedang.
  3. Tambahkan mutiara tapioka panggang ke dalam air mendidih dan masak, (aduk secara teratur), selama sekitar 7 hingga 10 menit. Matikan api dan tutup. Biarkan mutiara tapioka dalam air panas sampai tembus dan matang.
  4. Dalam saringan, bilas sagu matang di bawah air dingin yang mengalir untuk menghilangkan kelebihan pati. Tiriskan dengan baik dan biarkan dingin sepenuhnya dan sisihkan. Sementara itu, rebus 500 ml susu dalam panci.
  5. Saat mulai mendidih, tambahkan sagu matang, aduk rata dan biarkan mendidih selama sekitar 5 menit. dengan api kecil sambil terus diaduk. Kemudian tambahkan gula dan aduk rata dan masak sampai menjadi sedikit kental. Matikan api dan biarkan dingin selama beberapa waktu dan dinginkan.
  6. Setelah 2 hingga 3 jam, potong jelly mangga menjadi potongan-potongan berukuran sedang. Kemudian tambahkan sedikit garam ke makanan penutup sagu dan aduk rata. Langkah ini opsional.
  7. Saat Anda siap untuk disajikan, tuangkan campuran sagu ke dalam gelas saji dan tempatkan jelly mangga dan aduk perlahan. Terakhir, tambahkan mangga potong dadu di atasnya dan sajikan segera. Selamat mencoba!

(Putri Fatimah)

Berita terkait
Resep Membuat Kolak Biji Salak yang Nikmat
Kamu juga dapat membuat sendiri kolak biji salak. Untuk mengetahui resepnya, yuk simak di bahan dan cara di bawah ini.
Resep Gujeolpan, Hidangan Tradisional Kerajaan Korea Selatan
Dalam pembuatannya Gujeolpan menggunakan 9 bahan berbeda yang melambangkan keharmonisan.
Cara Membuat dan Resep Brownies Kukus Rumahan
Brownies merupakan salah satu makan favorit di masyarakat, rasanya yang nikmat dan pembuatannya yang mudah. Berikut cara dan resep brownies.
0
Resep & Cara Membuat Mango Sago, Pecinta Mangga Wajib Coba!
Mango sago adalah makanan penutup berupa minuman spesial yang pas ketika musim panas dan lezat. Berikut resep dan cara membuatnya saat di rumah.