Kenali Tipe-tipe Overthinking yang Membuat Stres

Overthinking ini tentunya akan menimbulkan kekhawatiran yang berlebih dan berdampak negatif pada tubuh.
Ilustrasi overthinker (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Pada dasarnya manusia mempunyai kemampuan untuk berpikir. Namun dalam beberapa kasus, banyak orang yang terlalu memikirkan sesuatu sampai membuat stres. Hal inilah yang dinamakan dengan overthinking.

Banyak orang yang secara tiba-tiba memikirkan sesuatu secara berlebihan, dari mulai hal sepele, masalah besar, hingga trauma di masa lalu. Overthinking ini tentunya akan menimbulkan kekhawatiran yang berlebih dan berdampak negatif pada tubuh.

Namun ternyata, overthingking juga ada tipe-tipenya. Yuk kenali beberapa tipe overthingking yang membuat diri stress.

1. Ruminasi

Ruminasi adalah salah satu tipe overthinking yang selalu memikirkan masa lalu secara berulang-ulang. Biasanya tipe ini selalu memikirkan kesalahan atau hal menyedihkan di masa lalu. 

Akibat dari hal ini adalah kamu jadi menyesali dan berpikir mengapa melakukan hal tersebut. Tentunya hal ini hanya membuat sia-sia saja, karena kejadian di masa lalu tida bisa terulang kembali.

2. Khawatir Tentang Masa Depan

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Memikirkan tentang masa depan adalah hal yang wajar dialami manusia. Namun jika terlalu memikirkanya secara terus-menerus akan membuat kekhawatiran dan menimbulkan kecemasan hingga stres. 

Padahal terus berusaha dan fokus pada proses yang sedang dihadapi merupakan suatu yang lebih berguna dibandingkan hanya memikirkannya saja tanpa ada hasilnya.

3. Hopelessness

Tipe ini adalah orang yang selalu memikirkan bahwa dirinya tidak berharga. Dengan kata lain, tipe ini selalu terjebak dalam pikiran negatif yang ada pada dirinya. Terlebih ketika kamu gagal dalam menghadapi sesuatu, kamu selalu merasa bodoh dan tidak berharga. 

Padahal setiap kegagalan adalah suatu proses yang harus diterima demi tercapainya suatu kesuksesan.

4. Mind Reading

Tipe ini adalah ketika kamu secara terus-menerus memprediksi, dan memikirkan apa yang ada dipikiran orang lain. Tipe mind reading atau yang lebih dikenal sebagai si peramal, selalu membuat asumsi atas apa yang orang lain pikirkan terhadap dirinya. 

Padahal kenyataannya, asumsi dan prediksi yang dipikirkan belum tentu denga napa yang terjadi sebenarnya.

5. Mental Chatter

Seorang dengan tipe overthinking seperti ini biasanya selalu memikirkan apapun secara terus-menerus dan sulit menghentikannya. Seperti kamu terlalu sibuk memikirkan komentar orang lain dan masalah sepele lainnya. 

Hal itu membuat pikiranmu terasa penuh dan sibuk tentang hal-hal yang seharusnya tidak dipikirkan.

6. Indecisiveness

Tipe yang terakhir ini biasa disebut dengan si ragu-ragu. Seorang overthinker seperti ini selalu memikirkan hal-hal kecil sehingga membuatnya sulit dalam mengambil keputusan. 

Hal demikian bisa terjadi jika kamu terlalu banyak alternatif lain untuk menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan dan selalu khawatir tentang pandangan orang lain.[]

(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Cepat Meredakan Stres di Masa Pandemi Covid-19
Setiap orang pasti pernah mengalami stres dalam kehidupan apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Berikut cara redakannya.
4 Cara Meredakan Stres dan Kecemasan
Seiring bertambahnya usia perempuan lebih rentan mengalami stress dan tingkat kecemasan yang tinggi. Berikut tips untuk mengatasi hal tersebut.
5 Cara Menghadapi New Normal Life Agar Tidak Stres
Tidak mudah bagi semua orang beradaptasi dalam menghadapi kenormalan baru atau new normal life akibat pandemik Covid-19 yang mengubah kebiasaan.
0
Kenali Tipe-tipe Overthinking yang Membuat Stres
Overthinking ini tentunya akan menimbulkan kekhawatiran yang berlebih dan berdampak negatif pada tubuh.